Popcorn Tanpa Mentega untuk Camilan Sehat di Kantor

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Popcorn Tanpa Mentega untuk Camilan Sehat di Kantor

Halodoc, Jakarta - Jam kerja yang cukup panjang dapat membuat para pekerja kantor jenuh. Jika sudah jenuh, obatnya tentu ngemil! Namun hati-hati, jika tidak cermat memilih camilan, bisa-bisa ukuran celana bertambah terus. Nah, salah satu pilihan camilan sehat yang bisa dikonsumsi saat jenuh di kantor adalah popcorn tanpa mentega. Namun, apakah camilan ini benar-benar sehat? Jika iya, berapakah kalori popcorn?

Secara keseluruhan popcorn tergolong makanan yang bebas gluten dan 100 persen biji-bijian. Popcorn juga merupakan camilan yang kaya akan serat dan secara alami bersifat bebas gula dan garam. Jadi, dapat dikatakan bahwa popcorn merupakan makanan ringan yang sehat, terutama jika diproses secara benar atau tanpa tambahan mentega.

Baca juga: 6 Camilan Pengganjal Perut Saat di Bandara

Jika disajikan tanpa tambahan mentega ataupun minyak, kalori popcorn dalam setiap gelasnya hanyalah 30. Indeks glikemik popcorn seperti ini juga cenderung rendah, yaitu hanya sebesar 55. Selain itu popcorn juga mengandung nutrisi yang berguna bagi tubuh seperti folat, niasin, riboflavin, thiamin, besi, serat, vitamin B6, A, E, dan K. 

Popcorn juga memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat menurunkan risiko kanker dan penyakit kardiovaskular. Oleh karena itu, popcorn tanpa mentega merupakan camilan sehat yang bisa menjadi pilihan saat suntuk di kantor.

Tidak terlalu suka popcorn? Tenang, kamu bisa diskusikan lebih lanjut pilihan camilan sehat apa saja yang bisa kamu pilih, dengan dokter gizi di aplikasi Halodoc. Lewat fitur Talk to a Doctor, kamu bisa obrolkan langsung gejalamu melalui Chat atau Voice/Video Call.

Baca juga: Kenapa Makanan Sehat Kadang Enggak Enak?

Tips Sajikan Popcorn Sehat sebagai Camilan

Ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti, untuk membuat popcorn sehat sebagai camilan kala suntuk di kantor, yaitu:

  • Gunakan mesin khusus pembuat popcorn bertenaga uap. Dengan cara ini popcorn tidak akan mengandung lemak, garam, dan gula tambahan.

  • Gunakan minyak yang sehat. Jika ingin memakai minyak, gunakan minyak yang baik bagi kesehatan. Minyak kelapa merupakan salah satu pilihan yang baik bagi tubuh, selain itu minyak ini juga menambah rasa dan aroma bagi popcorn.

  • Pilihlah produk organik. Biji jagung organik akan bebas dari pestisida dan residu beracun lainnya.

  • Gunakan topping yang sehat. Kamu tidak harus selalu menggunakan mentega sebagai pelengkap popcorn. Cobalah bereksperimen dengan topping lain seperti lada, serbuk coklat, atau bahkan bubuk kayu manis.

  • Tambahkan sayuran. Sayur dan popcorn? Kombinasi yang mungkin terdengar aneh, tetapi kamu dapat mencoba memanggang sayuran seperti daun kale, bayam, atau sayuran hijau lainnya hingga garing. Setelah itu, hancurkan sayur tersebut hingga menjadi bubuk, lalu taburkan di atas popcorn.

  • Perhatikan porsi makan. Walau popcorn termasuk dalam makanan rendah kalori, kamu tetap harus menjaga porsinya. Cobalah untuk menakar popcorn ke dalam mangkuk kecil sebelum mengonsumsinya untuk membatasi jumlah yang akan kamu makan.

Pilihan Camilan Lain yang Tak Kalah Sehat

Selain popcorn sehat tanpa mentega, ada beberapa jenis camilan sehat yang juga bisa menjadi alternatif, bagi kamu yang suka ngemil di kantor. Berikut beberapa di antaranya:

1. Buah Kering

Tersedia dalam kemasan siap santap, buah kering bisa menjadi pilihan camilan yang selalu ada di meja kerja kamu. Selain manis dan praktis, buah kering mengandung serat yang tinggi. Jika kamu memilih buah kurma atau aprikot kering, keduanya juga bisa menambah asupan lemak baik bagi tubuh.

Baca juga: 6 Rekomendasi Camilan untuk yang Sedang Diet

2. Granola Bar

Granola bar merupakan salah satu pilihan camilan menyehatkan yang juga bisa menunda lapar lebih lama. Terlebih, kamu bisa dengan mudah menemukan camilan ini di rak-rak supermarket dekat rumah atau kantor.

3. Yoghurt

Ingin ngemil tapi khawatir berat badan bertambah? Yoghurt bisa menjadi solusinya. Produk olahan susu ini tinggi akan kalsium, protein, dan probiotik yang baik untuk pencernaan. Selain itu, yoghurt juga kaya serat yang membantu kamu menunda lapar. Kini yoghurt juga mudah ditemukan dalam bentuk kemasan kecil siap santap dengan berbagai rasa buah yang menggugah selera.

4. Dark Chocolate

Mengonsumsi dark chocolate bisa bantu kamu mengembalikan energi yang terkuras, karena kandungan theobromine di dalamnya. Dark chocolate juga kaya akan magnesium yang bisa mengurangi stres, serta memperbaiki mood yang kacau setelah seharian bekerja. 

Referensi:

American Heart Association (Diakses pada 2019). Popcorn as a snack: Healthy hit or dietary horror show?

Healthline (Diakses pada 2019). Popcorn Nutrition Facts: A Healthy, Low-Calorie Snack?

Verywell Fit (Diakses pada 2019). Healthy Office Snacks to Help Keep Your Diet On Track