• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sering Panik Menjelang Persalinan, Apa yang Harus Dilakukan?

Sering Panik Menjelang Persalinan, Apa yang Harus Dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Sering Panik Menjelang Persalinan, Apa yang Harus Dilakukan?

Halodoc, Jakarta - Panik dan cemas menjelang persalinan adalah kondisi yang cukup umum terjadi. Apalagi bagi wanita yang pertama kali hamil, mereka akan berpikir bahwa melahirkan adalah peristiwa besar dalam hidup mereka. Jadi, sangat wajar jika ibu merasa takut. 

Namun, sebaiknya ibu tidak terlalu membebani diri sendiri akan perasaan ini. Ingatlah bahwa ibu tidak akan menghadapi ini sendirian. Ibu akan memiliki bidan atau dokter yang akan ada untuk mendukung dan menjaga ibu. Mereka memiliki banyak pengalaman dalam membantu wanita melalui persalinan dan kelahiran. Mereka juga bisa memberikan pereda nyeri dalam dosis kecil atau lebih besar, tergantung pada perasaan yang dialami.

Baca juga: Menonton Video Persalinan sebelum Melahirkan, Boleh atau Tidak?

Cara Mengatasi Kepanikan Menjelang Persalinan

Ada beberapa hal yang mungkin ibu perlu lakukan untuk menenangkan perasaan dan mencegah panik berlebih menjelang persalinan. Caranya antara lain: 

  • Beri tahu bidan atau dokter bagaimana perasaan yang ibu alami karena mereka mungkin bisa meyakinkan ibu.
  • Berbicaralah dengan seseorang yang ibu percayai seperti pasangan, teman, atau anggota keluarga.
  • Mulailah memikirkan bagaimana ibu ingin melahirkan dan membuat rencana kelahiran. Ini akan membantu ibu merasa lebih teratur dan terkendali, sehingga mungkin seharusnya tak ada yang perlu ibu takutkan.
  • Datangi kelas khusus, seperti yoga kehamilan atau semacamnya. Kelas ini akan memberi ibu kesempatan untuk bertemu orang-orang dengan situasi serupa dan mencari tahu lebih banyak tentang apa yang terjadi dalam persalinan.
  • Pertimbangkan melakukan hypnobirthing, yang dapat membantu ibu lebih rileks.
  • Mintalah orang-orang untuk tidak membagikan kisah kelahiran mereka jika menurut ibu itu tidak membantu.
  • Cari tahu lebih banyak tentang hal-hal positif untuk mempersiapkan persalinan.
  • Pilih pasangan lahir atau teman saat di ruang persalinan yang tahu bagaimana membuat ibu tetap tenang dan meyakinkan ibu.
  • Hindari membaca cerita tentang persalinan yang dramatis. Sebab, hal ini bisa bikin ibu semakin cemas dan panik. 

Baca juga: Ini 5 Manfaat Melahirkan Ditemani Suami

Mengenal TokoFobia, Ketakutan untuk Melahirkan

Kondisi ini memang cukup jarang terjadi, tetapi beberapa wanita sangat takut melahirkan sehingga mereka tidak ingin melanjutkannya. Kondisi Ini disebut tokofobia dan bisa terjadi pada kehamilan apa pun. Ketakutan yang parah terhadap persalinan juga dapat memengaruhi keputusan mereka tentang cara melahirkan bayi mereka. 

Wanita yang sangat takut melahirkan sering kali mengalami depresi atau kecemasan juga. Mungkin sulit bagi orang lain untuk memahami bagaimana seseorang bisa begitu ketakutan tentang sesuatu yang mereka anggap 'sangat alami'. Namun, tokofobia adalah kondisi kesehatan mental dan wanita yang mengalaminya membutuhkan perawatan dan dukungan.

Beberapa wanita sangat takut melahirkan karena mereka memiliki pengalaman melahirkan yang traumatis. Dalam kasus ini, mereka mungkin mengalami gangguan stres pascatrauma. Ini adalah kondisi yang berbeda dengan tokofobia dan membutuhkan perawatan berbeda.

Baca juga: Ini yang Harus Disiapkan Jelang Persalinan

Hal yang Perlu Diperhatikan Jelang Persalinan

Ingat, ibu perlu beri tahu bidan atau dokter bagaimana perasaan ibu sedini mungkin dalam kehamilan. Mereka mungkin bisa meyakinkan ibu. Ingat, kecemasan adalah kondisi kesehatan mental dan bukan tanda kelemahan. Ini adalah sesuatu yang akan hilang dengan sendirinya atau ibu akan pelan-pelan melupakannya kelak. 

Namun, jika kecemasan dan kepanikan semakin parah, ibu harus dirujuk ke spesialis kesehatan mental khusus ibu hamil. Ibu juga bisa menghubungi psikolog di Halodoc untuk mendapatkan tips bermanfaat untuk mencegah kepanikan dan ketakutan berlebihan menjelang persalinan. Psikolog akan selalu sedia memberikan semua saran yang mungkin akan membantu hanya lewat smartphone

Referensi:
Parents. Diakses pada 2020. What to Do If You're Afraid of Giving Birth.
Tommy's. Diakses pada 2020. Is It Normal To Be So Worried About Giving Birth?
Web MD. Diakses pada 2020. Calming Your Labor and Delivery Fears.