Resolusi 2019, Coba Buah untuk Diet

buah untuk diet

Halodoc, Jakarta - Memiliki bentuk dan berat badan ideal memang impian semua orang. Enggak heran kalau banyak orang yang melakukan diet agar berat badan ideal yang diimpikan bisa terwujud. Kamu bisa coba buah-buahan sebagai penunjang diet yang kamu jalani. Karena kandungan serat dalam buah untuk diet dianggap bisa membantu menurunkan berat badan, karena bisa membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Selain itu, buah-buahan juga berlimpah dengan kandungan vitamin dan mineral.

Baca juga: Kunci Menjalani Diet Sehat yang Perlu Diketahui

Manfaat Jika Kamu Menjalani Diet dengan Buah-buahan

Buah-buahan memang punya segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, antara lain:

  • Rendah lemak dan kalori.

  • Buah merupakan sumber serat, gula, mineral, dan vitamin.

  • Serat yang terkandung dalam buah bisa membantu menurunkan kolesterol darah dan membantu melancarkan buang air besar.

  • Buah membantu sel-sel tubuh dari kerusakan, buah juga membantu meremajakan sel-sel dan jaringan dalam tubuh, sehingga mencegah kamu dari penuaan dini.

  • Buah kaya akan antioksidan, seperti vitamin C, flavonoid, dan antosianin. Antioksidan sendiri dapat melindungi tubuh dari radikal bebas, sehingga membuat kamu terhindar dari berbagai macam penyakit, seperti kanker.

Nah, karena banyak kandungan manfaatnya, rutin makan buah setiap hari bisa membuat badan kamu menjadi lebih bugar dan menjauhkan kamu dari risiko berbagai penyakit dan gangguan kesehatan lainnya.

Baca juga: 4 Hal yang Harus Diketahui sebelum Memulai Diet Keto

Ini Buah untuk Diet yang Cocok untuk Dikonsumsi

Jika kamu sudah rutin melakukan olahraga, tapi berat badan kamu belum juga turun, kamu bisa coba makan beberapa jenis buah untuk diet di bawah ini. Buah-buahan itu antara lain:

  • Pisang

Pisang bisa dikonsumsi sebagai makanan sehat yang bisa menunda rasa lapar, sekaligus meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, pisang merupakan buah yang bebas kolesterol, lemak, dan rendah natrium, tapi kaya akan mineral dan vitamin.

  • Alpukat

Banyak kandungan lemak baik dalam alpukat yang bermanfaat untuk menunda lapar, seperti asam oleat. Lemak ini mampu menurunkan kadar kolesterol darah dan meningkatkan jumlah lemak baik dalam tubuh. Selain kandungan lemak baik yang tinggi, alpukat juga kaya akan vitamin, serat, dan mineral.

  • Pomelo

Buah pomelo, atau yang lebih kita kenal dengan jeruk bali, juga sangat membantu dalam menurunkan berat badan, terutama bagi mereka yang punya risiko lebih tinggi terkena penyakit diabetes. Buah ini juga baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

  • Apel

Kandungannya serat dan air yang tinggi dalam apel bisa menjaga gula darah dalam tubuh tetap stabil. Selain itu, apel bisa membuat kamu jadi enggak cepat lapar. Buah untuk diet satu ini juga mengandung flavonoid yang bernama quercetin. Kandungan flavonoid ini mengandung antioksidan yang efektif dalam melawan jenis kanker tertentu, mengurangi kerusakan sel, dan memiliki sifat anti radang.

Diet dengan Makan Buah Saja Enggak Baik untuk Kesehatan

Diet dengan hanya mengonsumsi buah bisa meningkatkan risiko kamu terkena diabetes. Pasalnya, buah-buahan mengandung kalori dan gula, walau memang terbilang rendah. Meski sangat kecil kemungkinan untuk terkena diabetes,  kamu juga harus memperhatikan risiko ini, ya.

Diet dengan hanya mengonsumsi buah enggak memenuhi variasi gizi yang diperlukan oleh tubuh. Buah-buahan memang kaya akan mineral dan vitamin yang penting bagi tubuh, tapi buah-buahan minim kandungan protein. Selain itu, buah-buahan juga enggak mengandung asam lemak esensial serta asam amino yang diperlukan tubuh.

Baca juga: 8 Kesalahan Penerapan Diet yang Sering Dilakukan

Jika kamu berniat untuk melakukan diet ini, ada baiknya kamu diskusi dulu dengan dokter ahli sebelum menjalankannya. Kamu bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli di aplikasi Halodoc melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!