Redakan Dismenore dengan 4 Gerakan Yoga Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
meredakan dismenore

Halodoc, Jakarta - Setiap wanita pasti merasakan nyeri atau kram perut bagian bawah saat sedang menstruasi. Kondisi ini disebut dengan dismenore. Rasa sakitnya pun akan berbeda-beda pada setiap pengidapnya. Ketika kram perut yang dirasakan berlebihan, hal ini dapat mengganggu aktivitas harian pengidapnya. Meski begitu, kondisi ini normal terjadi dan bukan merupakan hal yang perlu dikhawatirkan. Ketika kamu merasakannya, berikut gerakan yoga guna meredakan dismenore.

Baca juga: Datang Bulan Tanpa Alami Dismenore, Wajarkah?

Gerakan Yoga Guna Redakan Dismenore

Dismenore dirasakan pada sisi perut bagian bawah. Hal ini normal terjadi setiap bulan pada wanita yang tengah menstruasi dan merupakan proses yang terjadi secara alami di rahim wanita. Kondisi ini dapat hilang secara bertahap seiring bertambahnya usia. Jika dismenore mengganggu aktivitasmu, redakan dengan beberapa gerakan yoga berikut ini:

Half Bound Squat

Gerakan ini akan meregangkan pinggul, sehingga lama-kelamaan kram perut yang dialami mereda dengan sendirinya. Caranya dengan:

  • Jongkok dengan jarak kaki saling berdekatan. Kemudian turunkan bokong sampai tumit.

  • Tarik napas, kemudian ayunkan kaki sebelah kiri sambil memutarkan tubuh ke arah kanan. Setelah itu, tahan napas selama lima detik.Buat gerakan memeluk lutut dengan ketiak.

  • Buat gerakan yang sama selama sampai nyeri mereda.

Cat Pose

Gerakan yang satu ini akan membuat aliran darah menjadi lebih lancar, serta dapat mengurangi kecemasan. Posisi yang satu ini akan meredakan nyeri haid yang disebabkan oleh konstipasi. Caranya dengan:

  • Tumpu badan pada kedua lutut dan telapak tangan. Tangan harus lurus sejajar dengan bahu dan lutut.

  • Tarik napas, kemudian tundukkan kepala sampai bahu berada dekat dengan dada.

  • Kemudian buat gerakan menekuk punggung, seperti kucing yang meregangkan tubuhnya. Lalu buang napas, dan ulangi gerakan tersebut sampai sakit mereda.

Baca juga: Nyeri di Perut Bagian Bawah saat Haid, Ini Dismenore

Tiger Pose

Cara yang satu ini diklaim ampuh dalam mengurangi nyeri haid, karena melemaskan saraf punggung bawah dan membantu meregangkan otot-otot perut. Caranya dengan:

  • Badan bertumpu pada kedua lutut dan telapak tangan. Tangan harus lurus sejajar bahu dan lutut (seperti awal gerakan cat pose).

  • Kemudian angkat satu kaki ke atas, tahan napas selama tiga detik.

  • Lalu kembali ke posisi awal dan ganti posisi kaki. Jangan lupa untuk mendongakkan kepala ke atas, agar menjaga posisi tulang belakang tetap lurus.

Reclining Twist

Gerakan yoga yang satu ini berguna untuk meningkatkan fleksibilitas tulang belakang, sehingga kram perut dapat mereda. Caranya dengan:

  • Tidur telentang, kemudian silangkan lutut kiri di atas sisi kanan tubuh.

  • Rentangan tangan dengan posisi muka menghadap ke kiri.

  • Tahan napas selama lima detik.

  • Kemudian lakukan gerakan dengan sisi kaki yang berbeda.

Baca juga: Dari Sakit Kepala sampai Sakit Pinggang, Dismenore Wajar Terjadi

Beberapa gerakan yoga tersebut ampuh untuk meredakan kram perut saat sedang haid. Namun, jika gerakan-gerakan tersebut malah membuat nyeri haid semakin parah, kamu bisa langsung membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc.

Ketika langkah yang kamu lakukan tidak membuahkan hasil, biasanya dokter akan menyarankan pengidap dismenore untuk melakukan terapi TENS (transcutaneous electrical nerve stimulation), yaitu terapi yang dilakukan dengan metode mengalirkan arus listrik menuju saraf area pinggul guna mengurangi rasa sakit.

Referensi:
Women’s Health. Diakses pada 2019. These Yoga Poses Will Help Make Your Period Cramps Suck Less.
WebMD. Diakses pada 2019. Menstrual Pain.