• Home
  • /
  • Rutin Minum Air Kunyit, Ini Manfaatnya

Rutin Minum Air Kunyit, Ini Manfaatnya

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Rutin Minum Air Kunyit, Ini Manfaatnya

Halodoc, Jakarta - Kunyit adalah rempah alami yang populer dalam kuliner Indonesia. Umumnya, kunyit dijadikan sebagai pewarna kuning alami untuk makanan. Namun, kunyit tidak hanya untuk penambah cita rasa masakan saja. Kunyit dapat bisa diolah menjadi ramuan minuman yang menyehatkan.

Kunyit bisa diolah menjadi minuman seperti teh. Rutin mengonsumsi kunyit dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kunyit mengandung beragam zat dan vitamin yang baik bagi tubuh. Mulai dari anti peradangan hingga mencegah kanker, semuanya bisa didapatkan dengan rutin minum air kunyit. Berikut ini manfaat yang akan didapatkan dari air kunyit:

Baca juga: Benarkah Kunyit Efektif untuk Atasi Jerawat?

  • Memelihara Daya Tahan Tubuh

Salah satu antioksidan yang memiliki manfaat dalam kunyit adalah curcumin. Zat dalam rempah khas India ini mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Curcumin juga bertindak sebagai modulator imun, yang akan membantu mengatur fungsi sel kekebalan tubuh melawan kanker. Tidak hanya itu, zat lipopolysaccharide dalam kunyit terkenal juga akan sifat anti-bakteri dan anti-virus.

  • Melancarkan Pencernaan dan Menurunkan Berat Badan 

Kunyit juga membantu meningkatkan pencernaan. Beberapa komponen kunyit diketahui merangsang kandung empedu untuk menghasilkan empedu, sehingga membuat sistem pencernaan lebih efisien. Untuk itu, dapat mengurangi gejala kembung dan produksi gas berlebih. Pencernaan yang baik adalah kunci mencapai metabolisme yang sehat. Maka, metabolisme yang sehat ini dapat menurunkan berat badan dan menjaga berat badan tetap ideal.

  • Mengurangi Komplikasi Kardiovaskular

Melansir dari Medical News Today, beberapa penelitian juga menunjukkan curcumin memiliki khasiat kesehatan jantung yang bermanfaat dengan bertindak sebagai antioksidan dan antiinflamasi. Studi tahun 2012 yang dipublikasikan oleh The American Journal of Cardiology: Effects of curcuminoids on frequency of acute myocardial infarction after coronary artery bypass grafting menemukan, mengonsumsi curcumin 4 gram per hari, 3 hari sebelum dan 5 hari setelah operasi pencangkokan bypass arteri koroner mengurangi risiko serangan jantung sebesar 17 persen.

  • Meningkatkan Kesehatan Kulit

Pasta berbahan kunyit menjadi bagian dari ritual kecantikan dan perawatan kulit India sejak dahulu kala. Antioksidan yang terdapat dalam kunyit dapat menghambat aktivitas radikal bebas penyebab penuaan kulit. Kamu bisa minum air kunyit setiap hari untuk membantu kulit menjadi lebih bercahaya, sehat, dan awet muda.

  • Mencegah dan Mengobati Alzheimer

Curcumin membantu mengurangi kemungkinan beberapa kondisi neurodegeneratif. Kekuatan antioksidan dan antiinflamasinya dapat mengurangi kerusakan sel, peradangan, dan endapan atau plak amiloid yang terjadi pada kondisi ini. Mengonsumsi curcumin secara teratur dapat mencegah beberapa perubahan protein terkait usia yang terkait dengan neurodegenerasi.

Baca juga: Kunyit Bisa Atasi Kanker, Begini Hasil Risetnya 

Cara Membuat Air Kunyit

Air kunyit atau teh kunyit bisa dibuat dari bubuk kunyit murni atau parutan kunyit. Kamu bisa membuat air kunyit sendiri di rumah, dengan cara:

  • Rebus 4 gelas air;

  • Tambahkan 1 hingga 2 sendok teh kunyit bubuk, parut, atau bubuk;

  • Biarkan campuran mendidih selama kurang lebih 10 menit;

  • Saring teh ke dalam wadah dan biarkan dingin selama 5 menit.

Kamu juga bisa memasukkan bahan tambahan ke dalam teh kunyit untuk membuat rasanya menjadi lebih nikmat, seperti: 

  • Madu, untuk mempermanis teh dan memberi campuran lebih banyak sifat anti-mikroba;

  • Susu murni, krim, susu almond, santan, atau 1 sendok makan minyak kelapa untuk membantu penyerapan, karena curcumin membutuhkan lemak sehat untuk larut dengan baik;

  • Lada hitam, yang mengandung piperin, yang dikenal dapat meningkatkan penyerapan curcumin, dan bisa menambah rasa rempah pada teh;

  • Lemon, jeruk nipis, atau jahe, untuk meningkatkan sifat antioksidan dan antimikroba dalam campuran dan meningkatkan rasa.

Baca juga: Mengonsumsi Air Jahe Rutin dapat Memberikan 6 Manfaat Ini

Itulah manfaat dan cara mudah membuat air kunyit. Meskipun memiliki gizi yang baik untuk kesehatan, pastikan kamu selalu mengkonsultasikannya pada dokter jika ingin memasukkan air kunyit ke dalam asupan harian. Ini dilakukan untuk mencegah efek samping yang tidak diinginkan. Cukup chat dokter melalui aplikasi Halodoc, dan dokter memberikan saran kesehatan yang dibutuhkan kapan saja dan di mana saja.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. Health Benefits of Turmeric Tea.
NDTV Food. Diakses pada 2020. Turmeric Water: 5 Benefits Of This Desi Detox Water And How To Make It.