29 November 2018

Perhatikan Cara Pencegahan Sinusitis pada Anak-Anak

perhatikan cara pencegahan sinusitis pada anak-anak

Halodoc, Jakarta – Penyakit sinusitis adalah penyakit yang disebabkan adanya infeksi dan pembengkakan pada bagian sinus karena adanya penyumbatan. Gejala sinus dapat terjadi secara tiba-tiba dan umum terjadi pada siapa saja, baik dewasa maupun anak-anak.

Sinusitis yang terjadi pada anak-anak bisa menjadi komplikasi penyakit yang disebabkan oleh infeksi saluran napas yang disebabkan oleh virus. Biasanya, anak-anak memiliki daya tahan tubuh yang belum optimal sehingga kesehatannya rentan terserang oleh virus. Tidak hanya menjadi komplikasi dari penyakit infeksi saluran napas, sinusitis pada anak bisa disebabkan karena adanya pilek yang berkepanjangan.

Ada beberapa gejala yang bisa dideteksi ketika anak mengalami penyakit sinusitis. Anak dapat mengalami gejala awal seperti flu, namun bersamaan dengan kondisi hidung yang membengkak. Bakteri dan virus yang berkembang biak dalam rongga sinus dan menyebabkan pembengkakan pada hidung. Anak juga mengalami perubahan pada bau mulut. Bau mulut pada penyakit sinusitis disebabkan oleh cairan lendir yang tidak dapat dikeluarkan melalui hidung sehingga keluar melalui tenggorokan.

Indera penciuman juga terganggu ketika anak mengalami penyakit sinusitis. Imun tubuh yang melawan virus terkadang juga menyebabkan anak mengalami demam meskipun tidak terlalu tinggi. Orang tua tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit sinusitis pada anak.

1. Jaga Kebersihan Lingkungan

Menjaga kebersihan lingkungan menjadi cara yang bisa dilakukan oleh ibu untuk mencegah anak terserang penyakit sinusitis. Selain dapat melancarkan sistem pernapasan anak, kondisi udara yang bersih dan segar dapat membuat kesehatan anak selalu terjaga. Sebaiknya, rutin membersihkan rumah agar debu maupun virus yang dapat menyebabkan sinusitis bisa berkurang dan hilang.

2. Perhatikan Pergantian Udara di Rumah

Sirkulasi yang baik bisa menjadi salah satu cara ibu untuk menghindari anak dari penyakit sinusitis. Udara yang terlalu kering dapat menyebabkan anak mengalami sinusitis. Sehingga, ibu perlu perhatikan kelembapan dalam suatu ruangan dengan memastikan sirkulasi udara yang baik untuk keluarga khususnya anak-anak.

3. Jauhkan Penyebab Alergi dari Anak-anak

Jika ibu memiliki hewan peliharaan di dalam rumah, sebaiknya perhatikan kebersihan rumah dengan baik. Bulu-bulu hewan yang tertinggal di dalam rumah nyatanya bisa menjadi salah satu penyebab anak terserang penyakit sinusitis. Bulu-bulu hewan dapat menyebabkan alergi pada anak yang mengakibatkan penyakit sinusitis.

4. Jaga Kebersihan Diri

Penyakit sinusitis bukan penyakit yang menular, namun selalu perhatikan kebersihan diri maupun anak-anak. Terapkan kebiasaan gaya hidup sehat seperti mencuci tangan setelah melakukan kegiatan. Faktanya, virus penyebab sinusitis bisa dengan mudah berpindah melalui benda-benda yang kotor.

5. Perbanyak Air Putih dan Makanan Sehat

Jangan lupa untuk memberikan air putih yang cukup pada anak agar selaput lendir tetap lembap dan terhidrasi. Hal ini mengurangi risiko tertular virus penyebab sinus. Selain itu, jangan lupa memberikan anak makanan yang sehat agar daya tahan tubuh anak bisa menjadi lebih optimal.

Selain pencegahan ada beberapa cara pengobatan yang bisa ibu lakukan dirumah. Ketika anak mengalami sinusitis, tidak ada salahnya untuk mengompres bagian sinus pada anak untuk meringankan gejala. Ketika anak tidur, jangan lupa untuk menopang kepala anak dengan bantal agar posisi kepala bisa lebih tinggi sehingga dapat mengurangi jumlah tekanan dan mengurangi rasa sakit pada bagian sinus. Jangan lupa untuk bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc mengenai kesehatan anak. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: