• Home
  • /
  • Pepaya Bisa Bantu Hilangkan Mual dan Kembung, Benarkah?

Pepaya Bisa Bantu Hilangkan Mual dan Kembung, Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Pepaya Bisa Bantu Hilangkan Mual dan Kembung, Benarkah?

Halodoc, Jakarta – Gangguan pada pencernaan seperti mual dan kembung adalah dua hal yang bisa ganggu aktivitas kita. Ada beberapa hal yang bisa sebabkan seseorang alami mual seperti diare, peningkatan asam lambung, demam, sakit kepala, pusing atau vertigo, sakit perut, atau kembung. Sementara perut kembung bisa terjadi karena terlalu banyak makan, makan terlalu cepat, terlalu banyak makan makanan berlemak, hingga gangguan pada pencernaan itu sendiri. 

Namun, kamu tidak perlu khawatir, mual dan kembung bisa dihilangkan dengan konsumsi pepaya. Satu porsi pepaya bisa memberikan efek positif untuk pencernaan. Meski buah ini telah lama diyakini bisa atasi sembelit, tetapi buah ini juga bisa memerangi masalah pencernaan lain seperti kembung dan mual, bahkan perut mulas.

Baca juga: 7 Manfaat Baik Rutin Konsumsi Buah Pepaya

Alasan Pepaya Bisa Atasi Mual dan Kembung

Alasan yang menjadikan buah pepaya cocok untuk atasi mual dan kembung adalah kandungan enzim dalam buah yakni papain dan chymopapain. Enzim ini membantu pencernaan dalam memecah protein dan menenangkan perut sehingga perut memiliki tingkat asam yang baik. 

Kamu bisa memakan buah ini 30 menit atau 1 jam setelah makan daging berlemak sehingga perut akan terasa lebih nyaman. Buah pepaya juga aman dikonsumsi karena kaya antioksidan untuk meningkatkan imun dalam melawan penyakit. Buah ini juga memiliki vitamin B yang tinggi untuk membantu mengatasi stres, hingga menurunkan kolesterol jahat. 

Pepaya adalah sumber serat yang baik, yang membantu proses pembuangan limbah dalam tubuh. Sehingga ia akan mengurangi rasa kembung dan ketidaknyamanan di sistem pencernaan. Makan pepaya segar atau campurkan ke dalam smoothie untuk meningkatkan kapasitas pencernaan dan mengurangi gejala mual dan kembung.

Baca juga: Mengapa Buah Pepaya Bermanfaat bagi Tubuh?

Pepaya Efektif untuk Meringankan Maag

Pepaya, juga kadang-kadang digunakan sebagai obat alami untuk gangguan pencernaan. Beberapa orang tidak menghasilkan cukup enzim alami untuk mencerna makanan mereka sepenuhnya, sehingga mengonsumsi enzim tambahan, seperti papain, dapat membantu meringankan gejala gangguan pencernaan.

Belum ada banyak penelitian tentang manfaat papain, tetapi setidaknya satu studi menemukan bahwa konsentrat pepaya secara teratur mengurangi sembelit dan kembung pada orang dewasa. Pepaya juga digunakan di beberapa negara Afrika Barat sebagai obat tradisional untuk sakit maag. Sejumlah penelitian hewan mendukung klaim ini, tetapi diperlukan lebih banyak penelitian manusia kelak untuk menguji efektivitasnya. 

Tidak hanya buah, biji pepaya juga telah diolah menjadi minuman untuk menghilangkan parasit usus. Parasit bisa hidup di usus dan menyebabkan ketidaknyamanan perut yang parah, bahkan malnutrisi. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa biji pepaya memiliki sifat antiparasit dan dapat meningkatkan jumlah parasit yang terbuang lewat di tinja pada anak-anak.

Baca juga: Selain Buah, Daun Pepaya Juga Punya Manfaat untuk Kesehatan

Itulah manfaat pepaya dalam mengatasi mual dan kembung yang bisa mengganggu aktivitas kamu. Namun, jika dua gejala tadi masih saja kamu alami meski sudah mengonsumsi pepaya secara rutin, sudah saatnya kamu memeriksakan diri ke rumah sakit. Kini kamu tak perlu repot antre di rumah sakit karena kamu bisa buat janji dengan dokter di aplikasi Halodoc. Mudah bukan? Segera download dan gunakan aplikasi Halodoc di smartphone kamu!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Best Foods for an Upset Stomach.
Food Network. Diakses pada 2020. Natural Ways to Reduce Belly Bloat.
The Daily Meal. Diakses pada 2020. Foods That Help Cure a Stomachache.