• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlukah Anak Belajar Jalan dengan Baby Walker?

Perlukah Anak Belajar Jalan dengan Baby Walker?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Perlukah Anak Belajar Jalan dengan Baby Walker?

Halodoc, Jakarta – Baby walker adalah alat yang biasa digunakan untuk membantu anak belajar berjalan tanpa perlu diawasi kemana pun. Alat ini dilengkapi dengan empat roda serta tempat duduk dengan dua lubang untuk kaki bayi. Secara umum, alat dibuat untuk memudahkan bayi dalam berjalan atau belajar berjalan. Namun, apakah baby walker dibutuhkan saat bayi belajar berjalan?

Jawabannya tidak. Penggunaan alat ini pada saat bayi belajar berjalan sebenarnya tidak disarankan oleh para ahli. Bukan tanpa alasan, baby walker justru disebut bisa menghambat proses belajar jalan bayi. Tidak hanya itu, penggunaan alat ini juga meningkatkan risiko kecelakaan, sehingga berbahaya untuk Si Kecil. Biar lebih jelas, cari tahu fakta baby walker untuk belajar jalan di bawah ini!

Baca juga: Jangan Disepelekan! Ini Pentingnya Fase Merangkak pada Bayi

Baby Walker untuk Belajar Jalan

Baby walker untuk belajar jalan adalah hal yang sudah lama dipercaya para orangtua. Namun, hal ini sebenarnya tidak terlalu disarankan oleh para ahli. Alasannya karena penggunaan alat ini bisa menghambat proses berjalan dan membahayakan Si Kecil. Penggunaan baby walker untuk belajar jalan disebut bisa menyebabkan bayi mengalami kecelakaan. 

Risiko yang mungkin terjadi akibat penggunaan baby walker antara lain risiko cedera kepala, patah tulang, hingga luka bakar. Risiko ini bisa terjadi saat:

  • Baby walker terjatuh dari tangga.
  • Baby walker terjungkir pada permukaan yang tidak rata.
  • Si Kecil mencapai ember atau baskom air yang bisa membahayakannya.
  • Si Kecil bisa mencapai barang-barang yang lebih tinggi dan mungkin membahayakannya. Misalnya, gunting, pisau, dan barang pecah belah lainnya.

Baca juga: 6 Fakta Unik Tentang Anak yang Baru Berjalan

Apakah Baby Walker Membantu Anak Berjalan?

Sekali lagi, jawabannya adalah tidak. Baby walker tidak membantu Si Kecil berjalan lebih cepat dibanding anak yang tidak memakai alat ini. Justru, alat ini bisa mengurangi keinginannya untuk belajar karena ada alternatif yang lebih memudahkannya untuk berjalan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa baby walker tidak disarankan untuk digunakan:

  • Meningkatkan risiko otot menjadi tegang. Alasannya karena baby walker memungkinkan Si Kecil untuk berdiri dan berjalan dengan ujung jari kaki.
  • Baby walker membuat Si Kecil tidak melihat kakinya saat berjalan. Akibatnya, ia tidak bisa mempelajari bagaimana cara untuk menyeimbangkan tubuh.
  • Baby walker menguatkan otot yang salah. Kedua tungkai bawah memang diperkuat, namun tungkai atas (paha) dan pinggang tetap tidak dilatih. Padahal, tungkai atas dan pinggang sangat penting untuk berjalan.

Manfaat Belajar Berjalan Tanpa Baby Walker

Daripada membiasakan anak menggunakan baby walker, ibu bisa mencari cara lain untuk membantu Si Kecil belajar berjalan. Antara lain dengan menghindari kebiasaan menggendong dan mengajaknya mendorong benda berat, seperti kursi. Berikut adalah beberapa manfaat belajar berjalan tanpa baby walker bagi Si Kecil:

  • Belajar duduk, merangkak, dan bergerak bebas.
  • Belajar bergerak dari duduk ke melutut. Lalu dari melutut, ia akan belajar menarik diri untuk berdiri meskipun harus memegang benda di sekitarnya. Ini bisa membantu menguatkan otot yang diperlukan untuk berjalan.
  • Memungkinkan Si Kecil melihat kakinya saat belajar berjalan. Sehingga ia bisa mempelajari keseimbangan dengan jatuh dan berdiri kembali, lalu melangkah secara perlahan.

Baca juga: Benarkah Berjalan di Rumput Bikin Anak Cepat Jalan?

Itulah beberapa bahaya penggunaan baby walker untuk belajar jalan Si Kecil. Kalau pun ibu terpaksa menggunakan baby walker, pastikan Si Kecil mendapat pengawasan yang ketat untuk meminimalkan risiko bahaya yang mungkin terjadi. Jika bayi mengalami kesulitan belajar jalan, cobalah untuk membicarakannya pada dokter melalui Video/Voice Call atau Chat di aplikasi Halodoc. Download Halodoc di App Store dan Google Play!

Referensi 
American Academy of Pediatrics. Diakses pada 2021. Infant Walkers Remain a Source of Serious Injury in the U.S.
Baby Centre UK. Diakses pada 2021. Should I Buy My Baby a Baby Walker?
Raising Children. Diakses pada 2021. Baby Walkers: A Dangerous Choice.
Very Well Family. Diakses pada 2021. Baby Walkers Are Not Safe and Should be Banned.