• Home
  • /
  • Punya Anak Kembar, Ini Tips agar Tidak Pilih Kasih

Punya Anak Kembar, Ini Tips agar Tidak Pilih Kasih

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
punya-anak-kembar-ini-tips-agar-tidak-pilih-kasih-halodoc

Halodoc, Jakarta – Punya anak kembar menjadi idaman bagi sebagian orangtua. Hal ini karena anak kembar terlihat menggemaskan, apalagi bila mereka memakai baju yang sama. Namun, membesarkan anak kembar nyatanya tidak semudah yang dibayangkan, lho.  Orangtua perlu berhati-hati agar jangan sampai menimbulkan kecemburuan di antara kedua buah hati. Yuk, simak 5 tips mengasuh anak kembar agar tidak pilih kasih di bawah ini.

Baca juga: 5 Tips Agar Memiliki Anak Kembar

Ketika memiliki anak kembar, itu berarti ayah dan ibu harus siap untuk mencurahkan segala sesuatu sebanyak dua kali lipat, mulai dari perhatian, kasih sayang, waktu bermain dengan anak, sampai urusan finansial. Itulah sebabnya menjadi orangtua dari anak kembar susah-susah gampang. Orangtua mungkin awalnya tidak bermaksud untuk pilih kasih. Namun, tidak jarang orangtua dihadapkan pada situasi di mana harus memilih salah satu. Kalau sudah begitu, salah satu anak pasti akan merasa tidak adil, bahkan cemburu kepada saudaranya

Rasa cemburu terhadap saudara, baik itu pada kakak maupun adik, memang kadang-kadang tidak bisa dihindari, apalagi pada anak kembar. Namun, ayah dan ibu perlu memiliki strategi khusus untuk mengatasi kondisi tersebut agar tidak berdampak negatif pada tumbuh kembang Si Kembar. Berikut ini cara-caranya: 

1. Jangan Selalu Memperlakukan Mereka Sama

Mungkin mendandani anak kembar dengan barang-barang yang seragam akan terlihat lucu dan menggemaskan. Namun, ada baiknya ayah dan ibu jangan selalu memberlakukan segala sesuatu secara seragam pada Si Kembar. Ayah dan ibu harus ingat, meski kembar, mereka tetap adalah dua orang yang berbeda. Mereka memiliki kepribadian dan karakternya masing-masing yang perlu dikembangkan. Jadi, bersikap adil bukan berarti ayah dan ibu harus memberi perlakuan yang sama kepada Si Kembar. Bila salah satunya berbuat salah, jangan menghukum kedua-duanya. Hal itu hanya akan menumbuhkan rasa benci pada salah satu yang tidak melakukan kesalahan tersebut.

Baca juga: 4 Fakta Menarik Seputar Anak Kembar yang Belum Diketahui

2. Jangan Pernah Membandingkan atau Memfavoritkan Salah Satu

Sekalipun ayah dan ibu memiliki anak favorit, jangan tunjukkan hal itu di depan anak-anak. Dengan kata lain, berusahalah sebisa mungkin untuk bersikap netral. Memfavoritkan salah satu anak hanya akan membuat ayah dan ibu membanding-bandingkan Si Kembar satu sama lain. “Coba liat kakakmu, dia jauh lebih baik,” adalah pernyataan yang akan menyakiti hati anak. Jadi, hindarilah hal tersebut.

3. Anak Kembar juga Butuh Dipisahkan Sesekali

Anak kembar sudah bersama sejak mereka masih di dalam rahim ibu. Mereka telah berbagi hampir semua hal sejak hari pertama kelahirannya. Namun, pernahkah ayah dan ibu mendengar ungkapan bahwa keakraban bisa melahirkan kebencian? Ya mungkin Si Kembar tidak akan sampai saling membenci. Namun, bayangkanlah bersama dengan orang yang sama untuk setiap detik, jam, hari, dan tahun dalam hidup. Si Kembar juga perlu dipisahkan satu sama lain sesekali demi keharmonisan mereka.

4. Tanamkan pada Si Kembar Nilai Kerja Sama, Bukan Persaingan

Si Kembar perlu belajar bahwa tidak perlu ada persaingan di antara mereka, melainkan justru mereka bisa saling bekerja sama untuk mencapai sesuatu yang mereka inginkan. Ayah dan ibu bisa menanamkan nilai kerjasama pada Si Kembar dengan cara menunjukkan pada mereka contoh-contoh sederhana, misalnya ibu memasak dan mencuci piring. 

5. Biarkan Si Kembar Memilih Hobinya Masing-masing

Melihat Si Kembar bermain badminton bersama-sama mungkin sangat menggemaskan. Namun, apakah benar keduanya menyukai badminton? Ingat untuk tidak memberlakukan segala sesuatu secara seragam pada Si Kembar. Nah, hal ini juga berlaku pada pemilihan kegiatan, seperti hobi atau olahraga. Biarkanlah masing-masing anak memilih jenis olahraga atau hobi yang mereka sukai.

Baca juga: Ini Alasan Anak Kembar Punya Ikatan Batin yang Kuat

Nah, itulah tips mengasuh anak kembar tanpa pilih kasih. Ibu juga bisa bertanya-tanya seputar pola asuh anak atau cara mendidik anak dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Para dokter terpercaya di Halodoc siap memberikan solusi terbaik melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Parenting All Womens Talk. Diakses pada 2019. 7 Tips to Avoid Jealousy among Twins.