15 October 2018

Selain Salmon, 5 Ikan Ini Juga Tak Kalah Menyehatkan

selain salmon, 5 ikan ini juga tak kalah menyehatkan

Halodoc, Jakarta – Ikan adalah salah satu sumber makanan yang dikenal sangat baik dalam mencukupi kebutuhan nutrisi dan gizi untuk kesehatan tubuh kamu. Protein yang tinggi menjadi salah satu alasan kenapa ikan perlu dikonsumsi.

Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan protein dan juga gizi dalam tubuh. Padahal, masih ada beberapa jenis ikan lainnya yang tentu juga memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi.

Berikut adalah beberapa ikan yang menyehatkan tidak kalah dari ikan salmon:

1. Ikan Lele

Ikan lele adalah salah satu jenis ikan tawar yang paling mudah kita jumpai di pasar. Meskipun ikan lele terkadang dipandang sebelah mata, tapi ikan ini juga tidak kalah menyehatkan dari ikan salmon. Omega-3 yang terkandung dalam ikan lele nyatanya dapat membantu kamu untuk menjaga kesehatan. Tidak hanya itu, bagi ibu hamil omega-3 juga sangat diperlukan untuk kesehatan dan perkembangan janin. Jadi, tidak ada salahnya mengganti menu ikan salmon dengan ikan lele. Tidak hanya omega-3, ikan lele juga mengandung protein, vitamin B12, dan fosfor yang cukup tinggi.

2. Ikan Kembung

Ikan kembung juga salah satu jenis ikan yang cukup mudah dijumpai di Indonesia. Nyatanya, kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat dalam ikan kembung juga tidak kalah dari ikan salmon. Omega 9 dan omega 6 yang terkandung dalam ikan kembung lebih baik daripada ikan salmon. Selain itu, ikan kembung juga mengandung berbagai jenis vitamin seperti vitamin A dan vitamin D.

3. Ikan Gurame

Mungkin banyak yang menyepelekan ikan gurame. Padahal, ikan gurame adalah salah satu ikan yang memiliki kandungan nutrisi dan gizi cukup tinggi. Kandungan omega 3 yang cukup tinggi ini dapat membantu perkembangan otak. Selain itu, ikan gurame mengandung protein yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk perkembangan massa otot kamu. Tidak ada salahnya memasukan ikan gurame dalam menu sehat kamu. Asam amino yang ada di gurame juga bisa kamu gunakan sebagai energi pengganti dari bagian tubuh yang mengalami kerusakan.

4. Ikan Bandeng

Ikan bandeng adalah salah satu ikan yang cukup banyak ditemukan di kawasan Asia. Meskipun ikan ini memiliki cukup banyak duri, tapi kandungan omega-3 dan proteinnya yang cukup tinggi dapat membantu kamu terhindar dari beberapa penyakit seperti kolesterol. Ikan bandeng juga memiliki kandungan vitamin B12 yang dapat membantu proses ekskresi dan pembuangan limbah yang tidak diperlukan oleh tubuh. Tentu hal ini akan membuat menyehatkan ginjal kamu.

5. Ikan Tuna

Ikan tuna memiliki kandungan protein yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk kamu konsumsi. Tidak hanya itu, ikan tuna dapat membantu kamu dalam menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena ikan tuna memiliki kandungan lemak baik yang cukup tinggi. Selain itu, kandungan vitamin B6 yang cukup tinggi sehingga membantu produksi hemoglobin dalam tubuh kamu.

Mengonsumsi ikan memang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh kamu. Tapi, jangan lupa untuk tetap mengonsumsi buah dan sayuran agar nutrisi dan gizi dalam tubuh kamu tetap tercukupi dan seimbang. Jika kamu memiliki keluhan terhadap kesehatan kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc. Yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: