• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sakit Pinggang Sebelah Kiri Tanda Gejala Penyakit Ini
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sakit Pinggang Sebelah Kiri Tanda Gejala Penyakit Ini

Sakit Pinggang Sebelah Kiri Tanda Gejala Penyakit Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 11 Oktober 2021
Sakit Pinggang Sebelah Kiri Tanda Gejala Penyakit Ini

“Aktivitas yang begitu padat tak heran jika membuat tubuh menjadi cepat lelah. Pegal dan linu pada beberapa bagian tubuh jadi kondisi yang wajar terjadi, termasuk pada area pinggang. Saat kamu terlalu lama duduk, pinggang bisa terasa lebih kaku. Ini juga akan membuat kamu jadi sulit bergerak.”

Halodoc, Jakarta - Jika sakit pinggang lebih sering terjadi, tetapi hanya terasa pada bagian kiri tubuh, mungkin ini saatnya kamu melakukan pengecekan kesehatan. Sebab, sakit pinggang sebelah kiri bisa jadi gejala dari kondisi medis tertentu. Pun, penyakit yang kamu alami dengan gejala tersebut bisa dikatakan ringan, tetapi bisa juga sebaliknya. 

Baca juga: 5 Penyebab Sakit Pinggang Belakang yang Sering Disepelekan

Waspada Sakit Pinggang Sebelah Kiri, Tanda Masalah Kesehatan Ini

Nyeri yang terjadi pada pinggang bisa disebabkan karena banyak hal, termasuk mengangkat beban terlalu berat, lama duduk, dan kurang minum. Sayangnya, tak sedikit orang yang masih menganggap sepele hal ini, tak heran jika sering terjadi terlambat penanganan. Padahal, sakit pinggang sebelah kiri tentu tidak boleh dianggap remeh. Kondisi tersebut ternyata bisa menjadi tanda atau gejala dari beberapa masalah kesehatan tertentu, di antaranya: 

  • Peradangan Sendi Area Pinggul

Waspada sakit pinggang sebelah kiri yang menjadi gejala dari peradangan sendi di area panggul. Masalah kesehatan ini rentan terjadi pada jaringan yang menyambung tulang di area tersebut. Selain itu, rasa nyeri juga bisa muncul karena robekan yang terjadi pada jaringan area panggul. Dampaknya termasuk sendi terasa kaku sampai pembengkakan yang membuatmu mengalami kesulitan bergerak. 

  • Masalah Kesehatan pada Sistem Reproduksi

Rasa nyeri yang muncul pada pinggang sebelah kiri juga bisa menjadi gejala yang mengarah pada sistem reproduksi. Gangguan ini lebih kerap terjadi pada wanita dengan endometriosis atau fibroid. Kedua masalah kesehatan ini, sayangnya, berkaitan erat dengan rahim. 

Baca juga: Inilah Artinya Sakit Pinggang Belakang

  • Apendisitis

Peradangan pada usus buntu atau disebut juga apendisitis ditandai dengan banyak gejala, salah satunya adalah sakit pinggang sebelah kiri yang terjadi secara mendadak. Gangguan kesehatan ini juga bisa meningkatkan risiko kehilangan nyawa apabila tidak segera ditangani. Usus buntu memang berlokasi pada perut sebelah kanan, tetapi bukan tidak mungkin rasa sakit yang muncul bisa menjalar hingga ke pinggang kiri. 

  • Batu Ginjal

Batu ginjal jadi penyakit dengan gejala khas berupa sakit pinggang di sebelah kiri. Rasa sakitnya bisa mencapai punggung jika batu bergerak menuju ke ginjal melalui ureter. Selain sakit pinggang, gejala lain yang muncul saat kamu mengidap batu ginjal adalah sakit ketika berkemih dan adanya darah dalam air seni. 

Baca juga: Duduk Terlalu Lama, Mungkin Ini Penyebab Utama Sakit Pinggang

Jadi, segera lakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit apabila kamu mengalami sakit pinggang sebelah kiri yang tidak membaik lebih dari tiga hari. Pakai aplikasi Halodoc untuk membantu kamu membuat janji lebih mudah di rumah sakit terdekat, sehingga kamu tak perlu lagi mengantre untuk mendapatkan penanganan. Download segera aplikasinya di ponselmu!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2021. What’s Causing the Pain Above My Left Hip and How Can I Treat It?
Spine-Health. Diakses pada 2021. Lower Left Back Pain from Internal Organs.