20 February 2019

Serba-Serbi Penanganan Patah Pergelangan Kaki yang Tepat

serba serbi penanganan patah pergelangan kaki yang tepat

Halodoc, Jakarta – Patah pergelangan kaki atau ankle fracture adalah kondisi yang paling sering terjadi pada para atlet. Hal ini karena saat berolahraga, para atlet rentan mengalami terkilir, jatuh, salah menapak, atau cedera yang bisa menyebabkan pergelangan kaki patah. Tingkat keparahan patah pergelangan kaki ada bermacam-macam, mulai dari yang ringan sampai patah sepenuhnya hingga menembus kulit. Meski demikian, patah pergelangan kaki masih bisa diperbaiki dengan melakukan prosedur yang tepat. Simak cara-cara penanganan patah pergelangan kaki yang tepat di sini.

Baca juga: Awas, Ini Cedera yang Biasa Terjadi saat Bermain Bulutangkis

Tahukah kamu, pergelangan kaki kita terdiri dari tiga bagian tulang, yaitu tibia sebagai tulang inti yang terletak pada medial (dalam) kaki, fibula yang terletak di bagian luar kaki, dan talus sebagai dasarnya. Ujung tulang tibia dan fibula disebut dengan maleolus. Ketiga tulang tersebut akan membentuk suatu lengkungan yang terletak persis di atas talus.

Pergelangan kaki juga diselimuti oleh kapsul sendi dan cairan sinovial yang bermanfaat untuk mengurangi gesekan berlebih pada sendi pergelangan kaki. Pergelangan kaki berisiko tinggi untuk mengalami cedera bila sendi di area tersebut robek atau ada salah satu tulang yang patah.

Bila kamu pergelangan kakimu terkilir dan mendengar ada suara tulang yang patah, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter ortopedi. Selain melakukan pemeriksaan fisik, dokter ortopedi mungkin juga akan melakukan tes pemindaian, seperti X-ray, CT scan, MRI, ataupun bone scan untuk melihat adanya retak atau patah pada tulang pergelangan kaki dan mengetahui lokasi patah tulang yang tepat.

Bila pergelangan kaki yang kamu alami masih ringan, maka dokter akan memasangkan gips untuk menjaga agar pergelangan kakimu tidak bergeser, serta memberikan obat pereda rasa sakit. Usahakanlah agar gips tidak basah. Kamu bisa menggunakan kruk atau tongkat penopang untuk berjalan agar tidak membebani pergelangan kaki yang patah.

Periksakan diri kembali ke dokter setelah beberapa minggu agar dokter dapat memantau perkembangan kondisi pergelangan kaki kamu. Untuk meredakan bengkak dan rasa sakit yang timbul akibat patah pergelangan kaki, kamu bisa mengompres kaki yang patah dengan es, menyanggah kaki agar posisinya sedikit lebih tinggi, serta minum obat pereda rasa sakit, seperti parasetamol, naproxen atau ibuprofen.

Namun, bila kondisi pergelangan kaki yang patah cukup parah, maka perlu dilakukan operasi untuk menangani dan menyambungkan kembali tulang yang patah. Operasi dilakukan dengan cara memasangkan sekrup, kawat, dan pelat yang berguna untuk mempertahankan posisi tulang selama proses penyembuhan. Agar ujung tulang yang patah dapat tersambung kembali, pergelangan kaki juga tidak boleh digerakkan sama sekali.

Lamanya waktu penyembuhan patah pergelangan kaki berbeda-beda pada setiap pengidap, tergantung tingkat keparahannya. Tapi, biasanya pergelangan kaki akan membaik dalam waktu sekitar 2–3 bulan. Sedangkan untuk bisa menggerakkan kaki bagian bawah secara normal kembali, dibutuhkan waktu yang lebih lama.

Baca juga: Patah Tulang, Ini Waktu yang Dibutuhkan untuk Kembali Normal

Namun, bila setelah operasi kamu mengalami gejala-gejala yang menandakan adanya masalah saraf atau suplai darah ke pergelangan kaki atau infeksi seperti di bawah ini, segera temui dokter.

  • Kulit di area sekitar pergelangan kaki berubah warna menjadi biru

  • Pergelangan kaki membengkak

  • Jari kaki mati rasa atau muncul sensasi seperti ditusuk jarum

  • Luka bekas operasi di pergelangan kaki mengeluarkan cairan yang berbau tidak sedap.

Selain itu, cara lain yang mungkin akan direkomendasikan dokter untuk menangani pergelangan kaki yang mengalami dislokasi adalah reduksi. Proses pengembalian tulang ke posisi semula ini akan dilakukan secara manual, namun pengidap akan diberikan obat bius atau anestesi terlebih dahulu sebelum tindakan ini dilakukan.

Kamu mungkin juga perlu melakukan terapi untuk melemaskan otot dan ligamen yang kaku di kaki dan pergelangan kaki. Terapi ini bisa dilakukan setelah tulang sembuh untuk meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas.

Baca juga: 5 Cedera yang Butuh Perawatan Fisioterapi

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menangani patah pergelangan kaki. Bicarakan dengan dokter ortopedi untuk menentukan tindakan penanganan yang tepat. Kamu juga bisa menghubungi dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc untuk minta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.