28 December 2018

Pertolongan Pertama Mengatasi Keseleo pada Anak

Pertolongan Pertama Mengatasi Keseleo pada Anak

Halodoc, Jakarta - Anak-anak memang identik dengan sifatnya yang aktif. Ketika masa kanak-kanak, mereka senang berlari ke sana kemari dan mencoba sesuatu yang baru. Anak-anak juga senang berolahraga, seperti sepak bola, basket, dan bersepeda. Dikarenakan banyak kegiatan yang dilakukannya, anak-anak rentan terhadap cedera yang menyebabkan keseleo.

Keseleo atau terkilir memang cedera yang umum terjadi pada kebanyakan anak-anak. Selain itu, anak-anak juga kerap meniru aktivitas yang dilakukan oleh orang dewasa yang berada di sekitarnya. Karena belum paham akan bahaya dari kegiatan yang dilakukannya dan bagaimana cara melakukan gerakan yang benar, anak-anak kerap mengalami keseleo.

Baca Juga: Cara Mudah Atasi Kaki yang Keseleo

Peran dari orangtua sangat penting untuk mengatasi keseleo yang terjadi dan pengobatan pertama yang harus dilakukan. Hal yang paling awal harus dilakukan adalah membedakan antara keseleo dan cedera otot. Ketika seseorang terjatuh, kemungkinan yang terjadi adalah salah satu di antara hal tersebut. Jadi, sebelumnya orangtua harus memahami terlebih dahulu perbedaan keseleo dan cedera otot, supaya langkah pertolongan pertama tidak salah.

Perbedaan Keseleo dan Cedera Otot

Keseleo atau terkilir terjadi ketika penghubung antar tulang atau ligamen mengalami peregangan hingga robek. Bagian tubuh dari anak-anak yang kerap menjadi tempat terjadinya keseleo adalah mata kaki, pergelangan tangan, lutut, dan sikut.

Baca Juga: Bolehkah Membenarkan Keseleo di Tukang Pijat?

Lalu, cedera otot ketika terjadi robekan pada otot atau penghubung tulang dengan otot (tendon). Umumnya, cedera otot terjadi pada anak-anak karena penggunaan otot yang berlebihan. Selain itu, aktivitas pada anak yang berlebihan itu pun dapat menyebabkan terjadinya robekan pada tendon. Bagian tubuh yang kerap mengalami cedera otot adalah otot leher, paha, betis, dan punggung yang sering mengangkat beban terlalu berat.

Pertolongan Pertama untuk Anak yang Keseleo

Keseleo yang terjadi pada anak-anak akan menyebabkan rasa sakit secara langsung atau tidak langsung ketika cedera terjadi. Keseleo yang terjadi pada anak dapat menyebabkan memar apabila terjadi kerusakan pada pembuluh darah. Faktanya, keseleo mempunyai kemungkinan lebih besar untuk menyebabkan bengkak dibandingkan dengan cedera otot.

Baca Juga:  Perawatan Rumahan untuk Mengatasi Keseleo

Seorang anak yang mengalami keseleo akan terasa sakit jika disentuh dan warna kulitnya akan kemerahan jika dibandingkan warna kulit normalnya. Apabila cedera yang dialami anak sudah parah, anak mungkin saja akan mengalami demam hingga kejang-kejang. Maka dari itu, peran orangtua sangat penting untuk menangani hal tersebut.

Pertolongan pertama yang dapat dilakukan oleh orangtua untuk mengatasi keseleo pada anak setelah memastikan cedera tersebut keseleo bukan cedera otot, yaitu menerapkan metode RICE (Rest, Ice, Compress, and Elevation). Berikut penjelasannya:

1. Rest (Istirahat)

Hal yang pertama yang harus dilakukan oleh orangtua adalah mengistirahatkan anaknya untuk tetap berbaring dan kurangi lingkupnya untuk aktif. Selain itu, selalu jaga bagian yang keseleo agar tidak bergerak selama 24 hingga 48 jam.

2. Ice (Es)

Pada tahap ini, bersihkan bagian yang keseleo dengan es, lalu dibungkus dengan handuk. Kemudian, diamkan selama 15 hingga 20 menit. Gerakkan es yang dibungkus tadi pada bagian yang keseleo, 3 kali sehari saat 24 jam pertama keseleo terjadi. 

3. Compress (Tekanan)

Lakukan tekanan pada bagian yang keseleo dengan perban dan balutannya tidak terlalu kencang agar sirkulasi darah tidak terhambat. 

4. Elevation (Elevasi)

Letakkan bagian yang keseleo dengan bantal, agar posisinya di atas jantung. Dengan begitu, aliran darah yang ke bagian yang keseleo akan menjadi lebih lambat.

Kamu dapat mengoleskan krim pada otot yang keseleo, untuk meredakan rasa nyeri yang terjadi. Lalu, jika pembengkakan yang terjadi selama 2 hari, tidak berkurang dan menjadi lebih besar, ada baiknya langsung menemui dokter agar ditangani secara medis. Hal-hal di atas hanya untuk menjadi pertolongan pertama.

Itulah pertolongan pertama keseleo pada anak. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal keseleo, dokter dari Halodoc siap membantu. Komunikasi dengan dokter bisa dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Selain itu, kamu juga dapat membeli obat yang sedang dibutuhkan dan pesanan akan langsung diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download segera di Google Play atau App Store!