09 May 2019

Puasa Bisa Turunkan Tekanan Darah, Benarkah?

Puasa Bisa Turunkan Tekanan Darah, Benarkah?

Halodoc, Jakarta - Puasa adalah suatu hal yang wajib dilakukan oleh setiap muslim ketika memasuki bulan Ramadan. Satu bulan penuh tubuh harus menahan haus dan lapar dari sebelum matahari terbit hingga matahari terbenam. Selain itu, berpuasa dapat memberi dampak baik pada tubuh yang melakukannya, salah satunya adalah menurunkan tekanan darah.

Tekanan darah adalah sebuah tekanan yang terjadi pada pembuluh darah kamu. Dengan jumlah darah yang normal, jantung yang sehat, dan pembuluh darah yang sehat, tubuh kamu akan mengalami tekanan darah yang normal. Tekanan darah yang sedikit meningkat jarang memberikan suatu gejala yang jelas. Namun, tekanan darah yang sangat tinggi dapat menyebabkan sakit kepala, kelelahan, dan mual yang parah.

Tekanan darah tinggi adalah hasil dari peningkatan jumlah cairan dan garam di dalam darah, serta dinding pembuluh menjadi lebih tebal dan keras dibanding biasanya. Tekanan darah tinggi seringnya tidak diketahui pada seseorang yang mengidapnya. Maka dari itu, cobalah untuk memeriksa tekanan secara berkala agar dapat dicegah sejak dini. Kondisi ini umumnya terjadi pada seseorang yang berusia paruh baya atau lebih.

Tekanan darah yang meningkat pada seseorang dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko terhadap penyakit jantung dan stroke. Semakin tinggi tekanan darah seseorang, semakin tinggi pula risikonya. Tekanan darah tinggi dapat diturunkan dengan cara merubah gaya hidup, salah satunya adalah dengan berpuasa.

Baca Juga : Ternyata Ini Manfaat Puasa untuk Pengidap Hipertensi

Menurunkan Tekanan Darah saat Puasa

Tekanan darah yang tinggi umumnya disebabkan oleh berbagai macam hal. Salah satunya adalah karena tidak seimbangnya elektrolit di dalam tubuh. Hal tersebut dapat membuat jantung menjadi tidak stabil dan menyebabkan seseorang rentan terhadap aritmia. Selain itu, makanan yang dikonsumsi ketika berpuasa juga dapat memberi pengaruh terhadap ketidakseimbangan elektrolit.

Selain itu, hal yang dapat kamu lakukan untuk menurunkan tekanan darah saat puasa adalah dengan banyak meminum air putih saat berbuka. Cobalah untuk menghindari minuman yang manis ketika berbuka puasa untuk menghindari gula darah yang meningkat secara tiba-tiba, karena dapat meningkatkan tekanan darah pada tubuh kamu.

Kamu pun dapat memperbanyak konsumsi buah dan sayur sebagai makanan berat. Pasalnya, buah dan sayur merupakan sumber dari potasium yang dapat mengontrol tekanan darah tinggi. Puasa juga dapat membersihkan tubuh dari racun-racun yang masih menempel di tubuh. Di samping itu, puasa dapat menurunkan tingkat stres, sehingga tekanan darah juga berangsur-angsur menurun.

Baca Juga : Puasa Pengaruhi Tekanan Darah, Kok Bisa?

Beberapa makanan yang dapat kamu konsumsi ketika berbuka puasa agar dapat menurunkan tekanan darah adalah:

  1. Pisang

Salah satu makanan yang dapat menurunkan tekanan darah adalah buah pisang. Buah tersebut kaya akan kandungan kalium yang dapat membantu untuk menormalkan kadar natrium dalam tubuh. Dengan begitu, tekanan darah pun akan perlahan menurun.

  1. Sayuran Hijau

Seseorang yang memiliki tekanan darah yang tinggi dapat menurunkannya dengan mengonsumsi sayuran hijau. Makanan tersebut mengandung kalsium yang berguna untuk menurunkan darah tinggi, karena kaya akan kandungan kalsium. Maka dari itu, mengonsumsi sayuran saat berbuka puasa dapat berdampak baik bagi tubuh kamu.

  1. Ikan

Disebutkan bahwa beberapa jenis ikan dapat menurunkan tekanan darah. Pasalnya, ikan kaya akan vitamin D, yang dapat berdampak baik pada tekanan darah. Selain itu, beberapa ikan berlemak secara rutin dapat menurunkan tekanan darah diastolik pada tubuh. Selain itu, kandungan asam lemak omega-3 juga dapat memperlancar aliran darah.

Baca Juga : Tips Aman Berpuasa pada Pengidap Hipertensi

Itulah dampak puasa pada tekanan darah dalam tubuh. Jika kamu mempunyai pertanyaan lebih lanjut perihal tekanan darah, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya mudah, yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!