• Home
  • /
  • Perkembangan Bayi 4 Bulan

Perkembangan Bayi 4 Bulan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Perkembangan Bayi 4 Bulan

Halodoc, Jakarta – Menyaksikan bulan demi bulan perkembangan Si Kecil tentu sangat menyenangkan dan membuat tercengang, terutama ketika memasuki usia 4 bulan. Si Kecil yang sebelumnya baru mulai bisa mengangkat kepala ketika tengkurap walau hanya sebentar, kini telah semakin kuat mengangkat kepala dengan bertumpu pada bahunya. Seolah sedang push-up. Ya, ia menjadi semakin aktif bergerak!

Tak hanya gaya push-up, Si Kecil juga telah mampu berguling ke depan dan ke belakang. Ibu bisa merangsang kemampuan ini dengan menggoyang-goyangkan mainan yang memiliki bunyi di sampingnya. Ketertarikannya pada mainan akan membuatnya termotivasi untuk berguling ke sana ke mari untuk mendapatkannya.

Baca juga: Tahapan Penting Tumbuh Kembang Bayi di Tahun Pertama

Berbeda dengan bulan-bulan sebelumnya, di usia 4 bulan ini, Si Kecil akan semakin selektif terhadap siapa saja orang yang hadir di sekitarnya dengan menunjukkan respons. Misalnya, ketika melihat ibu, ayah, atau anggota keluarga yang dekat dengannya, ia akan merespons dengan menggoyang-goyangkan tangan dan kakinya.

Namun, jika dihadapkan pada situasi dengan orang banyak, Si Kecil mungkin akan merasa tidak nyaman pada awalnya dan butuh sedikit waktu untuk beradaptasi. Hal ini tak lain karena ia sedang berusaha mengingat wajah-wajah orang baru tersebut. Namun, tenang saja, ibu bisa jadikan hal ini sebagai cara untuk membiasakan Si Kecil untuk beradaptasi dan bersosialisasi dengan orang baru.

Perkembangan Kognitif Meningkat

Usia 4 bulan bisa dibilang merupakan penjelajahan tak kenal lelah bagi bayi. Hal ini karena pada usia ini ia tertarik pada semua hal yang terjadi di sekitarnya. Ketika mendengar suara yang menarik ia akan menoleh, berusaha mencari benda-benda yang tiba-tiba hilang dari pandangan, dan menjilat semua mainan atau benda yang dipegangnya.

Baca juga: Ini Perkembangan Bayi 7 Bulan yang Wajib Diketahui

Rentang perhatiannya meningkat, ia jadi lebih siaga di siang hari. Namun, tidak perlu khawatir, karena itu adalah proses pembelajaran baginya. Kemampuan sosialisasinya telah mulai terlihat, Si Kecil mulai dapat meniru ekspresi wajah dan membuat ekspresinya sendiri. Selain banyak tertawa, ia juga bisa membuat ekspresi tidak suka pada sesuatu yang membuatnya tidak nyaman.

Waktu yang Tepat untuk Mendeteksi Masalah Pendengaran

Meski tumbuh-kembang setiap bayi tidaklah sama, usia 4 bulan merupakan waktu yang tepat untuk mendeteksi masalah pendengaran pada bayi. Sebab, pada usia ini, rata-rata bayi sudah mulai bisa memiliki kemampuan untuk merespons suara-suara di sekitarnya.

Jadi, jika Si Kecil tampak tidak responsif terhadap suara di sekitarnya pada usia 4 bulan, mulailah waspada akan adanya masalah pendengaran. Segera download aplikasi Halodoc untuk berkonsultasi pada dokter lewat chat atau buat janji dengan dokter anak di rumah sakit andalanmu. 

Baca juga: 4 Tahap Perkembangan Motorik Anak Usia 0-12 Bulan

Jaga Rumah Tetap Bersih

Si Kecil sudah semakin aktif di usia 4 bulan, sehingga ibu perlu menjaga rumah tetap bersih. Termasuk kebersihan mainan yang selalu dimainkan Si Kecil. Pastikan untuk selalu mencuci mainan-mainan tersebut secara berkala setiap harinya. Hal ini untuk meminimalisir masuknya kuman ketika Si Kecil memasukkan mainan itu ke mulut. Jadilah selektif dan singkirkan mainan dengan bahan yang sulit dicuci.

Bicara soal kebiasaan memasukkan benda-benda ke mulut, ibu perlu lebih berhati-hati juga dalam memilih jenis dan ukuran mainan untuk diberikan pada Si Kecil. Pilihlah mainan berbahan plastik yang berlabel aman untuk bayi, dan pilihlah hanya mainan berukuran besar-besar, guna menghindari risiko tersedak atau tertelan ketika Si Kecil memasukkannya ke mulut. Hindari juga membeli mainan yang memiliki komponen kecil-kecil yang mudah terlepas.

Untuk mencegah kekacauan, lapisi area main bayi dengan taplak plastik. Ketika ia selesai main, ibu tinggal mengibaskan atau mengelapnya hingga kering dan bisa dipakai lagi. Dengan begitu, waktu untuk membersihkan akan jadi lebih singkat dan efisien.

Referensi:
Parents. Diakses pada 2019. 4 Month Old Baby Development.