• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Puasa Pengaruhi Tekanan Darah, Kok Bisa?

Puasa Pengaruhi Tekanan Darah, Kok Bisa?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Menyambut bulan Ramadan, banyak hal yang dipersiapkan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Salah satunya adalah persiapan puasa yang akan dijalankan. Selain karena alasan keagamaan, nyatanya menjalankan puasa juga dapat membuat kondisi kesehatan kamu semakin optimal, loh. Salah satunya memengaruhi tekanan darah.

Baca juga: 6 Hal yang Menyebabkan Angka Tensi Darah Rendah

Namun ingat, jangan sembarangan berpuasa, sebaiknya simak beberapa tips yang tepat untuk berpuasa, agar kamu dapat merasakan manfaatnya dengan baik. Untuk itu, yuk, simak kaitan puasa dan tekanan darah serta tips tepat berpuasa dalam artikel ini!

Inilah Hubungan Puasa dan Tekanan Darah

Ada berbagai alasan yang membuat seseorang melakukan puasa. Salah satunya adalah alasan keagamaan. Menyambut bulan Ramadan, tentunya umat Muslim akan melakukan puasa untuk menjalankan ibadah. Nah, selain dari sisi keagamaan, nyatanya berpuasa pun memang disarankan karena dapat membuat kesehatan tubuh menjadi lebih optimal.

Salah satu manfaat puasa yang bisa dirasakan adalah mampu menurunkan tekanan darah. Kok bisa? Ketika puasa, kegiatan ini membantu tubuh untuk membuang lebih banyak racun maupun zat-zat yang tidak butuhkan oleh tubuh. Selain itu, berpuasa dengan tepat juga bisa membantu kamu menurunkan berat badan, dan menjaga kesehatan jantung lebih baik. Itulah alasannya berpuasa dapat membuat tekanan darah menjadi lebih stabil dan baik.

Walaupun begitu, puasa juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit. Ini bisa membuat jantung tidak stabil dan rentan terhadap aritmia. Karenanya, penting untuk mengonsumsi makanan yang tepat, kaya protein, dan kalium untuk mencegah terjadinya ketidakseimbangan elektrolit.

Baca jugaTernyata, Ini Manfaat Puasa untuk Pengidap Hipertensi

Tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter ketika kamu akan menjalankan ibadah puasa. Apalagi jika kamu memiliki kondisi, seperti:

  1. Wanita menyusui atau sedang hamil.
  2. Anak-anak dan remaja.
  3. Pengidap diabetes tipe 1.
  4. Pengidap gangguan makan.

Kini tidak perlu repot, kamu bisa gunakan Halodoc dan bertanya langsung pada dokter seputar ibadah puasa yang akan dijalankan. Dengan begitu, kamu bisa menjalankan puasa dengan efektif dan tepat. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Makanan untuk Mengontrol Tekanan Darah

Jika kamu memiliki penyakit tekanan darah tinggi, tidak ada salahnya melakukan sahur atau berbuka dengan beberapa jenis makanan yang baik dan bisa membantu kamu mengontrol tekanan darah. Berikut ini jenis makanan yang bisa kamu nikmati:

1. Buah Sitrus

Buah berjenis sitrus, seperti jeruk atau lemon menjadi salah satu buah yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah. Namun, pastikan kamu mengonsumsi buah tersebut saat perut sudah terisi agar tidak memicu penyakit asam lambung.

2. Salmon

Salmon memiliki kandungan lemak omega-3 yang sangat baik dan bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Tidak ada salahnya memasukkan ikan salmon sebagai menu berbuka atau sahur.

3. Air Putih

Jangan lupa untuk penuhi kebutuhan air putih saat kamu berpuasa. Kamu bisa memenuhi kebutuhan air putih pada saat sahur, berbuka, hingga malam setelah berbuka. Dengan terpenuhinya kebutuhan air, kamu akan terhindar dari dehidrasi. Kondisi dehidrasi dapat memicu tekanan darah menjadi lebih tinggi.

Tidak hanya air putih, kamu juga bisa mengonsumsi buah yang kaya akan air, seperti semangka atau jeruk saat berbuka. Menu berbuka, seperti sup sayur juga menjadi pilihan tepat untuk berbuka agar kamu terhindar dari kondisi dehidrasi.

Baca jugaMengidap Hipertensi saat Puasa? Ini yang Wajib Diperhatikan

Itulah beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk berbuka dan sahur agar terhindar dari meningkatkan tekanan darah. Jangan lupa hindari pengonsumsian alkohol, kafein, makanan tingg garam, dan makanan cepat saji saat berbuka atau sahur agar kondisi kesehatan tetap terjaga.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. The 17 Best Foods for High Blood Pressure.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. Fasting: How Does It Affect Your Heart and Blood Pressure?