• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Seberapa Efektif Khasiat Kulit Manggis untuk Jantung?

Seberapa Efektif Khasiat Kulit Manggis untuk Jantung?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Manggis atau nama ilmiahnya Garcinia mangostana adalah buah tropis yang khas dengan rasanya yang manis dan asam. Buah ini berasal dari Asia Tenggara, tetapi bisa ditemukan di berbagai daerah tropis di seluruh dunia. Buah ini bukan pilihan pertama saat seseorang hendak membeli buah, tetapi sebaiknya kamu tidak perlu mengabaikannya. Tidak hanya daging, terdapat khasiat dari kulit manggis yang juga luar biasa. 

Di dalam kulit manggis, terdapat manfaat kesehatan karena pasokan nutrisi, serat, dan antioksidan yang unik dan tidak ditemukan pada buah lain. Salah satu zat menjadikannya istimewa adalah xanthone. Zat ini dikenal sebagai bahan aktif yang bersifat antioksidan yang tinggi sehingga mendukung kinerja organ tubuh, salah satunya jantung.

Baca juga: 6 Buah yang Berkhasiat untuk Pengidap Penyakit Jantung

Lantas, Apa Khasiat Kulit Manggis untuk Jantung?

Khasiat kulit manggis dipercaya oleh masyarakat dapat mencegah penyakit jantung. Kulit manggis mengandung sejumlah mineral, seperti mangan, tembaga, kalium, dan magnesium. Kalium adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang berperan dalam mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Nah, kondisi ini yang diduga memberikan tubuh perlindungan dari stroke dan penyakit jantung koroner. Namun, banyak dari manfaat yang dirasakan dari kulit manggis ini belum dibuktikan secara ilmiah dalam studi manusia.

Melansir dari Healthline, bentuk kulit manggis yang lebih terkonsentrasi seperti suplemen, jus, atau bubuk tidak selamanya aman. Penelitian awal menunjukkan bahwa xanthones yang ditemukan dalam suplemen herbal dapat memperlambat proses pembekuan darah. Karena manggis adalah sumber kaya xanthones, mungkin ide yang baik untuk menghindari sumber terkonsentrasi jika memiliki kondisi pembekuan darah atau sedang minum obat pengencer darah.

Selain itu, penelitian untuk menentukan apakah suplemen manggis aman untuk wanita hamil atau menyusui saat ini tidak cukup. Jadi, mungkin yang terbaik untuk menghindarinya selama tahap hamil dan menyusui. Selalu konsultasikan dengan dokter atau profesional kesehatan berkualifikasi lainnya sebelum membuat perubahan signifikan pada pola makan atau hendak mengonsumsi suplemen nutrisi baru. Kamu bisa chat dengan dokter melalui Halodoc untuk mendapatkan saran kesehatan dari dokter asli. 

Baca juga: 9 Keajaiban Manggis Madu untuk Kesehatan

Panduan Jika Ingin Mencoba Kulit Manggis

Mungkin kamu tergoda dengan maraknya iklan ekstrak kulit manggis di media massa sejak beberapa waktu lalu. Jika ingin mencobanya, maka ketahui cara mengonsumsi obat herbal ini supaya khasiat kulit manggis tersebut bisa didapatkan secara maksimal. Panduan yang bisa kamu lakukan, yaitu: 

  • Pastikan membeli produk ekstrak kulit manggis yang telah terdaftar di BPOM RI;

  • Periksa tanggal kedaluwarsa.

  • Meski dibuat dari bahan alami, obat herbal tidak selalu aman dikonsumsi. Begitu pula dengan ekstrak kulit manggis. Mengenai keamanan ekstrak kulit manggis, sejauh ini belum diketahui dengan jelas informasi keamanannya;

  • Iklan produk ekstrak kulit manggis sangat terkenal, tetapi tidak bisa dijadikan patokan suatu produk yang benar-benar manjur atau tidak. Dari segi kepercayaan, pengobatan herediter atau ranah pengobatan tradisional mungkin berupa ekstrak kulit manggis yang diprimadonakan. Namun, manfaat kulit manggis dalam hal medis masih perlu bukti lebih lanjut.

Jadi, meski banyak manfaatnya tetapi pastikan untuk memastikannya pada dokter ya jika hendak konsumsi ekstrak kulit manggis agar kesehatan tetap terjaga dengan baik, ya!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Health Benefits of Mangosteen.
Steemit. Diakses pada 2020. The Benefits of Mangosteen Skin and Its Truth.
Web MD. Diakses pada 2020. Find a Vitamin or Supplement: Mangosteen.