• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlu Tahu, Ini 5 Kelebihan dan Kekurangan Tampon
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlu Tahu, Ini 5 Kelebihan dan Kekurangan Tampon

Perlu Tahu, Ini 5 Kelebihan dan Kekurangan Tampon

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 11 April 2022

“Salah satu keuntungan terbesar tampon dibandingkan pembalut dan produk menstruasi lainnya adalah ukurannya. Tampon berukuran kecil dan portabel. Namun, di satu sisi tampon lebih mungkin mengiritasi vagina.”

Perlu Tahu, Ini 5 Kelebihan dan Kekurangan Tampon

Halodoc, Jakarta – Tampon kerap menjadi alternatif pilihan sebagai pengganti pembalut biasa karena hanya memberikan sedikit limbah. Tampon juga memberikan ruang gerak fleksibel. 

Meskipun begitu, buat sebagian orang, penggunaan pembalut biasa lebih nyaman. Pada akhirnya, penggunaan tampon dan pembalut pada umumnya tergantung kenyamanan personal. Yuk, simak di sini kelebihan dan kekurangan tampon yang perlu diketahui!

1. Ukuran Tampon yang Kecil dan Portabel

Salah satu keuntungan terbesar tampon dibandingkan pembalut dan produk menstruasi lainnya adalah ukurannya. Tampon berukuran kecil dan portabel. Kamu dapat dengan mudah memasukkannya ke dalam saku atau dompet, dan membawanya ke mana-mana secara teratur jika menstruasi datang tiba-tiba.

2. Bisa Dipakai Berenang

Tampon adalah salah satu dari sedikit produk menstruasi yang bisa digunakan untuk berenang dan aktivitas aktif lainnya. Terkadang pembalut pada umumnya juga bisa digunakan untuk berenang, hanya saja bisa menyerap air sehingga lebih berat.

3. Tidak Terlihat

Kelebihan lain yang dimiliki tampon dibandingkan pembalut adalah tidak terlihat, tidak seperti pembalut umum yang terkadang bentuknya bisa tercetak di celana dalam. 

4. Lebih Sulit Digunakan

Nah, di balik keuntungan dan kemudahan penggunaannya, tampon lebih sulit digunakan daripada pembalut menstruasi yang hanya perlu ditempelkan di celana dalam. 

5. Dapat Mengiritasi Vagina 

Tampon lebih cenderung mengiritasi dan mengeringkan vagina daripada pembalut menstruasi. Tampon sangat tidak disarankan untuk digunakan semalaman. Semakin lama memasukkan tampon, semakin besar kemungkinannya untuk mengiritasi vagina atau menyebabkan infeksi, seperti infeksi saluran kemih. 

Itulah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan tampon. Kalau kamu mau menanyakan informasi seputar kesehatan reproduksi, tanyakan saja langsung ke dokter lewat Halodoc. Belum punya aplikasinya? Yuk, download sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Tampons vs. Pads: The Ultimate Showdown.
Insider. Diakses pada 2022. The pros and cons of tampons vs. pads and how to decide which is better for your period.
WebMD. Diakses pada 2022. Pads vs. Tampons: What to Know.