05 September 2017

5 Tips Agar Memilki Anak Kembar

5 Tips Agar Memilki Anak Kembar

Halodoc, Jakarta - Anak kembar memiliki daya tarik sendiri yang membuat kita gemas saat melihat mereka. Tidak sedikit pula pasangan yang menginginkan buah hati kembar. Namun tidak mudah untuk bisa mendapatkan buah hati kembar, ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar bisa mendapatkan anak kembar.

Bagi pasangan yang memiliki riwayat keluarga kembar kemungkinan untuk bisa mendapatkan keturunan anak kembar pun cukup besar, yakni 17 persen. Namun bagi yang tidak memiliki riwayat keturunan keluarga kembar, tak perlu berkecil hati. Pasangan yang tidak memiliki riwayat keluarga kembar memiliki kesempatan sebesar 3 persen untuk bisa mendapatkan buah hati kembar. Ada beberapa program yang hamil secara medis yang bisa diikuti sesuai petunjuk dokter.

Selain itu ada pula tips yang bisa kamu ikuti dari bebrapa pengalaman berikut ini:

1.  Makan Umbi-Umbian
Tahukah kamu jika Benua Afrika memiliki populasi anak kembar terbanyak di dunia? Menurut kepercayaan masyarakat setempat ini karena penduduk di di sana banyak mengonsumsi umbi-umbian. Meski demikian belum ada teori pasti yang menyatakan kebenaran dari kepercayaan ini. Namun diketahui bahwa kandungan zat dalam jenis umbi-umbian seperti ubi jalar, ubi manis, dan kentang bisa membuat ovum yang dilepaskan dari ovarium berjumlah lebih dari satu. Tak hanya itu saja, jenis umbi-umbian pun mengandung antioksidan alami, beta karoten tinggi, vitamin, dan fosfor yang baik untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit.

2.  Banyak Minum Susu
Menurut penelitian yang dilakukan Dr.Gary Steinman dari Long Island Jewish Medical Center New York diketahui bahwa wanita yang mengonsumsi produk hewani khususnya susu berpeluang lima kali lebih besar untuk bisa hamil anak kembar. Ini karena IGF (insulin-like growth factor) dalam protein hewani seperti susu bisa meningkatkan ovulasi atau masa subur pada wanita.

3.  Kandungan Asam Folat
Ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Nutrisi dalam asam folat sangat baik untuk menjaga kesehatan janin selama kehamilan. Nah bagi pasangan yang sedang melakukan program kehamilan kembar sangat dianjurkan unutk mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung asam folat. Bagi wanita, asam folat dapat meningkatkan kesuburan sehingga peluang untuk hamil anak kembar juga akan meningkat. Makanan yang banyak mengandung asam folat adalah ikan laut, kacang merah, alpukat, bayam, serta sayuran hijau.

4.  Merencanakan Kehamilan
Hamil pada usia lebih tua atau menjelang menopause kemungkinan bisa meningkatkan peluang untuk hamil kembar. Ini karena ovarium melepaskan satu ovum atau sel telur pada ovulasi setiap bulannya. Sehingga sel sperma memiliki peluang leih besar untuk membuahi sel telur kembar. Namun demikian, pembuahan pada dua sel telur akan menghasilkan bayi kembar non identik. Sedangkan untuk kembar identik, sel ovum yang dibuahi membelah menjadi dua. Untuk rencana kehamilan di usia tua ini perlu pengawasan dokter karena memiliki risiko kesehatan yang lebih tinggi.

Selain itu, peluang untuk mendapatkan anak kembar pun meningkat jika ibu sebelumnya sudah pernah memiliki anak. Apalagi jika ibu masih melakukan program ASI bagi anak sebelumnya. Pada masa menyusui, wanita berada pada masa subur dan memiliki peluang hamil anak kembar lebih tinggi.

5.  Program Fertilasi
Cara lain untuk mendapatkan anak kembar adalah dengan cara medis yakni program fertilasi. Pasangan yang menginginkan anak kembar dengan program ini perlu pengawasan dari dokter. Namun untuk melakukan program fertilasi ini diperlukan biaya yang cukup besar.

Jaga selalu kondisi kesehatan ke dokter, terutama jika kamu dan pasangan ingin mendapatkan anak kembar. Minta saran dari dokter kandungan yang tepat agar peluangan kehamilan kembar menjadi lebih besar. Kini ibu dapat lebih mudah menghubungi dokter kandungan sebelum datang ke rumah sakit.


Gunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan dokter spesialis kandungan pilihan secara langsung. Halodoc memungkinkan ibu untuk berkonsultasi dengan dokter melalui Video Call, Voice Call, dan Chat dimana saja, kapan saja. Selain itu, melalui Halodoc juga bisa belanja produk kesehatan yang dibutuhkan untuk langsung diantar ke tempat tujuan. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang!