• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mudah Atasi Kaki yang Keseleo

Cara Mudah Atasi Kaki yang Keseleo

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta – Olahraga adalah suatu kebiasaan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Maka dari itu, setiap orang wajib melakukannya secara rutin agar dapat mencegah penyakit mudah menyerang. Walau begitu, terdapat beberapa risiko yang dapat terjadi ketika kamu berolahraga. Salah satunya adalah kaki yang mengalami keseleo.

Kondisi ini terjadi lantaran otot yang mengalami gangguan dan umumnya disebabkan oleh kesalahan melangkah saat berolahraga. Seseorang yang mengalami keseleo akan merasakan pembengkakan dan jika disentuh akan terasa sakit. Dengan itu, penting untuk mengetahui cara atasi kaki keseleo dengan cepat. Berikut bahasan lengkap tentang hal ini!

Baca juga: Begini Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Terkilir

Beberapa Cara Atasi Kaki Keseleo yang Ampuh

Tahukah kamu apabila terkilir dan keseleo adalah dua hal yang berbeda? Terkilir adalah gangguan yang terjadi karena robeknya serat-serat pada ligamen. Sobekan ini dapat terjadi pada sebagian kecil hingga seluruhnya. Perbedaannya dengan keseleo adalah gangguan ini terjadi karena cedera yang disebabkan peregangan pada otot yang melebihi kapasitasnya.

Gangguan ini memang sangat identik dengan pergelangan kaki dan lutut karena harus menopang berat tubuh. Seseorang yang kakinya mengalami keseleo akan timbul pembengkakan dan sakit ketika disentuh. Semakin besar bengkak dan nyeri yang terjadi, maka cedera yang dialami semakin parah. Maka dari itu, penting untuk mencari cara untuk atasi keseleo agar dapat beraktivitas kembali.

Memang, gangguan pada otot ini umumnya tidak memerlukan perhatian medis khusus. Kamu hanya cukup mengistirahatkan otot dan memberikan waktu agar area yang membengkak untuk dapat pulih. Selain itu, beberapa perawatan di rumah dapat dilakukan untuk mempercepat penyembuhan otot. Salah satu cara yang paling efektif untuk menurunkan otot tegang adalah dengan teknik RICE. Berikut penerapannya:

  • (R)est: Istirahatkan otot-otot yang mengalami luka dengan memberikan waktu pada tubuh untuk dapat memperbaiki dirinya sendiri.

  • (I)ce: Cobalah untuk mengompres es yang ditutup dengan kain ke otot yang rusak selama 10 hingga 15 menit agar dapat membantu pembengkakan dan peradangan lebih cepat pulih.

  • (C)ompress: Kamu juga dapat menggunakan perban kompresi agar dapat mengurangi pembengkakan yang terjadi. Seseorang yang mengalami keseleo dapat menggunakan perban kain untuk membungkus kaki, pergelangan kaki, dan area lainnya yang bengkak.

  • (E)levation: Mengangkat bagian yang terluka agar dapat membantu tubuh untuk mengurangi pembengkakan dan memungkinkan cairan mengalir kembali ke jantung.

Baca juga: Begini Cara Mengobati Bengkak Akibat Keseleo

Selain metode tersebut, kamu juga dapat mengonsumsi obat untuk mengendalikan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan atau peradangan yang menyakitkan tersebut. Obat antiinflamasi nonsteroid, seperti ibuprofen dan naproxen, dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan yang timbul. Walau begitu, kamu tetap harus hati-hati saat mengonsumsinya.

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait cara atasi kaki yang keseleo. Komunikasi dapat dengan mudah dilakukan kapan dan di mana saja. Ayo, download aplikasinya sekarang juga di App Store atau Google Play

Alternatif lainnya yang dapat dilakukan untuk meredakan rasa nyeri karena keseleo adalah dengan mengoleskan krim atau gel untuk pereda nyeri. Lakukan olesan tersebut sambil memijatnya dengan lembut agar bengkak lebih mudah diatasi. Selain itu, hindari aktivitas yang berat agar tidak memberi beban lebih pada kaki untuk tidak terlalu lama menopang tubuh.

Baca juga: 5 Alasan Penyebab Kaki Bengkak

Ituah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk atasi kaki keseleo. Dengan mengetahui hal ini, kamu dapat lebih mudah mengatasinya karena sudah tahu langkah yang tepat untuk dilakukan. Kamu juga harus memperhatikan jalur olahragamu apabila terbiasa untuk berlari di sekeliling komplek agar menurunkan risiko terjadinya keseleo.

 

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. What to know about muscle strain
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Sprained ankle