23 April 2018

Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Maag

Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Maag

Halodoc, Jakarta – Maag adalah penyakit umum yang sering dialami oleh banyak orang Indonesia, terutama para wanita.  Kalau sudah terserang penyakit ini, aktivitas pun pasti jadi terganggu, karena perut terasa tidak nyaman. Enggak hanya disebabkan karena pola makan yang tidak teratur, tapi mengonsumsi beberapa makanan berikut juga bisa memicu timbulnya penyakit maag, lho.

Sakit maag atau dispepsia adalah gangguan lambung yang membuat perut bagian atas terasa tidak nyaman. Biasanya, penyakit ini menimbulkan gejala-gejala seperti sering bersendawa, kehilangan nafsu makan, mual, perut begah atau terasa penuh, perut kembung, dan perut bagian atas terasa perih. Penyakit maag bisa dipicu karena beberapa hal, seperti mengidap penyakit tertentu, mengonsumsi obat tertentu, dan kebiasaan makan terlalu cepat atau terlalu banyak. Namun selain itu, pola makan yang tidak sehat, seperti mengonsumsi makanan pedas, berminyak dan berlemak, serta minum minuman beralkohol, bersoda, dan berkafein juga bisa menyebabkan sakit maag.

Nah, karena salah satu penyebab penyakit maag adalah makanan, jadi kamu dianjurkan untuk menjaga pola makan agar penyakit maag tidak mudah kambuh. Berikut beberapa makanan yang sebaiknya dihindari pengidap maag:

1. Makanan Asam

Sering mengonsumsi makanan yang rasanya sangat asam juga bisa menyebabkan masalah pencernaan. Jadi, buat kamu yang punya sakit maag, sebaiknya hindarilah makanan yang rasanya asam. Buah-buahan yang memiliki tingkat keasaman yang tinggi seperti buah jeruk, lemon, dan limau juga sebaiknya dihindari.

2. Buah dan Sayur yang Menghasilkan Gas

Tahukah kamu, ada beberapa jenis buah dan sayur yang bisa memicu tubuh menghasilkan banyak gas setelah dikonsumsi, antara lain sawi, kol atau kubis, kacang-kacangan, nangka, pisang ambon, kedondong, dan berbagai jenis buah yang dikeringkan. Nah, pengidap penyakit maag sebaiknya menghindari jenis buah dan sayur tersebut.

3. Makanan Pedas

Sebagian besar orang Indonesia sangat suka makan makanan pedas. Namun, jenis makanan ini bisa berbahaya untuk pengidap maag. Apalagi bila kamu sering mengonsumsi makanan pedas dengan jumlah cabai yang sangat banyak. Akibatnya, lambungmu bisa terluka dan terasa perih.  

4. Makanan yang Terbuat dari Susu

Susu mengandung laktosa yang sulit dicerna oleh tubuh. Ketika laktosa tidak tercerna baik di dalam tubuh, perut akan menjadi kembung dan menghasilkan gas. Tidak hanya itu, kamu pun bisa mengalami diare. Bahkan, ada beberapa orang yang alergi terhadap susu. Namun, kamu juga tidak dianjurkan untuk menjauhi susu sepenuhnya, karena susu mengandung kalsium yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan dan perkembangan tulang. Bila kamu tidak memenuhi asupan kalsium yang cukup, kamu berisiko mengalami osteoporosis.

5. Beberapa Jenis Karbohidrat

Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat juga dipercaya tidak baik untuk lambung pengidap maag, seperti mie, bihun, ketan, pasta, jagung, ubi, singkong, dan talas.

6. Makanan Berlemak dan Digoreng

Memang masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan adanya pengaruh makanan berlemak terhadap sakit maag. Namun, mengonsumsi makanan berlemak nyatanya dapat memperlambat otot-otot pencernaan, sehingga pengosongan lambung berjalan lambat dan bisa menyebabkan konstipasi atau sembelit. Sedangkan, makanan yang digoreng butuh waktu lebih lama untuk dicerna, rendah serat, dan bisa membuatmu kembung.

Pengidap maag dianjurkan untuk mengonsumsi makanan lainnya yang lebih sehat, bertekstur lembut dan ramah untuk lambung (Baca juga: Sembuhkan Asam Lambung dengan 5 Makanan Ini). Selain itu, kamu yang punya sakit maag juga disarankan untuk makan sedikit, tapi sering dan usahakan untuk mengunyah makanan pelan-pelan. Nah, kalau sakit maag tiba-tiba saja kambuh, beli saja produk kesehatan yang kamu butuhkan lewat aplikasi Halodoc. Pesananmu akan diantar dalam waktu kurang dari satu jam. Jadi, tunggu apa lagi? Download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.