Begini Cara Memasak Ikan yang Sehat

cara memasak ikan yang sehat
DIET & NUTRISI 07 September 2018

Halodoc, Jakarta – Ikan sudah dikenal banyak orang sebagai makanan yang punya banyak nutrisi. Itulah mengapa rajin mengonsumsi ikan bisa memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun sayangnya, tidak banyak orang yang tahu cara mengolah ikan yang sehat. Ikan lebih sering diolah dengan digoreng karena cara tersebut adalah yang paling mudah. Padahal, mengonsumsi makanan yang digoreng bisa menimbulkan dampak tersendiri bagi kesehatan tubuh. Yuk, intip cara memasak ikan yang sehat di sini.

Manfaat Makan Ikan

Beberapa jenis ikan, seperti ikan salmon dan ikan tuna kaya akan asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk mengurangi risiko berbagai penyakit, mulai dari jantung, stroke, depresi, sampai Alzheimer. Ikan juga dikenal sangat baik untuk meningkatkan kemampuan otak. Menurut penelitian terbaru dari University of Pittsburgh School of Medicine, orang yang makan ikan secara teratur memiliki volume otak yang lebih besar yang berkaitan dengan memori dan fungsi kognisi. Namun, ikan perlu diolah dengan cara yang benar agar kamu bisa mendapatkan manfaatnya yang maksimal.

Cara Memasak Ikan yang Sehat dan Enak

Memang memasak ikan yang paling mudah dan enak adalah dengan cara digoreng. Namun menurut penelitian, ikan yang diolah dengan cara digoreng ternyata mengandung kalori lebih tinggi daripada ikan yang diolah dengan cara dipanggang, direbus, atau dikukus. Selain itu, memasak ikan dengan cara dibakar juga bisa dilakukan untuk mendapatkan nutrisi yang maksimal dari ikan, tetapi tetap terasa enak ketika dimakan.

Namun, kamu juga perlu menyesuaikan cara memasak dengan jenis ikan yang akan dikonsumsi. Pasalnya, setiap jenis ikan memiliki cara olah tersendiri baru bisa menghasilkan rasa yang lezat. Untuk jenis ikan dengan banyak kandungan lemak di dalamnya, cocok diolah dengan cara dibakar, dikukus dan dipanggang. Berikut cara-cara memasak ikan yang sehat dan juga enak:

1. Baking

Teknik mengolah ikan yang satu ini sangat cocok buat kamu yang ingin menghidangkan ikan dalam bentuk utuh. Agar tetap sehat, perhatikan jumlah mentega, minyak, mayones,, atau keju yang kamu tambahkan ke dalam menu ikan tersebut. Sebaiknya jangan berlebihan agar kolesterol tidak naik. Kamu juga bisa menambahkan racikan bumbu dan rempah-rempah, seperti perasan jeruk nipis dan campuran bawang putih, jahe parut dan cabai rawit agar rasa ikan semakin enak dan segar.

2. Poaching

 

Poaching adalah teknik mengolah ikan dengan cara direbus agar kamu bisa menyajikan ikan dengan potongan daging yang lembut, tetapi tidak mudah hancur. Untuk mendapatkan nutrisi ikan yang maksimal, rebuslah ikan dengan menggunakan kaldu sayur atau ayam. Setelah ikan matang, biarkan sampai ikan menjadi dingin, kemudian suwir-suwir ikan ke dalam salad yang berisi sayuran. Jadi deh, menu fish salad yang sangat sehat. Selain salad, kreasi ikan rebus lainnya yang juga enggak kalah sehat adalah sup ikan dan ikan rebus dengan tumis sayuran.

3. Pan Frying

 

Sesekali mengolah ikan dengan cara digoreng tidak masalah, asal kamu tetap memerhatikan jenis minyak yang digunakan untuk menggoreng. Agar lebih sehat, gunakanlah sedikit mentega dan minyak zaitun untuk memasak ikan di atas wajan anti lengket. Kandungan vitamin A, E, K, dan selenium yang terdapat di dalam mentega akan menambahkan nutrisi yang baik untuk tubuhmu. Sementara minyak zaitun digunakan untuk menjaga mentega agar tidak hangus. Setelah panas, tambahkan rempah-rempah, seperti bawang putih dan jahe yang dapat menguatkan rasa.

4. Grilling

 

Ikan salmon, tuna, dan halibut sangat cocok diolah dengan teknik ini. Grilling merupakan teknik memasak ikan yang dipotong sesuai selera dan dipanggang di atas panggangan terbuka atau grill. Setelah ikan selesai dipanggang, hidangkan ikan dengan makanan sehat lainnya, seperti tumis sayuran, tumis jamur, kentang, selada, atau ubi jalar. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan banyak tambahan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Selain teknik memasak, memilih ikan yang segar juga sangat penting agar kamu bisa mendapatkan nutrisi yang maksimal. Saat membeli ikan, pilihlah ikan dengan tingkat kelembaban yang baik, permukaan kulit yang mengkilap, warna insang yang cerah, dan mata yang bening. Aroma ikan yang baik juga semestinya seperti aroma laut atau ikan, bukan beraroma manis.

Bila kamu ingin tahu lebih lanjut seputar tips-tips mengonsumsi ikan yang sehat, gunakan saja aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter untuk bertanya dan minta saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga:


Rekomendasi Artikel

KECANTIKAN

17 September 2018

Superman Complex dapat berkembang dari perasaan dan kejadian kecil di sekitar kita. Seperti terlalu seringnya ...

Selengkapnya

SEKS

17 September 2018

Agar tak susah ereksi saat memakai kondom, kenali tiga hal yang bisa memicunya. ...

Selengkapnya

IBU & ANAK

17 September 2018

Agar perkembangan bicara anak lancar, sebaiknya ibu perlu mengetahui dampak gadget bagi dirinya....

Selengkapnya