Perlu Diketahui, Ini 8 Penyebab Xerosis

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
perlu-diketahui-ini-8-penyebab-xerosis-halodoc

Halodoc, Jakarta – Setiap orang tentunya ingin punya kulit yang cantik dan sehat. Namun, sebagian orang cenderung memiliki kulit yang kering. Kulit kering dikenal juga dengan istilah medisnya, yaitu xerosis. Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja, baik pria maupun wanita tanpa memandang usia. Namun, xerosis biasanya lebih sering dialami oleh para lansia. Punya kulit kering tentu bikin kamu jadi tidak nyaman. Pasalnya, enggak hanya mengurangi kecantikan kulit, kulit kering biasanya juga terasa gatal. Karena itu, yuk kenali penyebab xerosis di sini agar kamu bisa mencegah kondisi tersebut terjadi.

Baca juga: Kulit Kering dan Gatal Jangan Digaruk, Atasi dengan Ini

Xerosis atau kulit kering bisa disebabkan oleh kondisi yang terjadi di dalam tubuh kita, misalnya:

  1. Gen kulit yag diturunkan;

  2. Dehidrasi;

  3. Kurang gizi;

  4. Menopause;

  5. Mengalami penurunan berat badan yang drastis;

  6. Mengidap penyakit tiroid;

  7. Mengidap penyakit gagal ginjal; dan

  8. Mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti obat diuretik, retinoid, atau kemoterapi.

Namun, ada juga beberapa faktor lingkungan yang bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami xerosis, yaitu:

  • Terlalu sering mandi, terutama dengan menggunakan air panas;

  • Terlalu lama terpapar sinar matahari;

  • Menggunakan sabun mandi berbahan kimia, misalnya yang mengandung pewangi;

  • Menggosok kulit dengan kasar dan keras saat mengeringkan tubuh dengan handuk; dan

  • Tinggal di daerah yang dingin dengan tingkat kelembapan yang rendah.

Meskipun bisa terjadi pada semua orang, tetapi xerosis lebih sering dialami oleh orang-orang yang berusia di atas 40 tahun, punya hobi berenang, atau memiliki pekerjaan yang mengharuskan untuk merendam bagian tubuh di dalam air.

Baca juga: Kulit Kering dan Bersisik Bikin Stres, Perlukah ke Psikolog atau Psikiater?

Cara Mencegah Xerosis

Cara terbaik untuk mencegah xerosis adalah dengan menghindari faktor penyebab seperti di atas. Kamu juga bisa melakukan perawatan kulit sederhana untuk menjaga kulit agar tetap lembap. Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mencegah xerosis:

  • Jangan Mandi Terlalu Lama

Biasanya para wanita yang lebih betah berlama-lama mandi di kamar mandi. Namun, tahukah kamu, mandi terlalu lama bisa menghilangkan minyak alami di kulit, lho. Apalagi bila kamu mandi dengan menggunakan air panas. Jadi, bila kamu enggak mau kulitmu menjadi kering, batasi waktu mandi kamu menjadi 5–10 menit saja ya sekali mandi.

  • Pilih Sabun yang Sesuai dengan Jenis Kulit

Untuk jenis kulit kering, sebaiknya hindari sabun mandi yang berpewangi. Bahkan kalau bisa, pilihlah sabun yang mengandung tambahan minyak di dalamnya agar kulit senantiasa terjaga kelembapannya.

  • Menggunakan Pelembap Kulit

Pelembap kulit bisa membantu mencegah xerosis, asalkan tidak mengandung alkohol. Atau kamu juga bisa menggunakan baby oil. Pelembap dan baby oil paling baik digunakan setelah mandi, saat kulit masih dalam keadaan basah.

  • Pasang Pelembap Ruangan

Ruangan yang panas dan kering bisa bikin kulit kamu juga kering, terasa gatal, bahkan sampai mengelupas. Nah, untuk mencegah hal itu terjadi, kamu bisa memasang pelembap ruangan untuk membuat kulit tetap lembap.

  • Melindungi Kulit di Tempat Berhawa Dingin

Bila bepergian ke daerah yang dingin atau bahkan bersalju, sebaiknya kenakan sarung tangan, syal, dan topi untuk menutupi kulit agar tidak cepat kering.

  • Minum Air Putih yang Cukup Setiap Hari

Nah, ini adalah tips yang paling penting dalam mencegah xerosis. Hal ini karena asupan cairan sangat dibutuhkan untuk melembapkan kulit kita agar tetap lembut dan sehat. 

  • Jangan Menggaruk Kulit dengan Kasar

Jangan menggaruk atau menggosok kulit secara berlebihan dengan kasar, karena bisa membuat kulit menjadi merah, kasar, mengelupas, dan rusak.

Baca juga: 5 Perawatan Kulit Kering yang Patut Dicoba

Nah, itulah beberapa penyebab xerosis yang perlu kamu ketahui. Kalau kamu ingin membeli pelembap kulit, gunakan saja aplikasi Halodoc. Enggak usah repot-repot keluar rumah, tinggal order melalui aplikasi dan obat pesanan kamu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline (Diakses pada 2019). Xerosis Cutis.
NCBI (Diakses pada 2019). Treatment of Xerosis with a Topical Formulation Containing Glyceryl Glucoside, Natural Moisturizing Factors, and Ceramide.