• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Radang Sendi pada Lansia, Begini Cara Mengatasinya

Radang Sendi pada Lansia, Begini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Radang Sendi pada Lansia, Begini Cara Mengatasinya

Halodoc, Jakarta - Beberapa penyakit radang sendi berkaitan dengan gaya hidup dan genetik, sementara beberapa yang lainnya berkaitan dengan penyakit kronis dan diklasifikasikan sebagai gangguan autoimun. Melakukan perawatan dan perubahan gaya hidup yang tepat mampu mengurangi rasa sakit akibat radang. Begitu juga jika terjadi pada lansia.

Semua radang sending menyerang jaringan sendi dan tulang. Kondisi ini juga memiliki banyak gejala. Hingga saat ini, tidak ada obat untuk satu jenis radang sendi. Secara medis, penyakit ini memiliki protokol khusus yang diresepkan oleh dokter untuk pengobatan. Jika terjadi radang sendi pada lansia, penting untuk segera membawanya mengunjungi dokter. 

Baca juga: Bukan Hanya Orangtua, Anak Muda Juga Bisa Terserang Radang Sendi

Cara Mengelola Radang Sendi pada Lansia

Radang sendi bisa menyebabkan masalah serius pada lansia, mulai dari berkurangnya kemampuan beraktivitas hingga muncul ruam dan tulang yang menipis. Penting bagi anggota keluarga untuk memberikan bantuan sebanyak mungkin pada lansia yang mengalami kondisi ini.

1. Temukan Olahraga yang Tepat

Radang sendi ditandai dengan nyeri sendi, bengkak, kelelahan, dan berkurangnya kelenturan secara keseluruhan. Selain obat, aktivitas fisik yang tepat juga bisa membantu mengatasi efek samping ini. Karena kelelahan selalu mungkin terjadi pada lansia, terutama pada lansia yang memiliki radang sendi, maka olahraga dengan intensitas rendah direkomendasikan. 

Olahraga berfokus pada rentang gerak, daya tahan, kesadaran dan kekuatan tubuh. Olahraga seperti yoga, peregangan, jalan kaki, berenang, dan angkat beban ringan adalah aktivitas yang baik. 

2. Hindari Makanan Tertentu

Lansia yang mengidap radang sendi perlu mengubah pola makan dengan memilih makanan yang mengurangi peradangan. Asupan garam, gula, gluten, alkohol, dan lemak trans dan lemak jenuh harus dihindari. Fokuslah pada makanan yang dianjurkan dan dihindari untuk mencegah radang sendi semakin parah. 

Baca juga: Cara Bedakan Nyeri Akibat Artitis dan Asam Urat

3. Gunakan Perawatan Berbasis Suhu

Mandi dengan air hangat akan membuat tubuh lansia dengan radang sendi terasa lebih nyaman. Suhu hangat bisa mengurangi kekakuan pada persendian dan membuatnya terasa segar. Lansia dengan radang sendi bisa menggunakan teknik berbasis suhu sebagai terapi untuk kondisi tersebut. Selain mandi air hangat, kamu juga bisa menemukan bantal atau selimut elektrik yang dengan teknologi pemanas. 

4. Berikan Pijatan

Memijat sendi yang nyeri dengan lembut bisa menghangatkan dan merilekskan area tersebut. Berikan pijatan pada area yang dikeluhkan. Pijatan adalah aktivitas relaksasi yang bagus dan bisa membantu lansia tidur lebih nyenyak. 

5. Jaga Berat Badan Sehat

Perlu diketahui, menurunkan berat badan akan mengurangi beban tekanan pada setiap lutut. Memiliki berat badan sehat lebih baik untuk persendian karena lebih banyak berat badan berarti lebih banyak tekanan pada persendian.

Jika lansia memiliki kelebihan berat badan, bantu ia menerapkan pola makan yang lebih sehat dan meningkatkan olahraga bisa mengurangi berat badan dan mengurangi banyak tekanan pada persendian. 

Baca juga: 4 Pemeriksaan untuk Mendeteksi Arthritis

6. Berikan Asupan Omega-3

Makanan yang banyak mengandung omega-3 adalah ikan, termasuk ikan salmon, sarden, dan tuna. Omega-3 juga bisa ditambahkan dengan mengonsumsi suplemen omega-3 yang bermanfaat untuk mengurangi tingkat peradangan dan mengurangi nyeri radang sendi.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi radang sendi pada lansia. Pastikan untuk bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc sebelum memberikan suplemen apa pun pada lansia. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Home Care Assistance. Diakses pada 2021. Overcoming Pain Points - Arthritis in Seniors
Edgewood Healthcare. Diakses pada 2021. How to Help Seniors with Arthritis.
Daily Caring. Diakses pada 2021. 8 Tips for Arthritis Pain Relief