Pola Makan Sehat untuk Mencegah Varises Esofagus

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Pola Makan Sehat untuk Mencegah Varises Esofagus

Halodoc, Jakarta – Varises esophagus adalah pembengkakan pembuluh darah yang abnormal pada esophagus. Biasanya, kondisi ini terjadi akibat adanya hipertensi portal. Kondisi ini meningkatkan tekanan pada pembuluh darah yang berfungsi mengalirkan darah dari sistem pencernaan menuju ke hati. Pembuluh darah ini dikenal juga dengan pembuluh vena porta.

Adanya penyumbatan pada aliran darah akan meningkatkan tekanan darah pada vena porta. Hal ini menyebabkan terbendungnya aliran darah menuju vena porta salah satunya pada bagian esophagus. Kondisi ini yang menyebabkan varises atau pembengkakan pada esophagus.

Ada beberapa gejala yang bisa dialami ketika seseorang mengalami varises esophagus, seperti muntah, adanya darah dalam jumlah banyak yang keluar bersama dengan muntah, warna feses berwarna gelap dan berdarah, pusing yang berlebihan terkadang sampai mengakibatkan seseorang kehilangan kesadaran, munculnya gejala penyakit hati seperti mata dan kulit yang menguning, muncul memar pada permukaan kulit dan menumpuknya cairan pada bagian perut.

Baca juga: Kebiasaan yang Ternyata Menjadi Pemicu Terkena Varises Esofagus

Ada banyak faktor yang meningkatkan seseorang mengalami varises esofagus. Seseorang yang aktif mengonsumsi alkohol dan pengidap sirosis memiliki risiko lebih besar mengalami kondisi varises esophagus. Selain itu, penyumbatan darah pada vena porta dapat menyebabkan seseorang mengalami varises esophagus. Ada cara yang bisa digunakan untuk mengetahui kondisi varises esophagus ini:

1. Endoskopi

Melalui endoskopi dokter melihat kondisi esophagus. Selain itu, dokter dapat memastikan ada atau tidaknya perdarahan pada varises.

2. Endoskopi Kapsul

Cara ini memiliki tujuan yang sama dengan endoskopi. Hanya saja, proses dan alatnya yang berbeda yaitu dengan kapsul nirkabel yang memiliki kamera.

3. USG/MRI

Tes pencitraan ini dilakukan pada vena porta untuk melihat kondisi esophagus.

4. Tes Darah

Tes ini digunakan untuk mengukur kadar sel darah merah dan memeriksa fungsi hati serta ginjal.

Tentu dengan menjaga kesehatan organ tubuh khususnya hati, kamu bisa terhindar dari penyakit varises esophagus. Lakukan pola makan sehat agar kamu bisa memiliki hati yang sehat dan terhindar dari varises esophagus:

1. Konsumsi Sayuran

Sayuran hijau seperti kale atau brokoli bisa menjaga hati kamu tetap sehat. Kandungan sulfur dalam sayuran hijau mampu mengurangi dan merawat hati dari racun-racun yang ada pada tubuh.

2. Hindari Alkohol

Setelah dikonsumsi, alkohol akan masuk dalam aliran darah. Alkohol ini dicerna oleh hati agar tidak membahayakan organ yang lain. Namun pada saat mencerna alkohol menyebabkan sebagian sel hati rusak dan mati.

3. Jauhi Makanan Berlemak

Banyak mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi juga bisa menyebabkan seseorang mengalami varises esophagus. Makanan berlemak tinggi bisa membuat kadar lemak dalam tubuh tidak stabil.

Kadar lemak terlalu tinggi dalam tubuh bisa merusak hati yang menyebabkan varises esophagus. Selain itu, makanan berlemak tinggi juga menyebabkan seseorang mengalami kenaikan berat badan. Berat badan yang ideal juga menurunkan risiko varises esophagus.

Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya lebih banyak mengenai varises esophagus pada dokter. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: 5 Cara Mencegah Varises Esofagus yang Perlu Diketahui