• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sering Kesulitan Tidur? Ini 8 Penyebabnya

Sering Kesulitan Tidur? Ini 8 Penyebabnya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Jika kamu sering mengalami kesulitan tidur, berarti sedang ada yang salah dengan dirimu. Jika hal ini kerap terjadi, kamu akan mengalami penurunan kualitas tidur yang akan berdampak pada kesehatanmu. Kesulitan tidur akan ditandai dengan rasa kantuk pada siang hari, serta siklus tidur dan bangun yang tidak teratur. Kenali penyebabnya di bawah ini!

Baca juga: Susah Tidur? Ini yang Perlu Dilakukan

  • Selalu Ingin Buang Air Kecil

Buang air kecil di malam hari dikenal dengan sebutan nocturia. Hal ini dapat terjadi karena banyak pemicu, salah satunya adalah konsumsi banyak air putih pada malam hari. Alhasil, keseimbangan air dan elektrolit akan turun, karena terlalu banyak air dalam tubuh tanpa diimbangi dengan asupan garam. Hal inilah yang menyebabkan kamu sering buang air kecil di malam hari. 

  • Udara yang Panas

Panasnya udara ternyata dapat mempersulit untuk tidur lelap. Tak hanya faktor udara saja, bahan pakaian yang kamu kenakan, selimut, dan seprai juga memengaruhi. Untuk menjaga kualitas tidur, pertimbangkan untuk menjaga tubuh pada suhu yang tepat. Dalam hal ini, kamu dapat menetapkan suhu kamar antara 60-65° F.

  • Mengalami Depresi Ringan

Depresi, baik ringan maupun berat akan berdampak pada kualitas tidur seseorang. Depresi akan meningkatkan kinerja otak pada malam hari karena kekhawatiran yang berlebihan pada hal-hal yang sedang dipikirkan. Jika hal ini terjadi setiap hari di sepanjang malam, kesehatan mentalmu bisa saja terpengaruh. 

  • Kecanduan Media Sosial

Manusia milenial saat ini memang tidak bisa dipisahkan dengan media sosial, apalagi dengan gosip-gosip yang sedang heboh diberitakan. Terlalu lama menatap layar ponsel malam hari ternyata dapat menghentikan tubuh memproduksi melatonin, yaitu hormon tidur. Dalam hal ini, kamu bisa membuat batasan waktu dalam bermain ponsel. 

Baca juga: Jangan Anggap Sepele, Gangguan Tidur Membahayakan Kesehatan

  • Umur yang Semakin Menua

Tubuh masing-masing orang memiliki jam biologis untuk menentukan kapan waktu yang baik untuk tidur. Namun, seiring bertambahnya usia, jam tidur mulai bergeser. Ketika usia mencapai 60-an, biasanya seseorang akan bangun 2 jam lebih awal dari yang biasanya dilakukan di usia 30-an.

  • Konsumsi Alkohol Sebelum Tidur

Pada beberapa orang, alkohol memang akan membuat rasa kantuk, jika dikonsumsi dengan wajar. Namun, tidak bagi sebagian orang. Untuk menciptakan kualitas tidur yang baik, sebaiknya jangan mengonsumsi minuman beralkohol beberapa jam sebelum tidur.

  • Mengidap Masalah Pernapasan

Seseorang dengan hidung tersumbat akan sangat kesulitan bernapas pada malam hari. Bukan hanya itu, para pengidap septum hidung, polip hidung, dan amandel yang memiliki penyakit permanen tersebut akan mengalami kesulitan tidur pada setiap malam. Ketika kamu mengidap sejumlah penyakit tersebut, diskusikan dengan dokter di aplikasi Halodoc guna menciptakan tidur yang berkualitas.

  • Mengidap Sleep Apnea

Sleep apnea merupakan gangguan tidur serius. Pengidap akan mengalami henti napas selama tidur. Jika hal ini terjadi, organ tubuh, terutama otak tidak akan mendapat oksigen yang cukup, sehingga kualitas tidur akan terganggu.

Baca juga: Kenali 3 Tanda Alami Gangguan Tidur Selain Sulit Tidur Malam

Pada dasarnya, kualitas tidur dapat dibentuk dengan penerapan pola hidup sehat. Jika tidak memiliki penyakit tertentu dan mengalami serangkaian gejala kesulitan tidur, cobalah untuk membatasi asupan gula, kelola stres dengan baik, rutin berolahraga, konsumsi makanan sehat bergizi seimbang, hindari konsumsi kafein dan alkohol sebelum tidur, serta berhenti merokok.

Referensi:
Prevention. Diakses pada 2019. 15 Reasons You Keep Waking up in the Middle of the Night, According to Doctors.
National Sleep Foundation. Diakses pada 2019. What Causes Insomnia?