28 August 2018

Penyebab dan Cara Mengatasi Keputihan saat Hamil

keputihan saat hamil, masalah kehamilan, penyebab keputihan, mengatasi keputihan

Halodoc, Jakarta – Pada masa kehamilan banyak sekali yang menjadi kekhawatiran ibu. Kondisi kesehatan ibu hingga kondisi bayi dalam kandungan, biasanya menjadi hal yang paling penting untuk diperhatikan.

Ada beberapa kondisi yang nyatanya menjadi kekhawatiran bagi ibu hamil. Salah satunya adalah masalah keputihan. Sebenarnya, keputihan pada saat masa kehamilan adalah hal yang sangat wajar. Namun pada beberapa ibu hamil, masalah keputihan membuat ibu tidak nyaman.

Baca juga: Keputihan Saat Hamil, Wajar atau Masalah?

Penyebab Keputihan saat Masa Kehamilan

Saat hamil, leher rahim dan dinding Miss V menjadi lebih lembut dari biasanya. Itulah yang menyebabkan vagina mengeluarkan cairan lebih banyak. Tidak hanya itu, produksi cairan yang lebih banyak juga dipengaruhi oleh meningkatkan hormon estrogen dalam tubuh ibu hamil. Selama keputihan berwarna bening atau putih susu dan tidak berbau, sebaiknya ibu tidak perlu khawatir.

Hal yang perlu diwaspadai adalah jika keputihan yang ibu alami berwarna putih susu cenderung kekuningan, hijau, atau abu-abu. Hal tersebut bisa menjadi tanda adanya gangguan kehamilan atau gejala infeksi sekitar Miss V. Tidak hanya dari warna, jika keputihan memiliki bau yang menyengat dan membuat vagina ibu gatal, sebaiknya segera atasi dengan pengobatan medis.

Mengatasi Keputihan saat Masa Kehamilan

Meskipun wajar, nyatanya mengalami keputihan yang cukup banyak membuat sebagian ibu hamil tidak merasa nyaman. Tidak hanya itu, jika keputihan tidak ditangani dengan baik tentu akan membawa penyakit bagi ibu maupun bayi dalam kandungan. Pasalnya, Miss V yang lembap akan lebih mudah membawa bakteri. Berikut adalah cara-cara yang bisa ibu lakukan untuk mengatasi keputihan saat masa kehamilan:

1. Selalu Membawa Celana Dalam Cadangan

Tidak ada salahnya mempersiapkan celana dalam cadangan saat akan bepergian. Jika keputihan yang keluar sangat banyak, sebaiknya ibu mengganti celana dalam dengan yang bersih agar Miss V tidak lembap dan kesehatan Miss V juga tetap terjaga.

2. Jaga Area Miss V Selalu Kering dan Bersih

Setelah mandi, berolahraga, serta buang air kecil atau besar, usahakan membersihkan daerah Miss V dengan tisu atau lap bersih. Jangan menggosok area Miss V. Ibu hanya perlu menepuk-nepuk bagian yang basah agar tetap kering.

3. Hindari Toilet yang Kotor

Sebaiknya, carilah toilet yang kebersihannya selalu terjaga. Menggunakan toilet yang kotor juga dapat menyebabkan keputihan. Bakteri atau air yang kotor dari toilet nyatanya dapat membahayakan kesehatan Miss V.

4. Bersihkan Area Miss V dengan Tepat

Membersihkan area Miss V pasti sudah dilakukan oleh semua wanita. Namun, ibu harus tahu cara membersihkan area Miss V dengan tepat. Sebaiknya bersihkan bagian Miss V dari arah depan menuju belakang. Hal ini akan menghindari resiko Miss V terkontaminasi mikroorganisme pada saluran kantung kemih dan anus.

5. Atur Gaya Hidup Sehat

Menjaga pola hidup sehat nyatanya juga bisa membantu ibu mengatasi keputihan pada masa kehamilan. Mengonsumsi makanan yang sehat dan minum air putih yang cukup bisa membantu ibu mengurangi keputihan pada masa kehamilan. Tidak hanya itu, jangan lupa untuk lakukan olahraga ringan secara rutin agar kesehatan ibu tetap terjaga.

Baca juga: Tanda Keputihan yang Tidak Normal Saat Hamil

Jika ibu memiliki masalah kesehatan pada masa kehamilan, tidak ada salahnya untuk bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Selain itu, ibu juga bisa membeli obat dan suplemen di Halodoc. Tanpa perlu keluar rumah, pesanan akan diantarkan ke tempat tujuan kurang dari satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!