• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Rutin Berolahraga Mampu Membuat Kulit Awet Muda

Rutin Berolahraga Mampu Membuat Kulit Awet Muda

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Rutin Berolahraga Mampu Membuat Kulit Awet Muda

“Keistimewaan olahraga bukan hanya menyoal kesehatan jantung, paru-paru, otot, atau tulang saja. Manfaar rutin olahraga terbukti dapat membuat kulit lebih sehat, bahkan membuatnya lebih awet muda. Terlebih lagi, menyehatkan kulit dari dalam jauh lebih penting, ketimbang hanya mengandalkan kosmetika saja.”

Halodoc, Jakarta – Kata siapa proses penuaan pada kulit hanya bisa diatasi oleh obat-obatan atau kosmetika saja? Faktanya, manfaat olahraga bagi kulit juga dapat membuat kulit terlihat awet muda.

Aktivitas fisik secara rutin terbukti memiliki berbagai keistimewaan bagi kesehatan kulit. Bahkan, disebut-sebut dapat menunda proses penuaan kulit. Mau tahu apa saja manfaat olahraga bagi kulit? Berikut ulasan selengkapnya!

Baca juga: Mudah dan Sederhana, Ini Pola Hidup Sehat Agar Awet Muda

Awet Muda Berkat Olahraga

Ingat, olahraga memiliki manfaat bagi seluruh organ tubuh, termasuk kulit. Di dalam buku Sehat Itu Murah dijelaskan mengenai manfaat olahraga bagi kulit.

Menurut penulis, makanan utama bagi kulit berasal dari dalam tubuh. Itulah alasannya mengapa zat gizi dalam menu harian harus lengkap dan memadai.

Agar semua zat-zat gizi dalam darah tiba ke permukaan kulit, alirah darah harus lancar dan deras agar mengalir sampai ke ujung-ujung permukaan kulit. Nah, supaya peredaran darah lancar, caranya dengan berolahraga. 

Baca juga: 5 Jenis Makanan yang Baik untuk Kesehatan Kulit

“Berolahraga dan bergerak badan syarat utama menyehatkan kulit. Perias kulit hanya lapisan semu. Maka menyehatkan kulit dari dalam jauh lebih penting,” jelas dr Handrawan Nadesul dalam bukunya.  

Nah, dari banyaknya jenis olahraga, yoga merupakan salah satu olahraga yang bisa kamu coba. Dalam buku Mitos dan Fakta Olahraga & Yoga, ada tiga asana (olah postur) yang mampu melawan proses penuaan dan membuat kamu jadi awet muda dengan yoga. Namun, syaratnya kamu harus melakukan posenya dengan benar. Salah satu olah posturnya bernama Sirsasana. 

Pose ini paling penting dalam asana yoga. Sirsasana bisa memberi suplai darah segar kaya oksigen ke otak. Menurut ahli yoga, otak yang sehat bisa membuat seluruh fungsi tubuh terjaga dengan prima. Manfaatnya tidak hanya baik bagi fisik saja, tapi juga psikis. 

Menariknya lagi, pose ini juga baik untuk wajah. Pose ini bisa membuat otot wajah mengalami sensasi dari gravitasi sehingga tidak akan mudah mengendur. 

Mencegah Masalah Kulit Akibat Stres

Seperti penjelasan di awal, olahraga tak cuma bermanfaat pada jantung, paru-paru, otot, atau tulang saja. Aktivitas fisik ini juga menyimpan berbagai manfaat yang dapat menyehatkan kulit.

Menurut penelitian, olahraga membawa darah yang kaya oksigen nutrisi ke sel-sel yang bekerja di seluruh tubuh, termasuk kulit. Selain menyediakan oksigen, aliran darah juga membantu membuang produk limbah, termasuk radikal bebas.

Manfaat olahraga bagi kulit juga berkaitan erat dengan stres, kondisi yang disebut-sebut sering memicu masalah kulit. Hati-hati, banyak penelitian telah membuktikan bahwa stres memicu masalah pada kulit. Stres memicu berbagai respons fisiologis dalam tubuh yang dapat menyebabkan jerawat, eksim, peradangan, dan reaksi alergi pada kulit. 

Meskipun para peneliti masih menyelidiki hubungan antara stres dan kulit, penelitian menunjukkan bahwa kelenjar sebaceous, yang menghasilkan minyak di kulit, dipengaruhi oleh hormon stres.

Nah, menurut banyak penelitian, olahraga terbukti mampu mencegah atau mengatasi stres. Kok bisa? Olahraga dapat menurunkan kadar hormon kortisol (hormon stres) dalam tubuh. Menariknya lagi, olahraga dapat menstimulasi produksi hormon serotonin dan endorfin yang membuat kamu merasa lebih rileks dan bahagia. 

Baca juga: Gerakan Yoga Untuk Mengencangkan Payudara

Nah, rutin berolahraga juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat, dan lebih mampu merespons jika diperlukan untuk memerangi masalah kesehatan kulit. 

Mau tahu lebih jauh mengenai cara membuat kulit tetap awet muda? Atau memiliki masalah kulit yang tak kunjung membaik? Kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc

Kamu juga bisa kok membeli suplemen atau vitamin untuk meningkatkan sistem imun menggunakan aplikasi Halodoc. Tanpa perlu repot keluar rumah, kamu bisa membelinya kapan pun dan di mana pun. Praktis, kan?

Referensi:
Sehat Itu Murah. Dr. Handrawan Nadesul
Mitos dan Fakta Olahraga & Yoga. Erikar Lebang. 
Web MD. Diakses pada 2021. Exercise for Healthy Skin
U.S. Dermatology Partners. Diakses pada 2021. Top 5 Benefits of Exercise for Skin Health