• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tetap Batuk dan Pilek Setelah Vaksin Flu, Ini Alasannya

Tetap Batuk dan Pilek Setelah Vaksin Flu, Ini Alasannya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Virus flu adalah salah satu jenis virus yang dapat berkembang dan bermutasi dengan cepat. Sangat mungkin jika vaksin flu yang kamu dapatkan tahun lalu tidak akan lagi melindungi kamu dari ancaman virus di tahun ini. Vaksin flu baru umumnya dirilis setiap tahun untuk mengikuti virus flu yang beradaptasi dengan cepat. Oleh karena itu, semua orang yang sudah berusia di atas enam bulan perlu mendapatkan dosis vaksin flu setiap tahun. 

Namun,  beberapa orang mungkin akan tetap merasakan gejala flu seperti batuk dan pilek usai mendapatkan vaksin flu. Hal ini pun bisa terjadi karena beberapa alasan. Simak ulasannya berikut!

Baca juga: Ini 5 Benda yang Efektif Sebarkan Virus Flu


Alasan Seseorang Tetap Flu Usai Mendapatkan Vaksin 

Pada dasarnya, vaksin flu tidak akan menyebabkan gejala flu. Namun, seseorang mungkin mengalami gejala mirip flu meskipun sudah mendapatkan vaksin flu akibat beberapa alasan berikut: 

  • Reaksi terhadap Vaksin. Beberapa orang mengalami nyeri otot dan demam selama satu atau dua hari setelah menerima vaksin flu. Ini mungkin efek samping yang umum terjadi akibat tubuh tengah memproduksi antibodi.
  • Rentang Waktu Dua Minggu. Diperlukan waktu sekitar dua minggu agar suntikan flu memberikan efek penuh. Jika kamu terpapar virus influenza sesaat sebelum atau selama jangka waktu tersebut, maka kamu bisa mengalami gejala flu. 
  • Vaksin Tidak Bekerja Optimal. Dalam beberapa tahun, virus influenza yang digunakan untuk vaksin tidak cocok dengan virus yang beredar selama musim flu. Jika ini terjadi, suntikan flu akan menjadi kurang efektif, tetapi mungkin masih memberikan perlindungan, meski tidak terlalu optimal.
  • Penyakit Lainnya. Banyak penyakit lain, seperti pilek juga menghasilkan gejala mirip flu. Jadi mungkin kamu mengira sedang terserang flu padahal sebenarnya tidak.

Baca juga: Awas, Flu Biasa Juga Bisa Memicu Pneumonia


Cegah Flu dengan Cara Sederhana Ini

Vaksin flu adalah perlindungan terbaik untuk melawan flu, tetapi ada langkah tambahan yang dapat kamu lakukan untuk membantu melindungi diri dari flu dan virus lainnya. Nah, beberapa langkah-langkah tersebut antara lain: 

  • Cuci tangan sesering mungkin dengan sabun dan air.
  • Gunakan hand sanitizer berbasis alkohol untuk mencuci tangan jika sabun dan air tidak tersedia.
  • Hindari menyentuh mata, hidung, atau mulut jika memungkinkan.
  • Hindari keramaian saat memasuki musim flu.
  • Praktikkan kebiasaan kesehatan yang baik, seperti istirahat cukup, olahraga teratur, banyak minum cairan, makan makanan bergizi dan kelola stres dengan baik. 
  • Kamu juga dapat membantu mencegah penyebaran flu dengan tetap di rumah saat terserang flu. 

Baca juga: Sakit Flu Tak Kunjung Sembuh, Perlukah ke Dokter Spesialis?


Berencana untuk mendapatkan vaksin untuk kamu dan anggota keluarga lainnya? Kini kamu bisa mendapatkan vaksin flu dari Sanofi dengan lebih mudah pakai aplikasi Halodoc. Caranya juga sangat mudah, kamu hanya hanya perlu memilih fitur Buat Janji Rumah Sakit dan kemudian pilih layanan Vaksin Dewasa atau Vaksin Anak. Setelah itu, kamu bisa memilih sendiri jadwal dan lokasi rumah sakitnya. Untuk mendapatkan vaksin flu dari Sanofi, kamu akan diarahkan ke Rumah Sakit Mitra Keluarga. Usai memilih lokasi dan waktu untuk melakukan vaksinasi, maka kamu akan diminta memasukkan beberapa detail informasi pribadi dan kemudian memilih metode pembayaran.  Dalam beberapa saat, rumah sakit pun akan segera mengonfirmasi jadwal vaksinasi untuk kamu.

Untuk mendapatkan vaksin flu dari Sanofi, kamu juga tak perlu khawatir akan menghabiskan banyak biaya. Ini karena Sanofi punya potongan harga sebesar 50 ribu rupiah tanpa minimal transaksi yang bisa kamu dapatkan hanya dengan memasukkan kode voucher VAKSINFLU. Tunggu apa lagi, ambil smartphone-mu dan segera jadwalkan vaksinasi flu untuk kamu dan keluarga melalui aplikasi Halodoc, sekarang! 

Referensi:
Centers for Diseases Control and Prevention. Diakses pada 2020. Influenza (Flu). 
Centers for Diseases Control and Prevention. Diakses pada 2020. Prevent Seasonal Flu
Healthline. Diakses pada 2020. The Annual Flu Shot: Is It Necessary?
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Flu Shot: Your Best Bet for Avoiding Influenza.