16 November 2018

Duduk Terlalu Lama, Mungkin Ini Penyebab Utama Sakit Pinggang

Duduk Terlalu Lama, Mungkin Ini Penyebab Utama Sakit Pinggang

Halodoc, Jakarta - Sakit pinggang pasti membuat kamu merasa tidak nyaman, ya? Aktivitas yang kamu lakukan tidak maksimal, karena harus menahan rasa nyeri setiap saat. Lumbago, istilah medis untuk gangguan kesehatan ini tak hanya terjadi pada lansia, tetapi juga di kalangan remaja dan dewasa.

Penyebab utama sakit pada pinggang ini bisa berasal dari berbagai faktor. Bisa saja, kamu terlalu lama berdiri, mengangkat beban terlalu berat, atau terlalu lama duduk. Biasanya, rasa nyeri ini bisa hilang dalam waktu beberapa hari. Meskipun begitu, ada beberapa kondisi ketika sakit pinggang bisa menimbulkan komplikasi yang serius dan perlu segera ditangani.

Adapun gejala sakit pinggang yang kamu rasakan bergantung pada apa yang menyebabkan kamu mengalaminya. Namun, gejala umumnya seperti panas, kesetrum, nyeri, terasa kesemutan, hingga kaku pada area sekitar pinggang. Mulanya, pinggang terasa sedikit pegal, tetapi lama-kelamaan timbul rasa sakit seperti menusuk yang membuat kamu sulit bergerak, bahkan untuk berdiri pada posisi tegak.

Kondisi ini terjadi karena terdapat otot yang menegang setelah kamu melakukan aktivitas berat. Rasa sakit yang muncul bisa ringan, bisa juga menyakitkan. Pada beberapa kasus, sakit pinggang bisa menjalar hingga ke bagian kaki, telapak kaki, dan pinggul. Dari berbagai penyebab, sakit pinggang paling umum terjadi karena ligamen atau otot terkilir karena kamu bergerak berlebihan.

Sakit Pinggang karena Terlalu Lama Duduk

Seperti halnya ketika kamu mengangkat benda atau beban yang berat, sakit pinggang juga bisa muncul ketika kamu duduk terlalu lama. Pasalnya, posisi tubuh yang kurang tepat bisa berpengaruh terhadap kondisi kesehatan kamu. Salah duduk bisa mengakibatkan cedera pada sendi, kompresi pada tulang belakang, dan otot ligamen.

Lalu, Bagaimana Mengatasinya?

Cara termudah mengatasi sakit pinggang karena terlalu lama duduk pastinya dengan tidak duduk berlama-lama. Kalau kamu merasa sudah terlalu lama duduk, sebaiknya berdiri dan berjalanlah sebentar untuk meregangkan otot. Kamu cukup membutuhkan waktu 5 menit untuk melakukannya sebelum kembali duduk dan bekerja.

Lalu, jangan duduk dalam satu posisi saja. Ubah posisi duduk kamu kira-kira setiap 30 menit sekali. Pasalnya, duduk dalam posisi yang sama dalam waktu lama bisa memicu terjadinya otot pinggang menjadi kaku, sehingga kamu bisa lebih mudah mengalami sakit pinggang. Pastikan pula kamu memilih kursi yang tepat, tentunya yang memiliki sandaran pada bagian punggungnya. Kamu juga bisa menambahkan bantal untuk membuat duduk lebih nyaman.

Satu lagi, jangan lupa berolahraga agar berat badan tetap terjaga. Berat badan berlebih tentu akan membuat tekanan tubuh bertambah, sehingga sakit pinggang akan lebih rentan menyerang. Olahraga yang kamu lakukan tidak perlu berat, berjalan kaki setiap hari selama 30 menit saja cukup, kok.

Sekarang, kamu tahu bahwa duduk terlalu lama bisa picu terjadinya sakit pinggang. Jadi, sebisa mungkin hindari penyebabnya supaya kamu tidak mengalaminya. Kalau kamu memiliki pertanyaan kesehatan, kamu bisa download aplikasi Halodoc dan memilih layanan Tanya Dokter. Yuk, pakai aplikasi Halodoc!

Baca juga: