• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perawatan Rumahan untuk Mengatasi Infeksi Kulit Ringan

Perawatan Rumahan untuk Mengatasi Infeksi Kulit Ringan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Kulit adalah organ terbesar dari tubuh. Fungsinya untuk melindungi organ dalam tubuh dari infeksi, namun tidak jarang kulit itu sendiri pun terinfeksi. Infeksi kulit bisa disebabkan oleh berbagai macam kuman, seperti bakteri, virus, jamur dan parasit.

Gejalanya bisa bervariasi, mulai dari ringan sampai serius. Infeksi kulit yang ringan dapat diobati sendiri dengan obat-obatan yang dijual bebas dan perawatan rumahan. Berikut ini ulasannya.

Baca juga: 5 Faktor Risiko yang Dapat Sebabkan Infeksi Kulit

Kenali Jenis-jenis Infeksi Kulit

Berdasarkan penyebabnya, infeksi kulit bisa dibagi menjadi beberapa jenis:

  • Infeksi Kulit Bakteri

Infeksi kulit akibat bakteri seringkali dimulai dengan benjolan kecil berwarna merah yang perlahan bertambah besar. Pada beberapa kasus, infeksi bakteri bersifat ringan dan bisa diobati dengan mudah dengan menggunakan antibiotik topikal, namun pada kasus lain, infeksi kulit bakteri memerlukan antibiotik oral.

Berbagai jenis infeksi kulit akibat bakteri, antara lain selulitis, impetigo, bisul, dan kusta.

  • Infeksi Kulit Akibat Virus

Infeksi kulit akibat virus dapat berkisar dari ringan hingga parah. Berbagai jenis infeksi virus, antara lain herpes zoster, cacar air, moluskum kontagiosum, kutil, campak, penyakit tangan, kaki dan mulut.

  • Infeksi Kulit Jamur

Jenis infeksi kulit ini disebabkan oleh jamur dan kemungkinan besar berkembang di area tubuh yang lembap, seperti kaki atau ketiak. Beberapa infeksi jamur tidak menular dan biasanya bukan kondisi yang serius.

Berbagai jenis infeksi jamur, antara lain kaki atlet, infeksi jamur, kurap, jamur kuku, sariawan, ruam popok.

  • Infeksi Kulit Parasit

Jenis infeksi kulit ini disebabkan oleh parasit dan dapat menyebar ke luar kulit ke aliran darah dan organ. Infeksi parasite tidak berbahaya tapi bisa membuat pengidapnya tidak nyaman. 

Berbagai jenis infeksi kulit parasit, antara lain kutu rambut, kutu busuk, dan kudis.

Baca juga: Ini 3 Infeksi Kulit yang Bisa Terjadi pada Anak

Gejala Infeksi Kulit

Gejala infeksi kulit berbeda-beda tergantung jenisnya. Namun, secara umum, gejalanya meliputi kemerahan pada kulit dan muncul ruam. Pengidap dapat mengalami gejala lain, seperti gatal, nyeri, dan kulit terasa panas dan lembut.

Segera kunjungi dokter bila kamu mengalami infeksi kulit yang tidak kunjung membaik atau semakin memburuk. Infeksi kulit bisa menyebar ke luar kulit dan masuk ke aliran darah. Bila hal itu terjadi, maka bisa mengancam jiwa. Tanda-tanda infeksi parah yang perlu diwaspadai, antara lain nanah, lecet, kulit mengelupas atau rusak, kulit berubah warna dan terasa nyeri.

Kamu bisa segera berobat tanpa perlu antre dengan buat janji di rumah sakit pilihan kamu melalui aplikasi Halodoc.

Perawatan Rumahan untuk Mengatasi Infeksi Kulit Ringan

Bila infeksi kulit yang kamu alami hanya menyebabkan gejala yang ringan, kamu bisa mengobatinya sendiri di rumah. Beberapa perawatan rumahan ini membantu meredakan gejala infeksi kulit ringan:

  • Kompres Dingin

Aplikasikan kompres dingin ke area kulit yang mengalami infeksi beberapa kali sehari untuk mengurangi gatal dan peradangan.

  • Minum Obat

Kamu bisa mengonsumsi antihistamin yang dijual bebas untuk mengurangi rasa gatal.

  • Gunakan Krim atau Salep

Gunakan krim dan salep topikal untuk mengurangi rasa gatal dan ketidaknyamanan.

  • Oleskan Madu

Madu sudah dikenal memiliki sifat antibakteri dan membantu menyembuhkan infeksi kulit yang disebabkan oleh Staphylococcus aureus. Oleskan madu pada area kulit yang terinfeksi untuk mengurangi kemerahan dan bengkak.

  • Gunakan Lidah Buaya

Lidah buaya adalah bahan alami yang memiliki sifat antibakteri, karena mengandung antrakuinon. Kamu bisa mengambil gel lidah buaya dan oleskan secara topikal pada area kulit yang terinfeksi. Tunggu selama beberapa saat lalu bilas dengan air dingin. 

  • Tea Tree Oil

Tea tree oil memiliki sifat antimikroba untuk membantu mengatasi infeksi kulit akibat bakteri. Cara menggunakannya adalah cukup mengoleskan beberapa tetes tea tree oil ke area yang terinfeksi dan bilas setelah 30 menit.

Baca juga: Mengapa Lansia Rentan Mengalami Infeksi Kulit?

Nah, itulah perawatan rumahan untuk mengatasi infeksi kulit ringan. Kamu juga bisa membeli obat-obatan yang kamu perlukan melalui aplikasi Halodoc, lho. Yuk, download Halodoc sekarang juga.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Skin Infection: Types, Causes, and Treatment.
Firstcry Parenting. Diakses pada 2020. 19 Effective Home Remedies for Skin Infection.