• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perawatan Rumahan saat Si Kecil Mengalami Demam

Perawatan Rumahan saat Si Kecil Mengalami Demam

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Ibu tentu panik ketika Si Kecil mengalami demam. Padahal, demam adalah tanda bahwa tubuh sedang berusaha melawan infeksi. Mengutip laman Kids Health, tidak semua demam pada anak perlu diobati atau dibawa ke dokter. Kecuali jika demam terlalu tinggi dan membuat anak tidak nyaman, atau demam disertai dengan gejala lain. 

Jika demam yang terjadi masih ringan, ibu bisa melakukan perawatan rumahan saja untuk membantu menurunkan suhu tubuhnya. Si Kecil dikatakan mengalami demam jika suhu tubuhnya mencapai 37 derajat Celsius atau lebih. Lantas, seperti apa perawatan rumahan yang bisa dilakukan untuk meredakan demam pada anak? 

Baca juga: 5 Tanda Anak Demam Harus Dibawa ke Dokter

Lakukan Perawatan Rumahan Ini saat Si Kecil Demam

Beberapa perawatan rumahan berikut ini bisa dilakukan untuk meredakan demam Si Kecil:

1.Kompres Air Hangat

Hingga saat ini, banyak ibu yang masih bingung, sebaiknya jika anak demam dikompres hangat atau dingin, ya? Jawabannya adalah kompres hangat. Ketika demam, tubuh perlu kompres hangat untuk memberi sinyal pada otak agar menurunkan suhu tubuh. Jika anak diberi kompres dingin, yang terjadi justru sebaliknya.  

2.Banyak Minum Air

Sering kali, Si Kecil mengalami demam karena dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Selain itu, ketika demam, tubuh perlu banyak asupan air untuk bisa lebih cepat mengeluarkan panas dan mengganti cairan tubuh yang hilang akibat demam. Jadi, pastikan anak banyak minum air putih ketika demam, ya.

Namun, bukan berarti harus diberikan minum banyak sekaligus. Ibu bisa memberikan air minum sedikit-sedikit, tetapi sering, dengan telaten. Jika anak kurang suka minum air putih, ibu bisa berikan alternatif lainnya, seperti sup hangat, atau air dengan campuran buah-buahan yang menyegarkan. 

Baca juga: Demam Saat Hamil? Ini Obat yang Aman

3.Kenakan Pakaian yang Nyaman

Meski sedang demam dan anak tampak menggigil, bukan berarti harus memakaikannya pakaian atau selimut yang terlalu tebal. Hal itu dapat mencegah panas tubuh anak keluar. Sebaiknya, kenakan pakaian yang tertutup dan tipis saja, agar bisa membantu panas dari dalam tubuh keluar lebih mudah. Pastikan juga suhu kamar anak cukup nyaman untuk ia beristirahat.

4.Beri Makan secara Teratur

Dukung tubuh anak yang sedang berjuang melawan infeksi dengan memberi asupan makanan yang bergizi, secara teratur. Meski selera makan anak biasanya menurun ketika sedang demam, pastikan ibu memberi makan buah, sayur, dan makanan bergizi lainnya, sedikit-sedikit tetapi sering.

Baca juga: Waspadai Demam Naik Turun Pertanda Gejala 3 Penyakit Ini

5.Beri Minum Teh Herbal

Minuman teh herbal seperti teh dengan jahe, chamomile, yarrow, elderflower, dan lemon balm, dipercaya bisa membantu mengatasi demam, baik pada anak atau orang dewasa. Sebab, teh herbal dapat memberi efek menenangkan dan memicu pengeluaran keringat. Hal ini yang membantu menurunkan suhu tubuh anak saat demam. 

Itulah beberapa perawatan rumahan ketika Si Kecil demam, yang bisa dicoba. Jika demam pada anak tak kunjung turun, ibu bisa download aplikasi Halodoc untuk berbicara pada dokter dengan cepat, dan mendapatkan resep obat yang sesuai dengan kondisi yang dialami anak. Lalu, obat yang diresepkan bisa ibu beli lewat aplikasi Halodoc, dan obatnya akan diantar ke rumah. Praktis, bukan? Semoga membantu. 

Referensi:
Kids Health. Diakses pada 2020. Fevers.
Baby Center. Diakses pada 2020. How Can I Reduce My Child’s Fever Without Using Medicine?
Healthy Children. Diakses pada 2020. Treating A Fever Without Medicine.
Livestrong. Diakses pada 2020. Natural Home Fever Reducer Remedies.