• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlu Diketahui, Inilah Penyebab Terjadinya Hb Rendah

Perlu Diketahui, Inilah Penyebab Terjadinya Hb Rendah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Jumlah hb yang rendah sebenarnya tidak selalu menjadi penanda penyakit. Wanita yang hamil umumnya memiliki jumlah hb lebih rendah. Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh NCH Healthcare System, jumlah hb yang sedikit rendah tidak akan menyebabkan gejala.

Jumlah hb yang rendah umumnya didefinisikan kurang dari 13,5 gram hemoglobin per desiliter (135 gram per liter) darah untuk pria dan kurang dari 12 gram per desiliter (120 gram per liter) untuk wanita. Pada anak-anak, definisi bervariasi sesuai usia dan jenis kelamin. Selengkapnya mengenai penyebab hb rendah ada di bawah ini!

Penyebab Hb Rendah

Jumlah hb yang rendah umumnya memang berkaitan dengan hemoglobin yang rendah berhubungan dengan penyakit dan kondisi yang menyebabkan tubuh memiliki terlalu sedikit sel darah merah. Berbagai penyebab Hb rendah antara lain:

Baca juga: Ketahui Penyebab Hb Rendah, Lakukan Hal Ini

  1. Tubuh menghasilkan lebih sedikit sel darah merah dari biasanya.
  2. Tubuh menghancurkan sel darah merah lebih cepat daripada yang bisa dihasilkan.
  3. Kamu mengalami kehilangan darah.
  4. Penyakit dan kondisi yang menyebabkan tubuh memproduksi lebih sedikit sel darah merah dari biasanya, termasuk anemia aplastik, kanker, obat-obatan tertentu, seperti obat anti-retroviral untuk infeksi HIV dan obat kemoterapi untuk kanker dan kondisi lainnya. 

Penyakit ginjal kronis, sirosis (jaringan parut pada hati), limfoma hodgkin (Penyakit Hodgkin), hipotiroidisme (tiroid yang kurang aktif), anemia defisiensi besi, keracunan timbal, leukemia, mieloma multiple, sindrom myelodysplastic, limfoma non-hodgkin, anemia defisiensi vitamin adalah penyakit dan kondisi yang menyebabkan tubuh menghancurkan sel darah merah lebih cepat daripada yang dapat dibuat.

Selain itu, kekurangan darah karena berdarah yang disebabkan luka, pendarahan di saluran pencernaan karena borok, kanker atau wasir, pendarahan di saluran kemih, donor darah yang terlalu sering, dan menstruasi berat juga menjadi pemicu Hb rendah lainnya. 

Butuh rekomendasi pengobatan dari dokter, tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa kapan dan di mana saja mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Beberapa orang mengetahui bahwa Hb mereka rendah ketika mereka pergi untuk mendonorkan darah. Jika kamu diinformasikan bahwa kamu tidak dapat menyumbangkan darah karena hb rendah, buatlah janji bertemu dengan dokter untuk memeriksakan diri lebih lanjut.

Baca juga: Adakah Hubungan Karakter dengan Golongan Darah?

Beberapa tanda dan gejala lain mungkin termasuk:

  1. Kelelahan.
  2. Kelemahan.
  3. Kulit dan gusi pucat,
  4. Sesak napas,
  5. Detak jantung yang cepat atau tidak teratur,

Dokter dapat merekomendasikan tes jumlah darah lengkap untuk menentukan apakah kamu memiliki jumlah hb yang rendah atau karena kondisi “normal” atau tanda dan gejala tersebut disebabkan oleh sesuatu yang lain.

Jika tes menunjukkan kamu memiliki jumlah hb yang rendah, kamu mungkin perlu lebih banyak pengujian untuk menentukan penyebabnya. Kemudian, dokter dapat menjelaskan lebih lanjut apa yang menjadi pemicu sekaligus memberikan rekomendasi perawatan.

Referensi:

NCH Healthcare System. Diakses pada 2019. Low hemoglobin count.
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Low Hemoglobin count.