01 December 2018

5 Cara Mencegah Varises Esofagus yang Perlu Diketahui

5 cara mencegah varises esofagus yang perlu diketahui

Halodoc, Jakarta – Varises atau pembengkakan pembuluh darah vena enggak hanya bisa terjadi di betis kaki, tapi juga pada kerongkongan. Pembesaran abnormal yang terjadi pada esofagus atau kerongkongan ini disebut juga dengan varises esofagus. Kondisi ini paling sering terjadi pada orang yang mengidap penyakit hati. Varises esofagus memang merupakan penyakit serius yang bisa berakibat fatal. Namun demikian, beberapa jenis obat-obatan dan perubahan gaya hidup dapat mencegah varises esofagus terjadi.

Apa Itu Varises Esofagus?

Varises esofagus adalah pembesaran abnormal pada pembuluh darah vena yang terletak di esofagus, yaitu tabung yang menghubungkan kerongkongan dengan lambung. Kondisi ini terjadi akibat meningkatnya tekanan di dalam vena porta (hipertensi portal).

Vena porta sendiri adalah pembuluh darah yang berfungsi untuk mengalirkan darah dari organ sistem pencernaan (lambung, limfa, esofagus, usus, dan pankreas) ke hati. Bila aliran darah ke hati terhambat, maka tekanan darah di vena porta akan meningkat. Akibatnya, aliran darah akan terbendung di esofagus sebelum masuk ke vena porta. Kondisi inilah yang menyebabkan timbulnya varises di esofagus yang bisa sangat berbahaya bila pecah.   

Penyebab Varises Esofagus

Ada beberapa faktor yang bisa memicu terjadinya hipertensi portal, yaitu tekanan darah yang tinggi di vena porta. Faktor-faktor tersebut, antara lain sirosis atau terbentuknya jaringan parut di hati. Sirosis sendiri bisa disebabkan oleh hepatitis, timbunan lemak di hati, kebiasaan mengonsumsi alkohol, ataupun gangguan saluran empedu.

Selain sirosis, faktor lainnya yang bisa menyebabkan hipertensi portal adalah trombosis  (gumpalan darah) di vena porta atau infeksi parasit skistosomiasis yang bisa menyebabkan kerusakan bagi organ hati, usus, kandung kemih, dan paru-paru. Sementara hipertensi portal yang tidak diketahui penyebabnya disebut juga dengan hipertensi portal idiopatik.

Cara Mencegah Varises Esofagus

Sayangnya, varises esofagus merupakan penyakit yang tidak bisa dicegah, terutama pada pengidap sirosis. Meski demikian, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan organ hati, sehingga kamu bisa terhindar dari penyakit hati yang merupakan pemicu terjadinya varises esofagus.

1. Menerapkan Pola Makan Sehat

Perbanyaklah mengonsumsi makanan yang sehat, seperti buah-buahan dan sayuran. Pilihlah gandum utuh dan sumber protein tanpa lemak. Selain itu, kurangi mengonsumsi makanan berlemak dan gorengan.

2. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Menjaga berat badan agar tetap ideal juga sangat penting agar kadar lemak di dalam tubuh tidak berlebihan sehingga penyakit hati bisa dicegah. Kamu yang mengalami obesitas juga disarankan untuk mengurangi berat badan. Pasalnya, obesitas diduga bisa meningkatkan risiko terjadinya sirosis. Kamu bisa menjaga berat badan tetap ideal dengan menerapkan asupan makan seimbang dan bergizi serta rutin berolahraga.

3. Berhenti Mengonsumsi Alkohol

Pengidap penyakit hati sebaiknya berhenti mengonsumsi alkohol. Hal ini karena meminum alkohol bisa membuat hati yang sudah dalam kondisi tidak baik terpaksa bekerja lebih keras.

4. Hati-hati Ketika Menggunakan Zat Kimia

Bila ingin menggunakan zat kimia untuk rumah tangga, seperti pembersih dan obat pembunuh serangga, sebaiknya ikuti petunjuk yang biasanya tertera pada kemasan. Begitu juga dengan kamu yang bekerja di lingkungan yang dekat dengan zat kimia, lindungi diri dengan perlengkapan yang sudah disediakan dan ikuti petunjuk keamanan. Hal ini bertujuan agar jumlah racun yang masuk ke dalam tubuh bisa dibatasi, sehingga hati tidak perlu bekerja keras untuk memproses racun.

5. Kurangi Risiko Hepatitis

Hindari faktor-faktor yang bisa meningkatkan risiko terkena hepatitis B dan hepatitis C, seperti penggunaan obat-obatan terlarang dengan jarum suntik dan melakukan seks bebas. Tanyakan juga kepada dokter apakah kamu perlu mendapatkan vaksinasi hepatitis B dan C.

Nah, itulah beberapa cara mencegah varises esofagus yang bisa kamu lakukan. Kamu juga bisa meminta saran untuk menjaga kesehatan organ hati dari dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Hubungi dokter Halodoc melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: