Tak Hanya Tradisi, Silaturahmi Saat Lebaran Ada Manfaatnya

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Tak Hanya Tradisi, Silaturahmi Saat Lebaran Ada Manfaatnya

Halodoc, Jakarta - Tak terasa lebaran 2019 akan lagi tiba. Bagi para muslim, lebaran atau Idulfitri adalah sebuah hari kemenangan setelah sebulan penuh melakukan ibadah puasa menahan diri dari segala godaan baik itu secara lahiriah maupun batin.

Tidak hanya itu, pada momen lebaran, maka akan saling bersilaturahmi kepada keluarga, orangtua, dan juga sahabat.

Sebagai bagian dari lebaran sehat, silaturahmi adalah bentuk interaksi antar sesama manusia dengan saling berbagi kebahagiaan. Caranya bisa dengan menyebarkan senyum sapa maupun harta untuk saling mempererat hubungan persaudaraan atau persahabatan. Selama lebaran ini biasanya kita akan bertamu ke rumah saudara dan lainnya. Namun, tahukah kamu bahwa ternyata silaturahmi juga memiliki manfaat. Nah, berikut manfaatnya!

Baca Juga: 5 Tips Cantik Saat Lebaran

Waktu yang Tepat untuk Minta Maaf

Tanpa disadari, setiap orang tidak pernah luput dari kesalahan. Nah, saat Idulfitri ini merupakan momen yang tepat untuk meminta maaf dan memberikan maaf kepada anggota keluarga, tetangga, saudara, dan kerabat lainnya.

Dengan meminta dan memberikan maaf kita akan bersih dari segala macam kesalahan dan kekhilafan yang pernah dilakukan sebelumnya. Dengan begini segala penyakit hati hilang dan menjadi tidak banyak beban pikiran. Momen saling memaafkan ini tentunya membuat lebih bahagia.

Ajang Berkumpul dan Mempererat Persaudaraan

Pertemuan keluarga saat Idulfitri membuat anggota keluarga untuk berkumpul kembali. Saat lebaran biasanya orang akan melakukan mudik ke kampung halaman. Pada momen ini akhirnya anggota keluarga bisa bertemu dan membantu menyatukan kembali hubungan yang mungkin sudah renggang di antara anggota keluarga akibat jarang bertemu.

Apalagi jika salah satu anggota keluarga ada yang sedang hamil, merencanakan pernikahan atau akan menempuh ujian, maka kita bisa saling mendoakan. Pastinya hal ini membuat mereka merasa mendapat dukungan dan semakin termotivasi.

Berpeluang untuk Mengenal Orang atau Anggota Keluarga Baru

Anak-anak mendapat kesempatan untuk mengenal anggota keluarga besar mereka yang telah lama tinggal jauh dari keluarga. Kakek-nenek, bibi, paman, keponakan, dan semua anggota keluarga akan berkenalan dengan kehadiran orang baru di keluarga seperti setelah kelahiran atau pernikahan.

Selain itu, berkunjung ke rumah saudara, yang jauh maupun dekat, membuat hubungan keluarga semakin erat. Bertamu ke rumah tetangga, makan-makan, hingga mengobrol bersama juga dapat memberikan peluang untuk berteman dengan orang baru.

Baca Juga: Masak Makanan Sehat Saat Lebaran, Bisa!

Membangun Kepedulian Terhadap Sesama

Bulan Ramadan mengajarkan untuk peduli terhadap sesama, begitu pula momen silaturahmi selama lebaran. Lewat halalbihalal, rasa syukur dan keinginan untuk berbagi kebahagiaan terhadap sesama pun akan semakin tinggi. Silaturahmi di Hari Raya Idulfitri menjadi momen untuk berbagi zakat kepada sanak saudara atau tetangga yang membutuhkan.

Mengurangi Stres

Setiap manusia pastinya tidak lepas dari stres. Stres akibat pekerjaan di kantor, stres tugas kuliah yang menumpuk, stres cicilan ini dan itu dan stres-stres lainnya. Salah satu langkah menurunkan stres dari semua masalah itu ternyata tidak sulit, hanya dengan melakukan silaturahmi. Berbagi cerita, menangis dan tertawa bersama bisa mengurangi beban hidup. Ini karena pada dasarnya setiap manusia adalah makhluk sosial, manusia tidak dapat menjalani hidup dengan menanggung berbagai perasaan seorang diri. Kita perlu dukungan sosial, dan salah satu cara mendapatkan dukungan sosial dengan silaturahmi selama lebaran 2019 ini.

Baca Juga: 5 Tips Lebaran Sehat

Itulah beberapa manfaat silaturahmi saat Idulfitri yang wajib kamu tahu demi menjalankan mewujudkan lebaran sehat. Kalau kamu punya keluhan kesehatan saat lebaran, gunakan aplikasi Halodoc saja untuk berbicara dengan dokter. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play. Setelah itu, kamu bisa masuk ke fitur Talk to A Doctor untuk bicara pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk gunakan aplikasi Halodoc sekarang juga.