7 Manfaat Baik Rutin Konsumsi Buah Pepaya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
7 Manfaat Baik Rutin Konsumsi Buah Pepaya

Halodoc, Jakarta - Mengonsumsi buah-buahan baik untuk menunjang kesehatan tubuh. Apalagi kalau kamu mengimbanginya dengan konsumsi sayuran dan makanan kaya nutrisi lainnya. Selain itu, imunitas tubuh akan meningkat jika kamu juga rutin berolahraga dan tubuh terlindungi dari berbagai infeksi penyakit. Semua buah memiliki manfaatnya masing-masing, termasuk pepaya. Apakah kamu suka mengonsumsi pepaya?

Baca juga: Selain Buah, Daun Pepaya Juga Punya Manfaat untuk Kesehatan

Berbentuk lonjong dengan tekstur yang tidak beraturan, berwarna hijau oranye dan daging buah sedikit kemerahan, pepaya termasuk buah yang rendah kandungan kalorinya. Buah dengan biji berwarna hitam berbentuk bulat juga mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk tubuh. Termasuk vitamin C, A, B1, B5, B3, K, E, serat, kalsium, folat, magnesium, dan asam folat. 

Manfaat Rutin Konsumsi Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

Kebanyakan orang menganggap bahwa pepaya menjadi buah yang mampu mengatasi sembelit karena melancarkan sistem pencernaan. Beberapa lainnya menganggap buah dengan rasa yang manis dan bau yang khas ini baik untuk kesehatan lambung. Ternyata, manfaat rutin konsumsi pepaya lebih dari itu. Apa saja?

Baca juga: Tak Hanya untuk Tubuh, Pepaya Juga Baik untuk Kulit

  • Membantu menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A pada buah pepaya mampu menjaga kesehatan kornea mata dan menghasilkan kelembapan yang cukup untuk melumasi mata dan mencegah mata kering. 

  • Meningkatkan kesehatan kuku dan rambut. Kandungan mineral dan vitamin yang ada pada buah pepaya juga membantu meningkatkan kesuburan rambut sekaligus menjaga kesehatan kuku. Bahkan, pepaya bisa dijadikan masker alami untuk menyuburkan dan melebatkan rambut. 

  • Melancarkan pencernaan. Mengonsumsi pepaya sangat baik untuk sistem pencernaanmu. Adanya kandungan enzim papain pada buah ini membuat protein menjadi lebih mudah dicerna oleh tubuh. Bahkan, studi membuktikan bahwa rutin mengonsumsi pepaya selama setidaknya 40 hari membantu menyembuhkan perut kembung dan sembelit. 

  • Mencegah penuaan dini. Enzim papain tidak hanya membantu melancarkan pencernaan, tetapi mampu meregenerasi kulit sekaligus melembutkannya. Lalu, vitamin C dan A yang membantu menyamarkan bintik hitam dan kerutan halus di kulit serta merangsang pembentukan kolagen yang efektif untuk mencegah munculnya keriput. 

  • Obat alami untuk kulit yang terbakar matahari. Selain papain, pepaya juga mengandung enzim likopen. Likopen baik untuk kesehatan kulit karena berperan sebagai antioksidan yang membantu menangkal masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. 

  • Meningkatkan imunitas tubuh. Kandungan vitamin E, C, dan A pada buah pepaya mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh, sehingga kamu akan terhindar dari penyakit infeksi seperti flu dan pilek. 

  • Mengurangi risiko munculnya penyakit kanker dan menjaga kesehatan jantung. Manfaat rutin konsumsi pepaya juga akan menghindari kamu dari kanker dan menjaga jantung kamu tetap sehat. Likopen, senyawa antioksidan dalam buah pepaya yang berperan dalam menangkap radikal bebas juga berperan sebagai penangkal kanker. Senyawa ini membantu menjaga kesehatan jantung serta meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh. 

Baca juga: 7 Manfaat Biji Pepaya yang Belum Banyak Diketahui

Lalu, bagaimana kalau tidak suka buah pepaya? Tidak masalah, karena semua buah itu baik untuk tubuh asal dikonsumsi sesuai dengan porsinya. Kamu bisa menanyakan pada dokter melalui fitur Tanya Dokter di aplikasi Halodoc berapa banyak porsi buah yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal, atau bertanya seputar masalah kesehatan lainnya. 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2019. 8 Evidence-Based Health Benefits of Papaya.
Schagen, et al. 2012. Diakses pada 2019. NCBI. Discovering The Link Between Nutrition an Skin Aging. Dermatoendocrinology, 4(3), pp. 298 - 307.
WebMD. Diakses pada 2019. For Flavor and Vitamin C, Try A Papaya!