Ketahui Penyebab Terjadinya Sindrom Eisenmenger pada Anak

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Ketahui Penyebab Terjadinya Sindrom Eisenmenger pada Anak

Halodoc, Jakarta – Ibu, sebaiknya perhatikan ketika anak mengalami kelelahan dan disertai dengan kondisi kulit yang membiru. Kondisi ini bisa jadi gejala penyakit gangguan pada jantung yaitu sindrom eisenmenger.

Sindrom eisenmenger adalah kondisi kelainan bawaan yang menyebabkan gangguan pada jantung, sehingga menyebabkan bercampurnya darah bersih dan darah kotor dalam tubuh. Bercampurnya darah bersih dan darah kotor diakibatkan adanya lubang pada sekat jantung.

Baca juga: Kenali Sindrom Poland yang Bisa Sebabkan Athelia

Kenali Gejala Lain dari Sindrom Eisenmenger

Sindrom eisenmenger dapat terlihat ketika anak memasuki usia 2 tahun. Gejala dari sindrom eisenmenger tidak muncul pada awal gangguan pada jantung terjadi. Terkadang pengidap sindrom eisenmenger juga mengalami gejala kondisi ini ketika mereka beranjak dewasa.

Umumnya, pengidap sindrom eisenmenger mengalami perubahan warna pada kulit, bibir, dan jari tangan yang menjadi kebiruan. Kesemutan atau mati rasa pada beberapa bagian jari tangan juga menjadi gejala dari sindrom eisenmenger.

Perhatikan anak yang selalu merasa lelah, sakit kepala yang disertai dengan pembengkakan pada bagian perut karena bisa menjadi tanda anak mengalami gejala sindrom eisenmenger. Segera periksakan kesehatan anak jika mengalami beberapa gejala dari sindrom eisenmenger anak pada rumah sakit terdekat.

Ketahui Penyebab Sindrom Eisenmenger

Setiap jantung memiliki 4 bilik yang terdiri dari 2 ruangan bagian atas yang dikenal dengan serambi dan dipisahkan oleh sekat dikenal dengan septum atrium. Sedangkan 2 ruangan bagian bawah dikenal dengan istilah bilik dan dipisahkan oleh sekat yang dikenal dengan septum ventrikel.

Normalnya, ruangan kiri pada jantung memiliki fungsi untuk mengedarkan darah bersih yang penuh dengan oksigen menuju seluruh tubuh. Sedangkan ruangan kanan pada jantung berisi darah yang minim oksigen untuk dibawa menuju paru-paru agar kembali dipenuhi dengan oksigen.

Baca juga: Perlu Tahu, Gejala yang Ditimbulkan Sindrom Cushing

Pada pengidap sindrom eisenmenger, darah bersih dan darah kotor bercampur dalam tubuh. Kondisi ini menyebabkan asupan oksigen menuju seluruh tubuh berkurang. Kondisi ini disebabkan kelainan bawaan berupa lubang atau saluran yang terjadi pada bagian jantung kiri dan kanan.

Ketahui kelainan bawaan yang menyebabkan seseorang mengalami sindrom eisenmenger, seperti:

  1. Adanya lubang atau saluran pada septum ventrikel.

  2. Adanya lubang atau saluran pada septum atrium.

  3. Adanya kelainan patent ductus arteriosus. Kondisi ini adalah munculnya saluran antara pembuluh arteri utama dan pembuluh arteri pada paru-paru.

  4. Kelainan atrioventricular canal defect menyebabkan sindrom eisenmenger pada seseorang. Kondisi ini adalah munculnya lubang besar pada jantung dan menyebabkan semua ruangan pada jantung menyatu.

Ada beberapa pemeriksaan yang dilakukan untuk memastikan kondisi sindrom eisenmenger, seperti rontgen dada, ekokardiografi, tes darah dan juga CT Scan. Jika ibu ingin mengetahui lebih dalam tentang pemeriksaan tersebut, bisa melakukan tanya jawab dengan dokter, melalui aplikasi Halodoc

Ibu, Lakukan Cara Ini agar Kondisi Sindrom Eisenmenger Tidak Memburuk

Jika tidak segera diatasi nyatanya kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi kesehatan seperti gagal jantung, serangan jantung dan juga infeksi jaringan jantung. Namun, ibu bisa hindari penyakit tersebut dengan melakukan pencegahan agar sindrom eisenmenger, seperti penuhi kebutuhan air selama perhari untuk menghindari dehidrasi.

Selain itu, hindari juga anak melakukan fisik yang berat, selalu jaga kebersihan mulut serta gigi anak, dan jangan lupa untuk mengingatkan anak rutin mengonsumsi obat-obatan yang dianjurkan oleh dokter.

Baca juga: Badan Anak Membiru, Waspada Tanda Sindrom Eisenmenger