27 April 2018

Kunci Menjalani Diet Sehat yang Perlu Diketahui

Kunci Menjalani Diet Sehat yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta — Menjalani program diet sehat sebetulnya tidak terlalu sulit, lo! Secara garis besar, kamu hanya perlu menambah jumlah asupan makanan bernutrisi yang rendah lemak seperti sayuran dan buah-buahan, serta mengurangi konsumsi makanan yang sudah diproses atau sangat berlemak. Berikut adalah kunci menjalani program diet sehat yang bisa mempermudah dietmu.

Konsumsilah Berbagai Jenis Makanan

Tidak semua nutrisi di setiap makanan sudah diketahui secara umum. Makanya, mendingan kamu konsumsi beberapa jenis makanan untuk meraup nutrisi sebanyak-banyaknya. Tapi perlu diingat ya, sebaiknya variasi makanan yang kamu pilih rendah lemak. Tentunya juga, jangan konsumsi secara berlebihan.

(Baca juga: Ingin Sehat, Haruskah Jadi Vegetarian?)

Perhatikan Porsi Makanmu

Hal ini semakin penting saat kamu makan di luar. Restoran biasanya menyajikan makanan dengan porsi lebih dari yang tubuhmu butuhkan. Untuk menyiasatinya, kamu bisa pesan makanan pembuka atau berbagi makanan utama dengan temanmu atau keluarga.

Perbanyak Sayuran dan Buah

Makanlah minimal dua setengah gelas sayuran dan dua gelas buah setiap harinya kalau di hari itu konsumsi kalorimu sudah lebih dari 2.000 kalori. Memakan sayur dan buah berfungsi untuk mengimbangi asupan kalori harianmu. Variasikan sayuran dan buah berwarna hijau, oranye, merah, kuning dan biru atau ungu dalam menu makananmu.

Pilih Ikan dan Kacang-kacangan

Kalau kamu penggemar ikan dan kacang-kacangan, kamu enggak perlu khawatir lagi soal program diet sehat ini. Tapi untuk kamu yang tidak terlalu suka ikan atau kacang-kacangan, perbanyaklah konsumsi dua jenis makanan ini karena kandungan lemak sehat di dalamnya. Ikan, kacang-kacangan, dan alpukat memang berkalori tinggi, tapi tidak meningkatkan berat badanmu secara signifikan. Tukar daging berlemak dengan ikan untuk menjaga berat badan dan kesehatanmu.

(Baca juga: Kacang untuk Diet Harian yang Mudah)

Beberapa nutrisi lain bisa kamu dapatkan pada vitamin suplemen. Jadi kalau kamu enggak bisa makan jenis makanan tertentu, misalnya karena alergi kacang atau ikan, kamu bisa mendapatkan nutrisi yang setara dari vitamin. Cara gampang untuk mendapatkan vitamin ini adalah dengan membelinya lewat aplikasi Halodoc. Kamu hanya perlu order lewat smartphone, dan pesananmu akan segera diantar. Cepat kan? Lewat aplikasi Halodoc, kamu juga bisa berdiskusi lebih dulu dengan dokter mengenai vitamin yang kamu butuhkan. Praktis banget ya? Makanya, yuk, segera download aplikasinya di Google Play atau App Store.