20 September 2018

Setelah Berhenti Merokok, Tubuh Tidak Langsung Bersih

berhenti merokok, merokok, setelah berhenti merokok

Halodoc, Jakarta – Jika kamu memutuskan untuk berhenti merokok, tentu itu baik bagi kesehatan. Berhenti merokok dapat memberikan perubahan yang luar biasa pada tubuh, terutama untuk kamu yang telah menjadi perokok jangka panjang. Perlu kamu ketahui, hanya lima tahun setelah berhenti, tubuh mulai memperbarui diri.

Efek berbahaya akibat kebiasaan merokok akan berada dalam tubuhmu untuk waktu yang cukup lama. Nyatanya, efek berbahaya tersebut baru akan benar-benar hilang setelah 15 tahun kamu menghentikan kebiasaan merokok. Wakil presiden Masyarakat Pernapasan Turki, profesor Ulku Yilmaz, menyatakan bahwa risiko seseorang terjangkit berbagai penyakit akan berkurang hingga 90 persen setelah 15 tahun berhenti merokok.

Menurut Profesor Yilmaz, kanker paru-paru adalah jenis kanker paling umum yang diidap akibat kebiasaan merokok, baik oleh perempuan maupun laki-laki. Sementara itu, menurut data tahun 2012, lebih dari 1,8 juta orang didiagnosis menderita kanker paru-paru di seluruh dunia, 1,6 juta di antaranya akhirnya kehilangannya nyawa. Jumlah pasien kanker paru diperkirakan mencapai 2,5 juta pada 2025.

Profesor Yilmaz mengatakan risiko kanker paru-paru hingga 30 kali lebih tinggi pada orang yang merokok. Sedangkan bagi yang tidak merokok, kemungkinan terkena kanker paru-paru lebih rendah dari 1 persen pada orang yang tidak pernah merokok dalam hidup mereka.

Yilmaz juga mengingkatkan, orang tidak boleh lupa bahwa risiko juga datang pada mereka yang bukan perokok. Pasalnya, risiko akan tetap mengintai pada seseorang yang terpapar asap rokok setiap harinya, atau juga disebut dengan perokok pasif.

Perubahan Tubuh Setelah Berhenti Merokok

1. Selama 20 Menit Setelah Berhenti Merokok

Kurang dari 20 menit setelah rokok terakhir kamu, detak jantung akan mulai menurun kembali ke tingkat normal.

2. Selama 2 Jam Setelah Berhenti Merokok

Setelah dua jam tanpa rokok, denyut jantung dan tekanan darah akan mengalami penurunan mendekati tingkat yang sehat. Sirkulasi perifer kamu juga mungkin meningkat.

3. Selama 12 Jam Setelah Berhenti Merokok

Hanya dalam waktu 12 jam setelah berhenti merokok, karbon monoksida dalam tubuh kamu akan menurun ke tingkat normal. Selain itu, kadar oksigen dalam darah akan meningkat sampai tingkat normal.

4. Selama 24 Jam Setelah Berhenti Merokok

Rata-rata serangan jantung di kalangan perokok 70 persen lebih tinggi daripada yang tidak merokok. Namun, percaya atau tidak, sehari penuh setelah kamu berhenti merokok, risiko kamu terkena penyakit jantung sudah mulai menurun. Meskipun belum sepenuhnya bebas, setidaknya kamu sudah melakukan tindakan yang tepat.

5. Selama 48 Jam Setelah Berhenti Merokok

Setelah 48 jam tanpa rokok, ujung saraf akan mulai tumbuh kembali, kemampuan mencium dan merasa akan meningkat. Hanya sedikit waktu lagi, kamu akan kembali menghargai hal-hal yang lebih baik dalam kehidupan.

6. Selama 72 Jam Setelah Berhenti Merokok

Pada waktu ini, berhenti merokok akan terasa berat. Mungkin kamu akan mengalami beberapa gejala fisik seperti sakit kepala, mual, atau kram di samping gejala emosional yang telah disebutkan sebelumnya.

7. Selama 2-3 Minggu Setelah Berhenti Merokok

Akibat berhenti merokok secara mendadak atau setelah beberapa minggu, kamu akan mulai benar-benar merasa berbeda. Kamu pada akhirnya bisa berolahraga dan melakukan aktivitas fisik tanpa merasa kehabisan napas dan sakit. Hal ini disebabkan sejumlah proses regeneratif mulai terjadi dalam tubuh, seperti peningkatan signifikan sirkulasi tubuh dan fungsi paru-paru. Setelah dua atau tiga minggu tanpa rokok, paru-paru akan mulai terasa lega dan kamu akan mulai bernapas dengan lebih mudah.

Itulah yang terjadi jika kamu berhenti merokok. Saat berniat dan yakin untuk berhenti merokok, ada baiknya kamu juga berdiskusi dengan dokter di Halodoc. Kamu bisa bertanya pada dokter mengenai kondisi kesehatanmu melalui Chat atau Voice Call/Video Call. Ayo, download aplikasinya sekarang di Google Play atau App Store!

Baca juga: