Ayo Minum Infused Water Setiap Pagi, Ini Manfaatnya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Minum Infused Water Setiap Pagi, Ini Manfaatnya

Halodoc, Jakarta - Kamu mungkin sudah familiar dengan infused water. Minuman satu ini juga disebut sebagai air detoksifikasi, yang dicampur dengan buah-buahan dan herbal. Minuman ini dikenal memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Selain menjaga agar kamu tetap terhidrasi, air yang sudah tercampur buah-buahan ini dapat membantu meringankan sejumlah gejala tidak nyaman. 

Meminum infused water sebaiknya kamu masukkan dalam rutinitas pagi kamu. Air ini tidak hanya menarik dari segi estetika, tapi juga penuh akan vitamin dan nutrisi. Sekitar 20 persen vitamin dan nutrisi dalam buah-buahan dan sayuran tertentu dapat diserap saat dimasukkan ke dalam air selama beberapa jam atau dibiarkan semalaman. Inilah manfaat lainnya jika kamu rutin minum infused water setiap pagi:

1. Memenuhi Hidrasi

Wanita perlu mendapatkan makanan bergizi setidaknya 91 ons per hari dan pria harus mendapatkan 125 ons. Ini juga termasuk air dari makanan dan minuman. Air merupakan minuman terbaik untuk hidrasi, tetapi beberapa orang tidak menyukai rasa air. Kamu dapat menambahkan lemon sebagai infused water untuk meningkatkan rasa air yang dapat membantu kamu minum lebih banyak.

Baca juga: 5 Manfaat Infused Water Bagi Tubuh

2. Sumber Vitamin C yang Baik

Buah-buahan yang sering dijadikan infused water seperti lemon, stroberi, atau timun, kaya akan vitamin C dan antioksidan utama yang membantu melindungi sel dari kerusakan radikal bebas. Kamu mungkin pernah mendengar bahwa vitamin C dapat membantu mencegah atau membatasi durasi flu biasa pada beberapa orang. Di samping itu, vitamin C juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, dan menurunkan tekanan darah.

3. Dapat Menurunkan Berat Badan

Antioksidan yang ditemukan dalam buah yang sering digunakan sebagai infused water secara signifikan dapat mengurangi kenaikan berat badan, terutama bagi yang mengalami obesitas. Infused water dapat mengimbangi efek negatif pada kadar glukosa darah dan meningkatkan resistensi insulin, dua faktor utama dalam pengembangan diabetes tipe 2. 

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin C yang ditemukan dalam lemon dapat membantu mengurangi kerutan kulit, kulit kering akibat penuaan, dan kerusakan kulit akibat sinar matahari. Jika kulit kehilangan kelembapan, kulit akan menjadi kering dan cenderung keriput. Minuman berbasis jeruk dapat membantu mencegah terjadinya keriput.

Baca juga: Infused Water Mampu Turunkan Berat Badan, Mitos atau Fakta?

5. Melancarkan Pencernaan

Beberapa orang meminum infused water sebagai pencahar pagi setiap hari untuk mencegah sembelit. Minum infused water saat bangun tidur dapat membantu sistem pencernaan kamu bergerak. Rasa asam  dapat membantu merangsang “agni” kamu. Agni yang kuat memulai sistem infused waterpencernaan, memungkinkan kamu untuk mencerna makanan lebih mudah dan membantu mencegah penumpukan racun. 

6. Menyegarkan Napas

Kamu tentu pernah menggunakan lemon atau jeruk nipis di tangan untuk menghilangkan bau bawang putih atau bau menyengat lainnya. Manfaat yang sama juga berlaku untuk menghilangkan bau mulut yang disebabkan oleh makan makanan dengan bau yang kuat seperti bawang putih atau ikan. Kamu dapat menghindari bau mulut dengan minum segelas infused water setelah makan di pagi hari. Infused water juga mampu merangsang air liur untuk membantu mencegah mulut kering, yang dapat menyebabkan bau mulut yang disebabkan oleh bakteri. 

Baca juga: Perut Rata dengan Infused Water Lemon, Benarkah?

7. Mencegah Batu Ginjal

Asam sitrat dalam lemon pada infused water dapat membantu mencegah batu ginjal. Sitrat, komponen asam sitrat, secara paradoksik membuat urine menjadi kurang asam dan bahkan dapat memecah batu kecil.

Kemungkinan masih banyak manfaat lainnya. Kamu juga dapat berdiskusi pada dokter melalui aplikasi Halodoc mengenai makanan dan minuman sehat lainnya. Ayo, download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:

Health Line. Diakses pada 2019. Benefits of Lemon Water