12 June 2018

7 Rutinitas Lebaran yang Biasa Dilakukan Orang Indonesia

7 Rutinitas Lebaran yang Biasa Dilakukan Orang Indonesia

Halodoc, Jakarta – Beda daerah beda juga budayanya. Kalau negara-negara tetangga lainnya punya kebiasaan tertentu saat merayakan Lebaran, sama halnya dengan kita orang Indonesia. Justru rutinitas Lebaran yang biasa kamu alami dan lakukan bersama keluarga menjadi sesuatu yang dirindukan. Berikut adalah rutinitas Lebaran di Indonesia yang dilakukan orang Indonesia, kamu paling senang yang mana?

  1. Mudik

Mudik menjadi rutinitas Lebaran di Indonesia yang sangat khas. Ritual ini paling terasa bila kamu tinggal di Jakarta dan punya kewajiban untuk pulang kampung. Menambah kehebohan dari rutinitas ini adalah pencarian tiket pulang yang harus dilakukan 1-2 bulan sebelum hari H.

  1. Sungkeman dengan Orangtua

Rutinitas Lebaran di Indonesia yang tak kalah penting lainnya adalah sungkeman dengan orangtua alias meminta maaf. Biasanya seusai melakukan salat Idul Fitri, akan ada acara kumpul keluarga yang diawali dengan meminta maaf kepada orangtua.

  1. Makanan Khas

Nah, yang tidak kalah penting dan paling ditunggu adalah makanan khas yang selalu menghiasi selama rutinitas Lebaran. Mulai dari rendang, ketupat, dan sayur lodeh. Biasanya tanpa makanan khas tadi, seperti ada yang kurang dari perayaan Lebaran. (Baca juga: Berat Badan Naik Saat Puasa, Apa yang Salah?)

  1. Tunjangan Hari Raya (THR)

Buat orang Indonesia, terutama yang memiliki pekerjaan tetap atau terikat sebagai karyawan di sebuah perusahaan, Tunjangan Hari Raya (THR) menjadi rutinitas yang paling dinantikan. Soalnya dari THR inilah para pemudik atau orang yang merayakan Lebaran menggunakan kebutuhannya untuk pulang kampung atau pun merayakan Lebaran. Buat anak-anak kecil, Lebaran juga menjadi tradisi mendapatkan uang dari sanak saudara.

  1. Pakaian Baru

Sebenarnya tidak menjadi kewajiban buat orang dewasa, tapi bagi anak-anak ini jadi semacam rutinitas Lebaran yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Hakikat mengenakan baju baru menjadi semacam hal yang membanggakan buat anak untuk dipamerkan kepada teman-temannya. Walaupun makna baju baru pada Lebaran tidak sedangkal memamerkan, tetapi lebih kepada perlambang bahwasanya hari yang baru telah tiba dan saatnya melupakan yang lama dan menjadi pribadi yang lebih baik.

  1. Saling Bertukar Makanan dengan Tetangga

Rutinitas Lebaran di Indonesia yang menarik lainnya dan pasti sering kamu lakukan adalah saling bertukar makanan dengan tetangga. Walaupun menu yang diberikan itu lagi-itu lagi, tetap saja ada nuansa berbeda yang erat dengan saling berbagi kebahagiaan dalam perayaan Lebaran. (Baca juga: 4 Cara Usir Mabuk Perjalanan Saat Mudik)

  1. Tradisi Kue Kering

Kebiasaan mengunjungi saudara, rekan kerja, atau pun kenalan telah menjadi rutinitas Lebaran di Indonesia yang tidak boleh diluputkan. Nah, untuk menyambut tamu-tamu tersebut tidak elok tanpa dihidangkan penganan semacam kue kering. Karenanya, tradisi kue kering menjadi sesuatu yang tidak bisa lepas dalam persiapan menyambut Lebaran. Buat orang-orang yang senang dengan sentuhan personal, membuat kue kering sendiri menjadi pilihan. Namun bagi mereka yang tidak punya waktu lebih, mereka lebih memilih untuk membeli aneka macam kue kering sebagai sambutan untuk para tamu. (Baca juga: 6 Perawatan Wajah sebelum Lebaran)

Ada banyak tradisi unik menarik lainnya sebagai penyambutan Lebaran. Pastinya, setiap daerah punya kebiasaan dan ritual yang spesifik lagi. Alangkah lebih baik jika kamu menikmati Lebaran dengan tetap menjaga kesehatan pola makan, salah satunya membatasi konsumsi makanan manis dan berlemak.

Punya pertanyaan seputar tetap sehat saat Lebaran, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Kalau kamu butuh saran mengenai kondisi penyakit tertentu, cara mengatasinya, atau rekomendasi obat bisa didiskusikan di sini. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.