Kenali Perbedaan antara Tumor dan Kanker

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Kenali Perbedaan antara Tumor dan Kanker

Halodoc, Jakarta - Kanker dan tumor adalah dua hal yang saling berhubungan, tetapi berbeda. Pada umumnya, terdapat dua jenis tumor yang solid, yaitu yang bersifat ganas atau disebut juga kanker dan yang bersifat jinak atau non-kanker (disebut dengan tumor).

Tumor terjadi ketika sel-sel dalam tubuh tidak membelah dan tumbuh secara normal. Pembelahan dan pertumbuhan tak terkendali termasuk dalam kanker. Sel-sel yang berlebih mulai bergabung bersama dan membentuk berbagai ukuran benjolan atau pertumbuhan.

Benjolan atau pertumbuhan diidentifikasi sebagai tumor, yang dapat berupa massa padat atau dapat berisi cairan. Namun, tumor yang telah tumbuh tidak serta-merta menyebabkan kanker. Tumor bisa jinak, yang berarti tidak bersifat kanker.

Sedangkan, kanker adalah penyakit yang terjadi ketika sel-sel di dalam tubuh mulai membelah tak terkendali. Ketika pertumbuhan tersebut terjadi pada jaringan padat, seperti organ dan otot, dapat menyebar ke jaringan di sekitarnya melalui sistem darah dan getah bening.

Baca Juga : Harus Tahu Bedanya Kanker dan Tumor

Gangguan pada Darah Dapat Berupa Tumor dan Kanker

Tumor jinak tidak menyebar ke seluruh tubuh seseorang yang terserang. Sebagian besar tidak mengancam jiwa, selain dari tumor otak tertentu yang masih dapat menyebabkan peradangan dan memberi tekanan pada jaringan halus di sekitar tumor. Kanker darah biasanya tidak berbentuk tumor padat.

Pada leukemia, biasanya kanker terjadi pada sel darah putih tertentu, sel darah yang tidak matang menjadi kanker dan membunuh sel darah sehat. Limfoma dimulai pada limfosit, jenis lain dari sel darah putih, dan cenderung menyebar ke seluruh tubuh dan menyerang di banyak tempat.

Setiap kanker darah memiliki sistem tahapan sendiri, yang menentukan berapa banyak kanker dalam tubuh dan tempat gangguan tersebut menyerang. Setiap tahapan jenis kanker berdasarkan faktor-faktor, seperti seberapa besar tumor primer dan apakah telah menyebar ke kelenjar getah bening dan ke bagian lain dari tubuh.

Pengobatan Tumor dan Kanker

Untuk seseorang yang mengidap kanker, pilihan pengobatan dapat mencakup terapi, seperti radiasi, kemoterapi, dan imunoterapi, dan/atau operasi untuk mengangkat atau menghilangkan sebagian tumor.

Pembedahan juga dapat meringankan efek samping yang disebabkan oleh terapi lain. Imunoterapi telah berhasil mengobati beberapa pengidao dengan paru-paru, kandung kemih, kepala dan leher, dan kanker ginjal, serta melanoma dan limfoma, dan saat ini sedang diuji dalam berbagai jenis kanker.

Baca Juga : Ketahui Perbedaan Tumor Jinak dan Tumor Ganas

Pencegahan Tumor dan Kanker

Tumor dan kanker adalah jenis-jenis penyakit yang harus dihindari oleh semua orang. Kedua penyakit ini mungkin saja menyebabkan kematian pada seseorang yang mengidapnya. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terserang tumor dan kanker:

1. Mengonsumsi Makanan yang Sehat

Salah satu cara untuk mencegah terjadinya tumor dan kanker adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Seseorang yang mengonsumsi buah dan sayuran secara rutin disebutkan dapat menurunkan risiko terhadap gangguan tumor dan kanker pada mulut, esofagus, lambung, dan paru-paru. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi daging merah dan daging olahan disebutkan dapat meningkatkan risiko kanker.

2. Berolahraga Secara Teratur

Cara lainnya untuk menurunkan risiko tumor dan kanker adalah dengan berolahraga secara teratur. Disebutkan bahwa berolahraga secara konsisten dapat mengurangi 30 hingga 40 persen risiko terserang kanker usus besar. Selain itu, aktivitas fisik juga disebutkan dapat mengurangi kanker paru dan endometrium.

Baca Juga : 5 Jenis Kanker yang Sering Serang Anak di Dunia

Itulah perbedaan antara tumor dan kanker yang harus kamu ketahui. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal gangguan tersebut, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!