Mengecilkan Perut Buncit, Ini Manfaat Infused Water Lemon

Ditinjau oleh: dr. Fitrina Aprilia
Mengecilkan Perut Buncit, Ini Manfaat Infused Water Lemon

Halodoc, Jakarta – Memiliki perut yang rata menjadi impian banyak orang. Terkadang, meski berat badan sudah ideal namun perut buncit bisa saja masih ada. Tak jarang, hal itu bisa membuat seseorang merasa terganggu dan menganggap penampilannya tidak sempurna. Kalau sudah begitu, biasanya seseorang rela melakukan apa saja untuk menghilangkan perut buncit. 

Belakangan ini, konsumsi infused water mulai populer dan disebut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk menghilangkan perut buncit. Masalah perut buncit disebut bisa ditangani dengan rutin mengonsumsi infused water lemon. Benarkah jenis minuman sehat ini ampuh mengecilkan perut? Selain itu, apalagi manfaat dari infused water lemon? 

Baca juga: Infused Water Mampu Turunkan Berat Badan, Mitos atau Fakta?

Mengenal Manfaat Infused Water untuk Tubuh 

Infused water semakin populer dan disebut bisa memberi banyak manfaat sehat, mulai dari menurunkan berat badan, membantu proses detox tubuh, dan menjaga kesehatan secara menyeluruh. Infused water merupakan minuman sehat yang dibuat dengan merendam potongan buah-buahan segar, sayuran, herbal, atau rempah-rempah ke dalam air mineral. Hampir semua jenis buah bisa digunakan untuk membuat infused water, termasuk lemon. 

Salah satu tips untuk mendapatkan perut rata adalah mengonsumsi air lemon atau infused water lemon rutin setiap pagi hari. Tapi perlu diingat, konsumsi air lemon pada pagi hari hanya dianjurkan pada orang yang tidak memiliki masalah dengan lambung atau penyakit di sekitar perut. Infused water lemon disebut lebih berkhasiat jika dikonsumsi pada pagi hari. Minum infused water lemon di pagi hari juga bisa membantu menekan nafsu makan, sehingga tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan di sepanjang hari. 

Infused water diklaim memiliki banyak manfaat sehat untuk tubuh. Meski begitu, tidak semua klaim dari minuman yang disebut sehat ini bisa dibuktikan secara ilmiah. Ada beberapa manfaat yang disebut bisa didapat dari konsumsi infused water lemon, salah satunya membantu menurunkan berat badan.  

Baca juga: Bisa Jadi Pemanis Infuse Water, Kenali 6 Manfaat Kayu Manis

Salah satu jenis buah yang paling sering dikonsumsi saat seseorang menjalankan diet untuk mendapat penurunan berat badan. Infused water lemon diyakini bisa menurunkan berat badan karena memiliki kandungan pektin. Jenis serta ini bisa memberi rasa kenyang lebih lama sehingga menghindari keinginan tubuh untuk makan secara berlebihan. 

Asupan pektin dalam lemon juga disebut bisa mengurangi asupan kalori sehingga tubuh tidak mudah gemuk. Sayangnya, hal itu tidak sepenuhnya benar. Kandungan pektin dalam buah lemon nyatanya tidak terlalu banyak untuk bisa menurunkan berat badan secara instan. Meski begitu, bukan berarti konsumsi infused water lemon tidak bermanfaat sama sekali. 

Lemon merupakan jenis buah yang rendah kalori dan baik untuk mengontrol kalori yang masuk. Hal itu sangat dibutuhkan saat seseorang tengah menjalani program penurunan berat badan. Namun sebaiknya hati-hati dalam memilih cara mengolah buah yang satu ini. Pasalnya, buah lemon yang diperas atau dipotong-potong disebut mengalami penurunan kandungan serat. Namun tak dapat dimungkiri, konsumsi infused water lemon bisa menjadi salah satu pilihan sehat untuk mencapai berat badan impian. Tentunya, lengkapi konsumsi infused water dengan mengonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga, ya. 

Baca juga: 7 Manfaat Lemon Bagi Kesehatan

Cari tahu lebih lanjut seputar manfaat infused water lemon dan tips menurunkan berat badan dari dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi: 

Infusedwater.com (2019). Ingredients. Retrieved from Infused Waters
Wellwire (2019). Flavoring Water at Home
Web MD (2019). Super Waters: Health or Hype?