Ketahui Prosedur Gamma Knife Radiosurgery untuk Mengatasi Trigeminal Neuralgia

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
ketahui prosedur gamma knife radiosurgery untuk mengatasi trigeminal neuralgia

Halodoc, Jakarta – Trigeminal neuralgia merupakan penyakit yang biasa terjadi pada wanita berusia 50 tahun ke atas. Penyakit ini menimbulkan rasa nyeri kronis pada wajah akibat adanya gangguan pada saraf trigeminal, yaitu saraf kelima dari 12 pasang saraf yang berasal dari otak. Saraf ini terletak di setiap sisi wajah, sehingga pengidapnya bisa merasakan berbagai sensasi pada wajah.

Rasa nyeri akibat trigeminal neuralgia sangat menyiksa sampai bisa membuat pengidapnya kesulitan menjalani kegiatan sehari-hari. Tapi, penyakit ini bisa dikendalikan dengan berbagai macam pengobatan. Salah satunya adalah dengan melakukan prosedur gamma knife radiosurgery. Simak penjelasannya lebih lanjut di sini.

Sebagian besar rasa nyeri trigeminal neuralgia terjadi pada salah satu sisi wajah pengidap, terutama pada wajah bagian bawah. Rasa nyeri yang muncul seringkali disertai dengan sensasi, seperti ditusuk-tusuk atau tersengat listrik, yang bisa berlangsung mulai dari beberapa detik hingga sekitar dua menit.

Pengidap juga bisa mengalami serangan rasa nyeri secara teratur selama beberapa hari hingga beberapa bulan. Bahkan, pada kasus trigeminal neuralgia yang parah, rasa nyeri bisa muncul ratusan kali dalam satu hari. Itulah mengapa penyakit ini sangat menyulitkan dan mengganggu kualitas hidup pengidapnya.

Baca juga: Waspada, Trigeminal Neuralgia Biasa Menyerang 8 Area Wajah Ini

Penyebab Trigeminal Neuralgia

Penyebab utama trigeminal neuralgia adalah terganggunya fungsi saraf trigeminal. Kondisi tersebut bisa terjadi diduga akibat saraf trigeminal tertekan oleh pembuluh darah di sekitarnya. Tekanan tersebut lah yang akhirnya menimbulkan gangguan fungsi pada saraf trigeminal.

Pada beberapa kasus, trigeminal neuralgia juga bisa disebabkan oleh kelainan pada otak akibat luka atau cedera, stroke, tumor, atau pembesaran pembuluh darah yang menekan saraf trigeminal, efek dari prosedur pembedahan, ataupun trauma yang dialami wajah.

Penyebab trigeminal neuralgia lainnya adalah kelainan yang menyebabkan rusaknya selaput pelindung saraf bernama mielin. Kondisi ini bisa terjadi akibat penyakit, seperti multiple sclerosis atau karena proses penuaan.

Baca juga: Wajah Bengkak, Ini 6 Penyebabnya

Pengobatan Trigeminal Neuralgia

Setelah pengidap dipastikan mengalami trigeminal neuralgia, dokter akan memberikan pengobatan yang sesuai dengan kondisi dan penyebabnya. Pengobatan ini bertujuan untuk mengendalikan rasa nyeri yang dialami pengidap. Selain itu, pengidap juga dianjurkan untuk sebisa mungkin menghindari pemicu timbulnya serangan nyeri, agar nyeri tidak bertambah parah.

Pengobatan trigeminal neuralgia dimulai dengan memberikan obat-obatan yang dapat mengurangi atau menghalangi sinyal rasa nyeri yang dikirim ke otak. Obat-obatan tersebut, antara lain:

  • Antikonvulsan

Contoh obat antikonvulsan adalah carbamazepine, oxcarbazepine, lamotrigine, phenytoin, clonazepam, ataupun gabapentin. Obat antikonvulsan sebenarnya merupakan obat untuk penyakit epilepsi. Tapi, obat ini juga berguna mengatasi rasa nyeri trigeminal neuralgia dengan cara memperlambat impuls saraf, sehingga saraf tidak mampu mengirimkan rasa nyeri ke otak. Obat ini perlu dikonsumsi sampai rasa nyeri mulai mereda atau membaik. Tapi, bila rasa nyeri masih sering muncul, maka dosis obat ini dapat ditingkatkan.

  • Suntikan Botulinum Toxin atau Botox

Bila obat-obatan tidak mampu mengurangi rasa sakit trigeminal neuralgia, maka pemberian suntikan botox diduga bisa menjadi metode yang efektif untuk mengatasi rasa sakit tersebut. Tapi, metode ini masih perlu diuji kembali.

  • Obat Antispasmodik

Ini adalah jenis obat yang bisa melemaskan otot dan dapat dikonsumsi bersama dengan carbamazepine. Contoh obat antispasmodik adalah baclofen. Efek samping yang dapat muncul akibat obat ini adalah mual, kelelahan dan linglung.

Prosedur Gamma Knife Radiosurgery untuk Mengobati Trigeminal Neuralgia

Bila rasa nyeri trigeminal neuralgia tidak kunjung membaik setelah mengonsumsi obat-obatan tersebut secara rutin, maka metode lainnya yang akan dianjurkan dokter untuk mengatasi kondisi ini adalah operasi. Salah satu pilihan prosedur operasi untuk trigeminal neuralgia adalah bedah radiasi pisau gamma (gamma knife radiosurgery).

Prosedur ini dilakukan dengan cara memaparkan radiasi dalam dosis tertentu ke akar saraf trigeminal untuk merusaknya, sehingga rasa sakit bisa berkurang. Prosedur ini bisa diulang kembali bila rasa nyeri muncul lagi.

Baca juga: Cara Pencegahan Trigeminal Neuralgia yang Perlu Dipahami

Itulah sedikit penjelasan mengenai prosedur bedah radiasi pisau gamma untuk menangani trigeminal neuralgia. Sebaiknya kamu diskusikan dengan dokter mengenai pengobatan mana yang tepat untuk mengatasi penyakit trigeminal neuralgia yang kamu alami. Kamu juga bisa bertanya kepada dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.