27 April 2018

6 Rekomendasi Camilan untuk yang Sedang Diet

6 Rekomendasi Camilan untuk yang Sedang Diet

Halodoc, Jakarta – Sedang diet bukan berarti kamu enggak boleh mengonsumsi camilan sama sekali. Yang perlu diperhatikan adalah pemilihan camilan yang tepat saat diet. Nah, inilah beberapa jenis rekomendasi camilan yang bisa kamu pilih saat sedang diet!

  1. Potongan Buah

Buah adalah rekomendasi camilan untuk diet yang sehat. Tapi tidak semua buah disarankan untuk dijadikan camilan saat sedang diet. Beberapa buah pilihan yang enak, sehat dan mengenyangkan untuk dimakan adalah pisang, apel, jeruk dan jeruk bali. Supaya lebih menarik, kamu bisa mencampurkan beberapa buah pilihan ini dan menempatkannya dalam sebuah wadah.  

  1. Biskuit Asin

Kamu juga bisa menjadikan biskuit asin sebagai pilihan lain rekomendasi camilan untuk diet. Jangan makan yang bergula karena hanya akan menambah kalori dalam asupan makan kamu. Supaya camilan diet lebih berasa, kamu bisa mengonsumsi biskuit asin dengan teh hijau. Selain sehat, teh hijau memberikan efek mengenyangkan. (Baca juga: Kunci Menjalani Diet Sehat yang Perlu Diketahui)

  1. Mentimun dan Hummus

Kombinasi irisan timun dan hummus bisa jadi camilan untuk diet yang sehat dan mengenyangkan. Mentimun kaya akan vitamin E dan anti kanker. Sedangkan hummus dapat mengurangi peradangan dan menyehatkan jantung. Kamu bisa membuat hummus dari bahan-bahan berikut ini kacang kedelai yang dihaluskan, bawang putih, olive oil, wijen dan kelengkapan lainnya.

  1. Air Kelapa

Camilan tidak hanya sesuatu yang dimakan saja tetapi juga sesuatu yang diminum dan mengenyangkan. Salah satu rekomendasi camilan untuk diet yang memberikan efek menyehatkan adalah air kelapa. Beberapa kandungan air kelapa yang dapat membantu menurunkan berat badan adalah vitamin B, C, enzim, asam amino dan elektrolit yang sangat memengaruhi sistem kerja metabolisme pada tubuh.

Waktu yang pas untuk menjadikan air kelapa sebagai camilan adalah siang hari, beberapa jam setelah makan siang. Selain melunturkan lemak dari makan siang tadi, minum air kelapa di jam pertengahan siang ke sore akan membuat perut terisi sehingga kamu enggak keroncongan sampai waktu makan malam tiba.

  1. Kacang

Beberapa pilihan kacang yang tepat justru akan menyelamatkan kamu dari rasa lapar yang sangat menggoda untuk membatalkan diet. Kacang pistachio, macadamia, hazelnut, almond dan kenari. Kacang mengandung vitamin E, asam folat, protein, magnesium yang kaya nutrisi dan baik untuk kesehatan.

  1. Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu rekomendasi camilan untuk diet yang paling pas dimakan sebelum makan siang tiba. Semangkok kecil atau sedang oatmeal akan memberikan efek kenyang nan menyehatkan buat kamu yang sedang menjalani diet. Menurut penelitian dari The American Journal of Clinical Nutrition, orang-orang yang mengganti makanannya dengan oatmel cenderung lebih cepat menurunkan berat badan dan mengecilkan lingkar pinggang ketimbang mereka yang tidak. Manfaat lainnya yang melancarkan pencernaan membuat oatmeal baik dimakan bagi yang sedang diet.

Sebenarnya salah satu kunci agar dietmu sukses adalah menjaga pola makan agar teratur dan tidak makan melampaui porsi yang sudah ditetapkan. Pada awalnya perut sedikit keroncongan, makanya sesekali kamu butuh camilan sehat. Tapi seiring dengan berjalannya waktu dan terbiasa, kamu tidak akan merasakan lapar mendadak lagi.

Kalau kamu punya pertanyaan lebih lanjut mengenai camilan sehat atau problem mengenai diet nutrisi, tanyakan saja langsung di Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.