04 February 2018

Sering Tidak Disadari, Ini Gejala Hepatitis A yang Perlu Kamu Ketahui

Sering Tidak Disadari, Ini Gejala Hepatitis A yang Perlu Kamu Ketahui

Halodoc, Jakarta – Hepatitis A adalah penyakit radang organ hati yang disebabkan oleh virus hepatitis tipe A (HAV) yang menyerang sel-sel hati manusia. Sebagian besar pengidap hepatitis A adalah anak-anak dan hanya satu dari sepuluh pengidap hepatitis A di bawah usia enam tahun yang mengalami sakit kuning. Sementara bila sakit hepatitis A terjadi pada remaja dan orang dewasa bisa menyebabkan gejala yang lebih parah dan sebagian besar di antaranya akan mengalami sakit kuning.

Hepatitis A tidak sama dengan jenis hepatitis lain, hepatitis A tidak menyebabkan kerusakan organ hati permanen dan jarang sekali berlangsung bertahun-tahun. Namun, pada kondisi tertentu, hepatitis A bisa mengakibatkan organ hati tidak berfungsi secara tiba-tiba. Biasanya hal ini bisa terjadi pada pengidap berusia lanjut atau mereka yang memiliki riwayat penyakit organ hati yang kronis. Selain itu, pada sebagian pengidap infeksi ini bisa kambuh lagi.

Gejala Hepatitis A

Diperkirakan gejala-gejala hepatitis A mulai muncul sekitar empat minggu setelah infeksi terjadi. Kendati demikian, tidak semua pengidap hepatitis A akan menunjukkan gejala. Karena itulah penyakit ini kadang sulit dikenali. Gejala hepatitis A yang biasanya muncul diawali dengan:

  1. Demam
  2. Pusing
  3. Mual
  4. Muntah
  5. Sakit tenggorokan
  6. Batuk
  7. Kehilangan nafsu makan
  8. Kelelahan
  9. Nyeri pada sendi dan otot
  10. Sembelit atau bahkan mengalami diare
  11. Biduran

Gejala-gejala hepatitis A di atas biasanya akan berlangsung selama beberapa hari atau beberapa minggu. Sementara bila virus sudah menyebar sampai ke organ hati akan muncul gejala hepatitis A lanjutan seperti:

  1. Feses berwarna pucat
  2. Kulit dan mata terlihat menguning
  3. Kulit menjadi gatal-gatal dan muncul ruam
  4. Sakit di daerah perut bagian kanan apabila ditekan
  5. Urin berwarna gelap

Tetapi tidak semua pengidap mengalami gejala hepatitis A. Karena itu, penyakit ini kadang sulit untuk diketahui. Pada umumnya pengidap hepatitis A akan pulih sepenuhnya dalam waktu beberapa bulan. Gejala hepatitis A juga bisa hilang-timbul hingga enam bulan. Pengidap hepatitis A anak-anak di bawah usia enam tahun cenderung tidak menunjukkan gejala. Hanya satu dari 10 yang mengalami sakit kuning. Sedangkan pada remaja dan orang dewasa, penyakit ini biasanya menyebabkan gejala yang lebih parah dan sekitar 70 persen di antaranya akan mengalami sakit kuning.

Hepatitis A tidak seperti dua jenis hepatitis lainnya yakni hepatitis B dan hepatitis C, infeksi yang terjadi akibat hepatitis A ini tidak menyebabkan gangguan hati jangka panjang (kronis), dan biasanya jarang berakibat fatal. Namun, hepatitis A dapat menyebabkan munculnya gejala kerusakan hati akut, yang cukup berbahaya dan berisiko hilangnya nyawa seseorang.

Gejala dengan Kondisi yang Lebih Serius

Pada dasarnya hepatitis tidak berdampak serius, tapi untuk beberapa kondisi tertentu bisa mengakibatkan kegagalan fungsi organ hati. Gejala dari kegagalan fungsi organ hati, di antaranya:

  1. Kebingungan
  2. Mengantuk
  3. Mudah memar atau terluka, misalnya sering mimisan
  4. Muntah-muntah mendadak
  5. Sulit fokus dan sukar mengingat sesuatu

 

Itulah gejala hepatitis A baik awal maupun gejala lanjutan yang lebih serius. Jangan sampai menunggu hingga gejalanya semakin parah. Bagi kamu atau anggota keluarga kamu yang sudah menunjukkan tanda-tanda awal hepatitis A seperti yang dijelaskan di atas, segeralah tanyakan pada dokter ahli untuk memastikan kondisi kesehatanmu.

Kamu bisa mengandalkan aplikasi Halodoc untuk menanyakan kondisimu dengan dokter ahli atau spesialis yang ada di Halodoc. Di Halodoc, kamu bisa berdusikusi dengan dokter ahli maupun spesialis yang bisa kamu pilih sesuai keinginanmu. Kamu bisa berkomunikasi dengan dokter melalui pilihan komunikasi chat, voice atau video call. Sementara itu bila ingin membeli kebutuhan medis seperti obat atau vitamin bisa menggunakan menu Pharmacy Delivery yang akan mengantarkan ke tempat tujuan dalam waktu tidak kurang dari satu jam dan layanan terbarunya yang bernama Lab service. Kamu bisa melakukan cek lab dan para petugas pun bisa langsung segera datang ke lokasi yang kamu tuju, jangan lupa untuk menentukan jadwal terlebih dahulu. Jika sudah selesai, kamu pun juga bisa langsung melihat hasil cek lab langsung pada aplikasi Halodoc kamu.

Bukan hanya itu, sekarang Halodoc juga melengkapi fiturnya dengan menu Lab Service. Layanan baru ini memungkinkan kamu untuk memilih langsung paket pemeriksaan darah dan juga menentukan jadwal, lokasi, dan petugas lab yang akan datang ke lokasi tujuan. Hasil lab bisa dilihat langsung pada aplikasi layanan kesehatan Halodoc. Halodoc sendiri telah bekerjasama dengan laboratorium klinik terpercaya yaitu Prodia. Tak perlu ragu lagi ayo download aplikasi  Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga.

Baca juga : 4 Jenis Penyakit Kulit yang Perlu Diwaspadai