Perut Sakit Saat Berbuka Puasa, Tanda Salah Makan?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
perut-sakit-saat-berbuka-puasa-tanda-salah-makan-halodoc

Halodoc, Jakarta – Setelah tidak makan dan minum hampir lebih dari 12 jam, buka puasa adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu. Mungkin kamu sudah membayangkan berbagai macam makanan favorit yang enak yang ingin kamu santap nanti waktu berbuka puasa. Eits, tapi tunggu dulu.

Salah pilih makan atau makan sembarangan malah bisa menyebabkan perut sakit setelah berbuka puasa, lho. Kira-kira makanan apa saja yang bisa bikin sakit perut setelah berbuka puasa? Yuk, cari tahu di sini.

Makanan yang Sebaiknya Dihindari

Merasa sangat lapar setelah hampir seharian berpuasa memang adalah hal yang normal. Namun, bukan berarti kamu bebas melahap makanan apa saja yang kamu sukai saat berbuka puasa. Pasalnya, ada beberapa jenis makanan tertentu yang bila dikonsumsi saat berbuka puasa, bisa membuat perut kamu yang dalam keadaan kosong menjadi kaget, sehingga menyebabkan kamu mengalami sakit perut. Karena itu, sebaiknya hindari jenis makanan berikut saat berbuka puasa:

1. Makanan yang Terlalu Asam

Kalau tiba-tiba perut kamu sakit setelah berbuka puasa, coba ingat lagi jenis makanan apa yang kamu konsumsi tadi. Sakit perut yang kamu alami mungkin saja disebabkan, karena sajian buka puasa yang terlalu asam, sehingga memicu refluks asam lambung.

Apalagi bila kamu memiliki penyakit maag, makanan asam saat berbuka puasa sangat berpotensi memicu penyakit maag kamu kambuh. Karena itu, hindarilah berbagai macam makanan asam dan mengandung gas, seperti jeruk (jeruk nipis atau lemon), kol, brokoli, bawang bombai, dan tomat saat berbuka puasa.

Baca juga: Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Maag

2. Makanan Pedas

Makanan pedas memang terasa lebih enak untuk dinikmati dan bisa meningkatkan nafsu makan. Enggak heran bila ada banyak orang yang gemar menyantap makanan pedas. Namun ternyata, bahan kimia bernama capsaicin yang terdapat pada cabai ternyata bisa membuat kamu merasakan sensasi panas atau terbakar saat mengonsumsinya. Itulah mengapa makanan yang pedas bukan pilihan yang tepat untuk berbuka puasa. Ini karena kandungan capsaicin pada cabai bisa mengiritasi lambung kamu.

Jadi, bila kamu enggak mau mengalami sakit perut setelah berbuka puasa, sebaiknya jangan makan-makanan yang terlalu pedas ya.

Baca juga: 6 Bahaya Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Pedas

3. Gorengan

Siapa yang tidak suka gorengan. Gorengan juga merupakan salah satu makanan yang menjadi favorit banyak orang untuk berbuka puasa. Namun, buka puasa dengan gorengan bisa memicu asam lambung kamu naik, sehingga membuat perut menjadi sakit. Ini karena gorengan mengandung kadar lemak yang tinggi akibat proses pengolahannya yang menggunakan banyak minyak. Apalagi bila minyak yang digunakan berkualitas buruk. Makan gorengan mungkin saja menjadi penyebab di balik sakit perut saat berbuka puasa.

4. Minuman Berkafein

Mengawali buka puasa dengan minum secangkir teh manis hangat memang terasa sangat nikmat. Namun, kebanyakan minum teh juga bisa menyebabkan perut sakit saat berbuka puasa.

Kandungan kafein yang terdapat dalam teh maupun kopi bisa mengiritasi lambung. Ini karena kafein merangsang usus untuk bergerak lebih cepat saat mencerna makanan. Akibatnya, perut jadi sakit, bahkan bisa menyebabkan diare.

Baca juga: Kandungan Kopi yang Berbahaya Bagi Orang Berpuasa

5. Minuman Bersoda

Segelas minuman bersoda yang dingin juga terlihat menggiurkan untuk berbuka puasa. Namun ingat, minuman bersoda mengandung kadar gas karbondioksida yang tinggi, sehingga bisa membuat perut menjadi kembung dan sakit. Saat kamu menenggak minum bersoda, maka menelan gas dalam jumlah yang banyak. Selain itu, bukannya menghilangkan dahaga, minuman bersoda justru malah bisa membuat kamu mengalami dehidrasi. Jadi, sebaiknya hindari minum minuman bersoda saat berbuka puasa.

Nah, itulah beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa menjadi penyebab perut sakit yang kamu alami saat berbuka puasa. Kalau kamu ingin membeli obat sakit perut, gunakan fitur Buy Medicine di aplikasi Halodoc saja, dan pesananmu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.