22 January 2018

Perhatikan Hal ini Sebelum membekukan makanan. Yakin Sudah Tahu?

Perhatikan Hal ini Sebelum membekukan makanan. Yakin Sudah Tahu?

Halodoc, Jakarta – Membekukan makanan sering dijadikan pilihan untuk menyimpan bahan makanan maupun sisa makanan agar “panjang umur”. Namun hati-hati, nyatanya makanan yang dibekukan bisa saja berakhir di tempat sampah jika salah dalam menyimpannya.

Biar proses pembekuan makanan sukses, yuk perhatikan dan terapkan tips berikut!

  1. Jenis Makanan

Pastikan makanan aman untuk disimpan dalam waktu yang lama. Sebab ada beberapa jenis makanan yang tekstur, rasa dan kandungannya dapat berubah jika dibekukan. Biar enggak sia-sia, pastikan makanan yang akan disimpan aman dan bisa dibekukan, ya!

  1. Ketahanan Makanan

Kamu juga harus memerhatikan sejauh mana makanan tahan untuk disimpan. Jangka waktu penyimpanan makanan beku yang direkomendasikan adalah tiga sampai enam bulan. Namun ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dimakan sebelum waktu tersebut.

  1. Cara Menyimpan

Pastikan kamu membungkus atau menyimpan makanan beku dengan tepat. Pengemasan makanan beku bertujuan untuk menjaga rasa, warna, tekstur  dan kandungan gizi.  

Mengemas makanan juga akan menghindari terjadinya pengeringan dan kontaminasi zat asing selama makanan disimpan. Sebaiknya tidak menyimpan makanan terlalu banyak, artinya perhatikan porsi yang tepat agar makanan tidak terbuang sia-sia.

  1. Berikan Label dan Kemas Ulang

Pastikan makanan telah terbungkus rapat. Sebab makanan yang terkena udara bisa menyebabkan perubahan warna. Lalu, beri label jenis makanan dan kapan tanggal pembekuan. Hal ini penting untuk mengingat dan memilih makanan yang harus dikonsumsi segera.

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja! Download dan mulai bicara dengan dokter, membeli obat dan merencanakan pemeriksaan laboratorium dengan fitur Lab Service.