• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tahap Perkembangan Anak Usia 7-8 Tahun

Tahap Perkembangan Anak Usia 7-8 Tahun

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Tahap Perkembangan Anak Usia 7-8 Tahun

“Salah satu peningkatan fungsi kognitif yang dimiliki anak usia 7-8 tahun adalah mereka dapat berbicara lebih baik dengan kosakata yang lebih banyak. Selain itu, kemampuan fisik anak berusia 7-8 juga semakin baik. Hal ini membuat mereka dapat melakukan berbagai gerakan rumit, termasuk saat menari atau berolahraga. Maka, penting bagi orang tua untuk terus mendorong aktivitas fisik Si kecil.”

Halodoc, Jakarta – Pada rentang usia 7-8 tahun, pertumbuhan anak dan meningkatnya kemampuan dalam berbagai aspek sudah sangat berkembang pesat. Mulai dari meningkatnya tinggi badan, berat badan, kemampuan fisik, hingga kemampuan sosialnya. Selain itu, Si Kecil pun sudah menginjak sekolah dasar dan semakin matang emosinya, bila dibandingkan saat dirinya masih balita. 

Nah, agar dapat mengerti akan transformasi yang tengah dialami anak di usia ini, yuk cari tahu info pertumbuhan dan perkembangan anak sesuai rentang usia 7-8 tahun di sini!

Baca juga: Kenali Jenis Tantrum yang Sering Dilakukan Anak

Anak Usia 7 Tahun

Berikut ini adalah beberapa perubahan yang dapat terlihat pada anak usia tujuh tahun, antara lain:

  1. Tinggi dan Berat Badan 

Dilansir dari  Centers for Disease Control and Prevention (CDC), pada usia ini tinggi badan anak yang normal berada pada kisaran 122 sentimeter. Sementara itu, berat badan yang ideal adalah sekitar 23 kilogram, baik untuk anak perempuan, maupun anak laki-laki.

  1. Kemampuan Fisik

Salah satu perkembangan kemampuan fisik anak usia 7 tahun adalah keterampilan motorik yang semakin baik. Pada usia ini, anak-anak juga akan mengembangkan koordinasi dan keseimbangan yang lebih baik. Misalnya seperti menari, mengendarai sepeda roda dua, hingga peningkatan keterampilan dalam melakukan pekerjaan rumah sederhana, seperti merapikan tempat tidur. Semakin aktif fisik mereka, maka semakin cepat kemampuan motorik tersebut berkembang.

  1. Kemampuan Kognitif

Beberapa perkembangan kemampuan kognitif dapat terlihat dari anak usia 7 tahun, antara lain:

  • Mereka dapat berbicara lebih baik dengan kosakata yang lebih banyak.  
  • Dapat mengikuti serangkaian perintah yang lebih panjang dan rumit, bila dibandingkan saat mereka berusia 6 tahun.
  • Mulai mengerti bahwa ‘kata’ tertentu dapat memiliki banyak arti, sehingga membantu mereka untuk memahami lelucon dan permainan kata-kata.
  • Mengerti konsep penggunaan angka pada matematika.
  • Dapat menunjukkan waktu bila ditanyakan.
  • Dapat menyebutkan tiga angka berurutan secara mundur.

Baca juga: Cara Menambah Tinggi Badan Anak di Masa Pertumbuhan

  1. Kemampuan Sosial

Banyak anak usia 7 tahun masih suka bermain dengan teman-teman sebayanya. Tetapi, Si Kecil juga mungkin mulai menikmati menghabiskan lebih banyak waktu sendirian, contohnya seperti membaca buku. Selain itu, mereka akan mulai lebih peduli dengan pendapat dan pemikiran orang lain. 

Mereka juga akan terus mengembangkan rasa empati dan rasa modal menjadi lebih kuat. Sebagian besar anak berusia 7 tahun juga lebih mampu menempatkan diri mereka pada posisi orang lain dalam mengatasi konflik. Meski begitu, perasaan terluka akibat pertengkaran masih dapat terjadi pada usia ini.

Anak Usia 8 Tahun

Berikut ini adalah beberapa tumbuh kembang yang dialami anak usia 8 tahun, antara lain:

  1. Tinggi dan Berat Badan

Saat menginjak usia 8 tahun, anak laki-laki umumnya memiliki tinggi badan sekitar 127 sentimeter dan berat badan sekitar 25,4 kilogram. Sedangkan untuk anak perempuan, tinggi rata-ratanya sama dengan anak laki-laki, tapi berat normalnya sekitar 26,3 kilogram.

  1. Kemampuan Fisik

Bagi anak usia 8 tahun, perkembangan fisik akan lebih menonjol pada penyempurnaan keterampilan motorik, koordinasi, dan kontrol otot. Mereka mulai terlihat layaknya anak-anak ‘besar’ yang akan mengalami pubertas beberapa tahun lagi. Maka, penting bagi orang tua untuk terus mendorong aktivitas fisik Si kecil. Pasalnya, peningkatan keterampilan motorik membuat anak sudah dapat melakukan banyak gerakan yang dapat membantu mereka. Misalnya saat seperti berolahraga atau bermain musik.

  1. Kemampuan Kognitif

Sebagian besar anak usia 8 tahun terus mengembangkan kosakata mereka dengan cepat dan dapat mempelajari hingga 3.000 kata baru. Selain itu, mereka mulai paham tentang uang, baik secara konseptual maupun harfiah, seperti kegunaan uang sebagai alat pembayaran. 

Namun, kemampuannya dalam berpikir dapat dipengaruhi oleh emosinya di usia ini. Sebab, mereka mungkin dapat mengalami kesulitan untuk fokus, ketika mereka sedang khawatir atau cemas akan sesuatu. Di samping itu, anak berusia 8 tahun juga memiliki pemahaman yang lebih baik terkait waktu. Misalnya mengetahui tanggal dan kombinasi antara hari, minggu, dan bulan secara berurutan.

  1. Kemampuan Sosial

Usia 8 tahun merupakan fase perkembangan di mana banyak anak senang untuk menjadi bagian dari kelompok sosial. Secara umum, anak-anak berusia 8 tahun sangat menikmati sekolah dan mulai menghargai hubungan pertemanan mereka dengan beberapa teman dekat. Orangtua juga mungkin mulai melihat rasa percaya diri yang baru ditemukan pada anak berusia 8 tahun. Terutama ketika mereka mengungkapkan pendapat tentang hal-hal di sekitar mereka.

Perlu diketahui juga bahwa usia 8 tahun adalah momen di mana anak-anak mungkin sudah mulai menunjukkan kemandiriannya. Salah satu contohnya adalah keinginan untuk menginap di rumah teman. Meski begitu, sebagian dari mereka umumnya akan minta dijemput kembali untuk pulang. Sebab, banyak anak masih terikat dengan orang tuanya dan rumah mereka pada usia 8 tahun. Hal tersebut membuat mereka belum benar-benar siap secara emosional untuk pergi dari rumah meskipun mereka mungkin sudah sangat menginginkannya.

Baca juga: Ciri BAB Normal Pada Anak untuk Ketahui Kondisi Kesehatannya

Nah, itulah penjelasan terkait perkembangan anak usia 7-8 tahun berdasarkan beberapa faktor. Misalnya seperti tinggi dan berat badan, kemampuan kognitif, kemampuan fisik, hingga kemampuan sosialnya. Segeralah tanyakan pada dokter spesialis anak agar dapat mengetahui secara pasti apakah perkembangan anak sudah normal atau belum.

Melalui aplikasi Halodoc, ibu dapat menghubungi dokter spesialis anak untuk membahas hal terkait tumbuh kembang Si kecil. Lewat fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

CDC.gov. Diakses pada 2021. Data Table of Weight-for-age Charts
Verywell Family. Diakses pada 2021. 7-Year-Old Child Development Milestones
Verywell Family, Diakses pada 2021. 8-Year-Old Child Developmental Milestones
WebMD. Diakses pada 2021. Your Child at 7: Milestones
Livestrong. Diakses pada 2021. What’s the Average Height and Weight by Age?