Penyakit Radang Usus Sembuh dengan Kunyit Putih, Benarkah?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Penyakit Radang Usus Sembuh dengan Kunyit Putih, Benarkah?

Halodoc, Jakarta – Kunyit putih disebut-sebut sebagai salah satu bahan alami yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Malahan, kunyit putih diklaim bisa mengatasi penyakit radang usus. Benarkah? 

Kunyit putih merupakan salah satu jenis kunyit yang masuk ke dalam keluarga jahe-jahean. Bahan yang dikenal dengan nama white turmeric alias Zedoary ini dipercaya bisa membantu mengobati berbagai jenis penyakit, seperti nyeri ulu hati, nyeri sendi, sakit perut, serta diare. Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal ini. 

Selain itu, kunyit putih tergolong langka atau jarang ditemukan dibanding kunyit kuning. Tanaman ini biasanya banyak dijumpai di Bangladesh, Sri Lanka, India, Tiongkok, Jepang, Brazil, Nepal, dan Thailand, yang sudah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional. 

Baca juga: Perlu Tahu, 7 Cara Sederhana Cegah Radang Usus

Klaim bahwa kunyit putih bisa mengatasi penyakit radang usus bisa saja benar, sebab bahan alami yang satu ini nyatanya memiliki sifat antiradang. Meski masih membutuhkan pembuktian dan penelitian lebih lanjut, ada beberapa khasiat dari kunyit putih yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

  • Antiradang 

Kunyit putih dipercaya bisa mengatasi peradangan atau pembengkakan yang terjadi pada tubuh. Maka dari itu, bahan alami yang satu ini diyakini mampu mengatasi masalah radang usus. 

  • Antibakteri dan Antijamur 

Masalah pada bagian tubuh akibat serangan bakteri atau jamur juga disebut bisa diatasi dengan kunyit putih. Bahan alami ini dipercaya bisa mengurai jumlah mikroba di dalam mulut dan memiliki efektivitas yang sama dengan produk obat kumur di pasaran. Kunyit putih juga disebut bisa dimanfaatkan untuk menghambat aktivitas jamur pada tubuh manusia. 

  • Antinyeri

Kunyit putih juga diyakini mampu mengatasi rasa nyeri atau rasa sakit yang muncul pada tubuh. Hal itu karena kunyit putih disebut bisa dijadikan sebagai analgesik, tapi hal itu tentu tergantung pada berapa banyak dosis kunyit yang digunakan. 

Baca juga: Kunyit Bisa Atasi Kanker, Begini Hasil Risetnya

  • Antiracun 

Ekstrak kunyit putih disebut bermanfaat sebagai penawar racun, yaitu penawar bisa ular. Pasalnya, kandungan pada bahan ini diyakini bisa menghambat aktivitas dari racun ular yang masuk ke dalam tubuh. 

  • Obat Tukak 

Kunyit kuning dikenal memiliki khasiat dalam mengatasi masalah tukak lambung, ternyata hal itu juga bisa didapat dari kunyit putih. Tepung yang terbuat dari akar kunyit putih disebut bisa mengurangi jumlah keasaman cairan lambung. Artinya, hal ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah tukak lambung. 

  • Antikanker 

Kunyit disebut memiliki sifat antikanker, baik kunyit kuning maupun kunyit putih. Tak hanya itu, kunyit putih juga diyakini dapat membantu proses penyembuhan penyakit kanker. Hal itu terjadi berkat berbagai kandungan yang ada pada kunyit putih, yaitu senyawa ethyl pmethocyvinnatete, kurkuminoid, bisdemothxycurcumin, demothxycurcumin, serta flavonoid. Tapi kembali lagi, efektivitas bahan alami ini sebagai anti kanker masih harus diteliti dan dibuktikan kebenarannya. 

Menggunakan kunyit sebagai pengobatan alami sebaiknya tidak dilakukan sembarangan. Meskipun hingga kini masih belum ditemukan efek samping penggunaan kunyit dalam dosis yang kecil. Kalau memiliki masalah kesehatan, ada baiknya untuk segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. 

Baca juga: Benarkah Kunyit dapat Atasi Masalah Tukak Lambung?

Atau kamu bisa memanfaatkan aplikasi Halodoc untuk menyampaikan gejala-gejala awal pada ahlinya. Dokter di Halodoc bisa dihubungi kapan saja melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terbaik. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!